6 Gejala Penyakit Kista Ovarium yang Akan Menjadi Masalah Besar

6 Gejala Penyakit Kista Ovarium - Kista ovarium seperti jerawat pada sistem reproduksi. Kantung-kantung yang berisi cairan atau jaringan ini cukup umum, tetapi biasanya tidak menjamin freakout penuh.

"Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang datang dan pergi dengan siklus Anda dan tidak memerlukan manajemen lebih lanjut," kata Dr Taraneh Shirazian, seorang ginekolog di NYU Langone Health, yang mengkhususkan diri dalam bedah gynaecologic invasif minimal.

“Tetapi sekitar 20% wanita mengalami kista yang tidak hilang dengan sendirinya, dan mungkin memerlukan pembedahan” karena mereka memiliki kemungkinan menjadi kanker atau gejalanya hanya mengisap yang buruk.

Lagi pula, banyak gejala kista ovarium yang tumpang tindih dengan masalah ginekologi lainnya seperti fibroid rahim dan bahkan PMS (berpikir: kembung dan nyeri panggul).



"Siklus Anda datang dan pergi, sehingga rasa sakit harus hilang, kan?" Kata Dr Shirazian. "Jika tidak, masuk dan lakukan USG minimal."

Jika Anda melihat enam gejala kista ovarium ini, Anda harus konsultasi ke dokter secepat mungkin.

1. Anda mengalami nyeri panggul yang tidak akan berhenti
Gejala kista ovarium yang paling umum adalah rasa sakit di bagian bawah kanan atau kiri panggul bawah, tepat di mana ovarium berada, kata Dr Shirazian. Jika Anda memiliki pertumbuhan yang lebih besar di suatu tempat yang tidak seharusnya ada, Anda akan merasakannya.

"Anda mungkin merasakannya ketika Anda berolahraga, Anda mungkin merasakannya ketika Anda aktif secara seksual, tetapi itu akan menjadi rasa sakit di tempat tertentu yang konstan dan tetap bahkan setelah siklus menstruasi Anda hilang."

Jika rasa sakit menjadi parah, Anda mungkin menderita torsi ovarium, kata Dr Shirazian. "Ini terjadi ketika kista menjadi lebih besar dan lebih bergerak dan berputar pada dirinya sendiri, memotong suplai darahnya, yang menyebabkan rasa sakit yang sangat buruk."

Ini adalah jenis rasa sakit yang harus mengirim Anda langsung ke ruang gawat darurat.

2. Anda perut kembung tidak terkendali
Pembengkakan jelas merupakan gejala yang tidak jelas, tetapi bisa berhubungan dengan kista ovarium tergantung pada ukurannya.

“Kebanyakan wanita mengalami kista di bawah 10 cm. Tetapi beberapa kista dapat tumbuh menjadi sangat besar, seperti ukuran semangka, ”kata Dr Eloise Chapman-Davis, ahli onkologi ginekologi di Weill Cornell Medicine dan New York-Presbyterian.

"Banyak wanita akan menulis itu sebagai kenaikan berat badan, tetapi sakit perut dan kembung bisa menjadi hasil dari massa yang tumbuh di perut."

Jika beratnya hanya di perut Anda, atau Anda tidak dapat mengetahui alasan apa pun yang Anda dapatkan di tempat pertama, itu adalah bendera merah.

3. Anda terus merasa kenyang atau 'diisi'
Seperti halnya fibroid uterus, kista indung telur dapat menyebabkan perasaan berat di perut. "Sebuah kista adalah massa, dan itu menempati ruang, yang dapat memberi Anda perasaan tertekan," kata Dr Shirazian.

Tentu, Anda bisa mendapatkan perasaan yang agak mirip dengan konstipasi, tetapi kecuali Anda memiliki kista di kedua indung telur, sensasi ini hanya akan menyerang satu sisi pelvis Anda. Jika kebiasaan kamar mandi Anda baik-baik saja, tetapi Anda sudah merasa seperti ini selama dua hingga tiga minggu, perlu diketahui apakah ada kista indung telur yang dapat disalahkan, kata Dr. Chapman-Davis.

4. Anda merasa seperti harus buang air setiap saat (tapi mungkin tidak bisa)
Gejala lain dari kista ovarium yang banyak disebutkan wanita, menurut Dr Chapman-Davis, adalah perasaan dorongan untuk kencing sepanjang waktu.

"Jika kista mendorong kandung kemih Anda, Anda mungkin merasa seperti Anda harus buang air kecil," katanya. “Atau beberapa wanita merasa bahwa mereka harus lebih sering, tetapi lebih sulit bagi mereka untuk pergi,” karena penyumbatan oleh kista.

Setiap masalah saluran kemih menjamin panggilan ke dokter.

5. Sakit saat berhubungan seks
Jika Anda melakukan seks penetrasi dan Anda merasa sakit di satu sisi versus yang lain, ada kemungkinan itu bisa terkait dengan kista ovarium. "Beberapa kista, ketika mereka menjadi besar, dapat jatuh di belakang rahim, dan dalam kasus itu duduk tepat di dekat leher rahim Anda," kata Dr Chapman-Davis. "Jadi kamu mungkin merasakan sakit dengan penetrasi yang dalam."

Endometrioma (kista indung telur yang berhubungan dengan endometriosis) juga dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks, karena letaknya lebih dekat ke leher rahim, tambahnya.

Tidak ada alasan untuk menderita melalui seks yang menyakitkan. Bicaralah dengan gynae Anda segera untuk membantu menentukan penyebabnya dan memiliki jenis kelamin yang layak Anda dapatkan.

6. Nyeri punggung atau kaki
"Anda tidak memiliki banyak ruang di panggul Anda, jadi ketika kista terlalu besar, tergantung di mana itu di panggul, itu dapat menyebabkan sakit punggung atau kaki," kata Dr Chapman-Davis, menjelaskan bahwa kista dapat kompres saraf yang berjalan di sepanjang bagian belakang pelvis Anda.

Jika dokter Anda sepertinya tidak bisa mengetahui apa yang menyebabkan linu panggul Anda, mungkin sudah waktunya untuk mengeksplorasi kista ovarium sebagai sumber potensial, katanya.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait