Jenis Lowongan Kerja Tanpa Ijasah Yang Selalu Buka Lowongan

Ayo Kerja - Jenis-jenis Pekerjaan Tanpa Ijasah Sarjana - Pekerjaan adalah mata pencaharian yang digunakan sebagai mata pencaharian utama. Pekerjaan dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dalam bentuk uang atau bentuk barang lainnya. Ada berbagai jenis pekerjaan.

Tetapi secara umum, pekerjaan dibagi menjadi dua jenis. pekerjaan pertama yang menghasilkan layanan dan pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang adalah segalanya dalam bentuk benda, misalnya meja, beras, lemari, sepeda motor, mobil, rumah dan sayuran. Jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang, yaitu petani, peternak, nelayan, pengrajin, dan pengusaha.

Ini adalah daftar pekerjaan tanpa ijasah tinggi namun perlu ijasah :


a. Petani
Petani adalah orang yang bekerja di pertanian. Pekerjaan petani menghasilkan berbagai jenis makanan nabati seperti beras, sayuran, dan lain-lain. Petani di Indonesia kebanyakan berada di pedesaan. Mereka mengolah pertanian mereka dengan cara yang sederhana.


Alat-alat yang digunakan adalah cangkul, bajak, dan parang atau arit. Cara menanam, memelihara, dan memanen tanaman masih cara yang diperoleh dari pendahulunya. Adapun petani yang sudah mahir tahu cara bertani yang bisa menghasilkan banyak produk pertanian. Petani mengenalnya dengan memilih bisnis petani, yaitu:

1. Perawatan tanah yang baik;

2. Pemilihan bibit unggul;

3. Irigasi atau irigasi;

4. Pemupukan biasa;

5. Pemberantasan hama

Pertanian padi menghasilkan padi. Beras juga bisa ditanam di tegalan atau juga disebut padi gogo. Ladang menghasilkan sayuran dan berbagai jenis palawijaya, seperti ubi dan singkong. Orang Indonesia yang mata pencahariannya sebagai petani dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

1. Petani adalah petani yang mengolah tanah mereka sendiri.

2. Budidaya petani adalah petani yang mengolah tanah yang dimiliki oleh majikan mereka. Pembagian hasil diatur sesuai dengan kesepakatan.

3. Pekerja pertanian adalah orang-orang yang diberi upah untuk mengolah lahan pertanian. Kelompok ini kurang menguntungkan karena pendapatannya sangat rendah. Mereka memiliki keterampilan sebagai petani, tetapi tidak memiliki lahan.

b. Peternak
Peternak adalah orang yang memelihara ternak untuk daging, susu atau telur mereka. Bisnis peternakan di Indonesia dapat digolongkan menjadi dua, yaitu peternakan besar dan peternakan unggas.

1. Peternakan besar.
Peternakan besar adalah peternakan yang memelihara hewan besar. Misalnya ternak, kuda, kerbau dan domba. Dari peternakan ini bisa menghasilkan daging, susu, kulit dan sebagainya. Selain itu, energi hewan seperti kerbau, sapi, dan kuda juga bisa dimanfaatkan. Kerbau, sapi, dan kuda biasanya digunakan untuk menarik bajak, gerobak atau gerobak

2. Peternakan unggas
Peternakan unggas adalah peternakan untuk spesies unggas. Misalnya ayam bebek, burung puyuh, dan burung merpati. Hewan-hewan ini disimpan terutama untuk telur mereka. Untuk ternak ayam ada dua jenis, yaitu ayam dan ayam jenis petelur atau ayam kampung.

c. Nelayan
Nelayan adalah orang yang pekerjaannya mencari dan menangkap ikan, udang, cumi-cumi dan lainnya. Nelayan mencari mata pencaharian mereka di laut, jadi tempat tinggal nelayan berada di daerah pesisir. Ikan yang ditangkap dijual di tempat pelelangan ikan. Tidak semua ikan yang dijual di pasar berasal dari laut. Ada juga yang ditangkap dari danau, kolam dan sebagainya.

Bisnis perikanan mencakup tiga jenis, yaitu:

1. Perikanan darat, termasuk memproduksi ikan mas, nila, lele, dan gurame

2. Perikanan laut, termasuk memproduksi tuna, salmon, ikan teri, dan tuna

3. Perikanan di air payau, termasuk memproduksi bandeng dan udang.

d. Tukang
Pengrajin adalah orang-orang yang pekerjaannya membuat barang-barang kerajinan tangan. Barang-barang kerajinan ini bisa dalam bentuk sulaman, kerajinan keramik, gerabah, ukiran, batik, hiasan dinding, dan anyaman. Kerajinannya dijual ke berbagai daerah, bahkan ada yang diekspor ke luar negeri.

Daerah di Indonesia terkenal dengan barang-barang kerajinan tangan, yaitu:

1. Jepara, Jawa Tengah terkenal dengan kerajinan ukiran kayu

2. Bali terkenal dengan patung batu dan kayu.

3. Kota gede, Yogyakarta terkenal dengan kerajinan perak

4. Tasikmalaya terkenal dengan kerajinan anyaman bambu

5. Cibaduyut terkenal akan kerajinan kulit dalam bentuk sepatu.

e. Pengusaha
Pengusaha adalah orang yang bertanggung jawab atas bisnis. Kehadiran pengusaha sangat diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat. Pengusaha mendirikan perusahaan yang dapat membuka pekerjaan untuk orang lain. Ada dua kelompok pengusaha, yaitu pengusaha besar atau disebut pengusaha modal besar dan pengusaha kecil atau disebut sebagai pengusaha modal kecil.

Ada berbagai macam bisnis yang dilakukan oleh pengusaha, beberapa di antaranya mencoba di bidang pertanian, seperti kehutanan dan perkebunan. Ada juga yang bekerja di industri. Jenis pekerjaan di sektor kehutanan membutuhkan izin usaha dari pemerintah karena melibatkan penggunaan kayu di hutan. Kayu tua ditebang. Kemudian diganti dengan penanaman kembali. Pembalakan liar dapat merusak hutan

Jenis pekerjaan di sektor perkebunan sebagian besar dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan swasta. Perkebunan kecil dapat dilakukan oleh individu, seperti kopi, tebu, coklat dan perkebunan kelapa. Perkebunan yang dilakukan oleh pemerintah atau sektor swasta, misalnya perkebunan karet, kina dan teh.

Bisnis di sektor industri, misalnya industri pakaian. Bahan baku untuk pakaian adalah katun yang kemudian dipintal menjadi benang, kemudian dijahit menjadi pakaian.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait