5 Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Ayo keliling Indonesia- Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia - Apakah Anda melihat lingkungan tempat tinggal dan lingkungan sekolah Anda apakah ada keragaman? Misalnya, dilihat dari etnis, agama, ras, budaya dan gender. Orang-orang yang tinggal di wilayah Anda merupakan bagian integral dari bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri dari 34 provinsi dengan ribuan pulau di dalamnya.

Wilayah negara mempengaruhi keragaman masyarakat Indonesia. Keanekaragaman adalah kondisi dalam masyarakat yang memiliki banyak perbedaan di berbagai bidang. Perbedaan-perbedaan ini dalam hal etnis, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, dan ekonomi. Keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah kekayaan dan keindahan wilayah Indonesia

Keanekaragaman dalam masyarakat Indonesia telah menjadi tekad tertinggi Tuhan. Keragaman adalah anugerah untuk disyukuri karena tidak mudah mengelola keragaman di Indonesia. Pemerintah dan semua warga negara Indonesia harus mendorong keragaman ini menjadi kekuatan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Menghormati keragaman adalah sikap yang patut dipuji karena Tuhan menciptakan berbagai makhluk juga.

Keanekaragaman dalam masyarakat merupakan tantangan karena meningkatnya rasa regionalisme dan etnisitas yang berlebihan dapat mengancam integritas bangsa dan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar kelompok etnis, pengikut agama dan kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip kebersamaan, kesetaraan, toleransi dan saling menghormati.



Keragaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari dalam maupun luar komunitas. Ini juga dipengaruhi oleh faktor alam, diri, dan masyarakat. Ini juga dipengaruhi oleh faktor alam, diri, dan masyarakat. Secara umum, keragaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh hal-hal berikut.

a. Lokasi strategis Indonesia
Coba amati geografi Indonesia di peta dunia. Lokasi strategis Indonesia, yang berada di antara dua Samudra Pasifik dan Samudera Indonesia, dan dua benua Asia dan Australia, telah mengakibatkan wilayah kita menjadi rute perdagangan internasional. Lalu lintas perdagangan tidak hanya membawa komoditas perdagangan, tetapi juga pengaruh budaya mereka pada budaya Indonesia. Kedatangan bangsa asing dari berbagai ras, kemudian menetap di Indonesia mengakibatkan penghancuran ras, agama dan bahasa.

b. Kondisi bangsa kepulauan
Negara Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang terpisah secara fisik. Situasi ini menghambat hubungan antara orang-orang dari berbagai pulau. setiap komunitas di pulau mengembangkan budaya mereka masing-masing, sesuai dengan tingkat kemajuan dan lingkungan masing-masing. Ini menghasilkan perbedaan dalam etnis, bahasa, budaya, dan peran pria dan wanita.

c. Perbedaan dalam kondisi alam
Kondisi alam yang berbeda seperti daerah pantai, gunung, daerah subur, padang rumput, gunung, dataran rendah, rawa, dan laut menyebabkan perbedaan dalam masyarakat. Juga kondisi kekayaan alam, tanaman yang bisa tumbuh, hewan yang hidup di sekitarnya. Masyarakat di daerah pesisir berbeda dari komunitas gunung, seperti perbedaan bentuk rumah, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, seni, dan bahkan kepercayaan.

d. Negara Transportasi dan Komunikasi
Kemajuan dalam sarana transportasi dan komunikasi juga mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Saran yang mudah ini mengarahkan orang untuk dengan mudah terhubung dengan komunitas lain, terlepas dari jarak dan kondisi alam yang sulit. Di sisi lain, keterbatasan fasilitas juga menjadi penyebab keragaman masyarakat Indonesia.

e. Penerimaan masyarakat akan perubahan.
Sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru, baik yang berasal dari dalam maupun luar komunitas, memiliki pengaruh terhadap perbedaan dalam masyarakat Indonesia. ada orang yang mudah menerima orang asing atau budaya lain, seperti masyarakat perkotaan. Tetapi ada juga beberapa orang yang tetap dalam budaya mereka sendiri.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait