Latar Belakang Kelahiran BPUPKI dan Peran Pemimpin dalam Merumuskan UUD 1945

Ayo BelajaSejarah - Peran Pemimpin dalam Merumuskan UUD 1945 - Tokoh-tokoh pendiri negara Indonesia adalah putra-putra terbaik bangsa yang memiliki kemampuan dan visi untuk masa depan demi kebaikan rakyat Indonesia. Anggota BPUPKI adalah tokoh nasional Indonesia dan mereka yang terpilih dan tepat untuk mewakili kelompok dan masyarakat pada saat itu.

Anggota BPUPKI telah mewakili seluruh bagian Indonesia, kelompok etnis, kelompok agama, dan pemikiran yang berkembang di masyarakat pada waktu itu. Ada dua pemahaman utama dari para pendiri negara di sesi BPUPKI. yaitu nasionalisme dan agama

Pendiri negara berdasarkan nasionalisme berpikir bahwa negara Indonesia yang akan dibentuk adalah negara nasionalis atau negara bangsa, sementara kelompok agama ingin didasarkan pada satu agama. Berbagai perbedaan antara anggota BPUPKI dapat diatasi dengan sikap dan perilaku para pendiri negara yang memprioritaskan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan kelompok.

Latar Belakang Kelahiran BPUPKI
BPUPKI melakukan uji coba dengan semangat kebersamaan dan memprioritaskan musyawarah dan konsensus Ir. Sukarno dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945 menyatakan "... Kami ingin mendirikan negara Indonesia, yang semuanya dapat melakukannya. Semua untuk semua! ..."


Dari pendapat Ir. Soekarno dengan jelas melihat bahwa para pendiri negara memainkan peran yang sangat besar dalam mendirikan negara Indonesia, terlepas dari para pendiri negara yang memiliki latar belakang etnis dan agama yang berbeda.

Pertemuan BPUPKI dapat dilakukan melalui konsultasi dan konsensus. Anda dapat melihat ini dari pertanyaan Ketua BPUPKI, dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat dalam sidang BPUPKI pada 16 Juli 1945, yaitu;

"Jadi, draft ini telah diterima oleh semua. Jadi, saya ulangi lagi, kami menerima konstitusi ini secara penuh. Bagaimana Anda, Pak? Untuk undangan, saya meminta dengan hormat siapa yang setuju untuk menerima, berdiri (saya melihat Mr. Yamin belum berdiri), penerimaan bulat dari Konstitusi ini, Terima kasih, Pak

Pertanyaan dari Ketua BPUPKI dan tanggapan dari semua anggota majelis BPUPKI menunjukkan bahwa para pendiri negara telah memprioritaskan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan kelompok, dan memprioritaskan musyawarah konsensus dalam membuat keputusan atas dasar negara. dan UUD 1945. terhadap bangsa dan negara.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait