Ciri Gejala Sosial Indonesia dan Negara Lain

Ayo Belajar - Gejala Sosial - Karakteristik Gejala Sosial di Indonesia dan Negara Tetangga. Kami harap semuanya dalam keadaan baik baik karena kita di sini kita akan tahu Karakteristik Gejala Sosial di Indonesia dan Negara Tetangga. Penampilan sosial tetangga Indonesia dipengaruhi oleh penampilan alami masing-masing negara.

Hal ini menyebabkan penampilan sosial komunitas bervariasi. Keragaman ini dapat dilihat dari kelompok etnis, tradisi, dan budaya masing-masing negara. Komunitas terbentuk melalui hubungan sosial antara kelompok etnis dengan latar belakang budaya, etnis dan agama yang berbeda. Namun, perbedaan-perbedaan ini membentuk dasar untuk menciptakan hubungan yang harmonis di kawasan Asia Tenggara.

1. Situasi Sosial Indonesia dan Negara Tetangga
Situasi sosial adalah kondisi atau kondisi yang menggambarkan hal-hal yang berkaitan dengan tindakan manusia. Pegunungan, dataran rendah, rawa dan sebagainya, termasuk kondisi alam. Sementara kemiskinan kejahatan dan sebagainya termasuk dalam kondisi sosial atau masalah sosial. Beberapa kesamaan dalam kondisi sosial negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Adalah sebagai berikut :

a. Rata-rata termasuk di negara-negara berkembang
b. Mayoritas penduduk bekerja di bidang pertanian
c. Sebagian besar penduduk termasuk keluarga Melayu
d. Secara umum, negara-negara lain telah dijajah

Beberapa masalah sosial negara di kawasan Asia Tenggara adalah sebagai berikut

a. Kemiskinan



Kemiskinan adalah situasi di mana seseorang tidak mampu atau tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar atau kebutuhan hidup, secara umum. Seseorang dikatakan miskin, jika orang tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan akan makanan, pakaian, perumahan, kesehatan dan pendidikan. Masalah yang timbul karena kemiskinan dapat menyebabkan masalah masalah sosial, seperti tindak kekerasan, penjarahan. pencurian, dan perampokan

b. Kejahatan atau Kejahatan
Kejahatan adalah bentuk perilaku oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat merugikan orang lain. Kejahatan adalah pelanggaran peraturan hukum yang berlaku di masyarakat. Kejahatan dapat terjadi karena disebabkan oleh situasi atau proses yang menghasilkan penyimpangan perilaku atau perilaku yang bertentangan dengan norma hukum. Masalah kejahatan dapat diatasi dengan tindakan preventif dan represif.

c. Ketidakpedulian
Pendidikan rendah menghasilkan ketidaktahuan. Ketidaktahuan dapat menyebabkan masalah seperti ketertinggalan di bidang sains dan teknologi yang kemudian mengakibatkan tertinggal dalam bidang ekonomi. Manusia yang tidak memenuhi syarat atau bodoh akan menjadi beban negara. Hasil lain yang mungkin adalah pertumbuhan ekonomi negara yang rendah.

d. Populasi
Masalah kependudukan yang biasa dihadapi oleh Indonesia dan negara-negara tetangga adalah populasi yang besar, pertumbuhan populasi yang tinggi, kepadatan penduduk yang tinggi, distribusi penduduk, serta masalah-masalah yang terkait dengan kualitas populasi, seperti tingkat pendidikan, tingkat kesehatan dan tingkat pendapatan penduduk yang masih rendah. . Masalah masalah kependudukan harus diatasi. Misalnya, dengan menerapkan program keluarga berencana (KB) untuk menekan pertumbuhan penduduk yang tinggi, sementara masalah distribusi penduduk dan kepadatan dapat diatasi dengan program transmigrasi.

e. Lingkungan hidup.
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita atau semua hal yang ada di sekitar makhluk hidup yang mempengaruhi kehidupan. Masalah masalah yang berkaitan dengan lingkungan adalah adanya kerusakan lingkungan sebagai akibat dari aktivitas manusia. Misalnya, kerusakan lahan, perusakan hutan, dan berbagai bentuk pencemar lingkungan

2. Menyadari masalah sosial di Indonesia dan negara-negara tetangga
Masalah masalah yang terjadi di negara kita dan negara tetangga harus kita sadari dan bersama-sama harus dicari solusinya. Beberapa contoh kewaspadaan dan partisipasi masyarakat dan pemerintah dalam upaya mengatasi masalah masalah sosial dapat digambarkan sebagai berikut

a. Melaksanakan pengembangan pemerataan ke pelosok terpencil desa
b. Tingkatkan rasa kepedulian sosial bagi orang lain, terutama di komunitas yang membutuhkan
c. Menciptakan pekerjaan baru dengan membuka proyek proyek dalam pekerjaan
d. Bangun rumah murah untuk rakyat
e. Tingkatkan keamanan dan keharmonisan di masyarakat
f. Meningkatkan kerukunan dan mengembangkan toleransi di masyarakat.
g. Meningkatkan pendapatan nasional dengan memanfaatkan sumber daya alam secara besar-besaran di berbagai sektor

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait