Nyeri Colik pada Bayi, Apa yang Harus Diketahui Orangtua?

Kamu HaruTahu - Nyeri Colik pada Bayi, Apa yang Harus Diketahui Orangtua? - Bayi adalah seikat sukacita dan tanggung jawab besar juga. Sebagai seorang ibu, kadang-kadang bisa menjadi luar biasa untuk merawat bayi sepenuhnya. Anda bertanggung jawab atas perawatan, nutrisi, dan kehidupan bayi. Sulit untuk memahami kebutuhan bayi yang baru lahir karena mereka tidak dapat mengekspresikannya melalui ucapan. Penting bagi seorang ibu untuk belajar membaca bahasa tubuh dan tangisan bayi untuk mencoba dan menghilangkan ketidaknyamanan.

Nyeri pada bayi

Berikut adalah beberapa informasi yang akan membantu Anda memahami apa itu kolik dan memberi Anda kiat-kiat mengasuh anak untuk mengelola rasa sakit.
Apa itu Colic?
Kolik bukan masalah yang terdefinisi dengan baik tetapi merupakan indikasi dari beberapa ketidaknyamanan yang dialami bayi. Penelitian mengatakan bahwa penyebab kolik tidak tepat.

Bayi yang cukup makan, jika tidak sehat mungkin menangis tanpa batas dan tidak dapat disembuhkan. Menangis bisa berlangsung selama tiga jam atau lebih per hari, dan dapat terjadi tiga kali seminggu. Meskipun, sangat menyakitkan bagi orang tua untuk menyaksikan kesusahan bayi, fakta bahwa kolik bukanlah masalah yang bertahan lama adalah faktor penghibur. Baik bayi laki-laki dan perempuan, dan bayi yang diberi susu formula dan ASI rentan terhadap kolik.

Penyebab kolik
Sakit perut dan ketidaknyamanan yang dialami bayi bisa disebabkan oleh:

• gas dalam sistem pencernaan yang menyebabkan kembung;

• kejang otot di usus;

• perubahan hormonal yang cepat;

• hipersensitivitas terhadap cahaya atau suara (ini juga dapat menyebabkan bayi menangis sampai overstimulation berhenti); dan

• nyeri perkembangan yang disebabkan oleh sistem saraf yang berkembang pesat.

Beberapa dokter bahkan mengaitkan kolik dengan suasana hati bayi, yang kedengarannya tidak masuk akal, tetapi mungkin saja benar.



Bagaimana cara memberikan bantuan kepada bayi yang menderita kolik?
Menangis terus menerus dapat membuat bayi mudah tersinggung dan tidak mau makan, minum, atau tidur. Berikut ini beberapa solusi sederhana untuk menenangkan bayi yang menderita kolik.

• Memiliki ikatan yang kuat dengan bayi berguna dalam situasi seperti itu. Memegang bayi di lengan Anda dan berbicara dengan nada lembut dan nyanyian dapat menenangkan bayi - bahkan bayi yang stres terkadang cepat berhenti menangis ketika ditenangkan.

• Cobalah memberi makan bayi dalam posisi di mana kemungkinan menelan udara lebih sedikit. Jika Anda memberi susu bayi botol, Anda bisa mencoba puting dengan lubang yang lebih kecil. Ingatlah untuk membuat bayi bersendawa setelah setiap makan. Ini dapat mengurangi gejala kolik.

• Cobalah goyang bayi di kursi goyang — gerakan goyang dapat menenangkan bayi yang menangis. Beberapa bayi juga menyukai gerakan mobil, dan tenang atau tidur di mobil.

Memijat bayi dapat menenangkan otot dan menenangkan bayi. Sebagian besar bayi menyukai pijatan dan mungkin tertidur selama pijatan. Bersikaplah lembut sambil memijat dan periksa dengan dokter Anda tentang minyak yang dapat digunakan.

• Menggosok punggung atau perut juga bisa menenangkan bayi. Menggosok dengan gerakan keras dan melingkar dapat mengeluarkan gas apa pun dan membantu bayi tertidur.

• Anda dapat mencoba dan mengubah formula bayi atau kerapatannya jika bayi diberi susu botol. Jika Anda menyusui bayi Anda, Anda mungkin juga perlu membatasi makan makanan pedas atau makanan yang memicu gas.

• Tetes Bonnisan, bantuan pencernaan yang terkenal, dapat membantu mengobati kolik. Ini juga meredakan kejang otot yang berhubungan dengan kolik, mengeluarkan gas dari saluran pencernaan, dan memerangi infeksi akut dan kronis.

Mengelola bayi yang menderita kolik terkadang sulit. Jika mengelola bayi Anda pada saat itu tampaknya terlalu berat untuk Anda, jangan ragu untuk mencari bantuan dari anggota keluarga Anda. Pastikan Anda mengunjungi dokter jika bayi mengalami demam, ruam, muntah, atau tampak terlalu mengantuk sepanjang waktu. Mungkin ada kondisi mendasar yang membutuhkan perhatian medis.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait