Kolam Lele Bau Busuk, Warga Ancam Akan Demo Pemilik Kolam Lele

Ayo Bertani - Cara Kolam lele tidak bau - Kolam lele yang menggunakan, terpal, atau drum plastik jika sudah setengah bulan dari masa tebar benih biasanya akan mengeluarkan bau amis busuk yang menyengat hidung. Jika kolam lele berada di dekat pemukiman, tentu saja tidak hanya mengandung status sang dan juga tetangga yang dekat dengan kolam budidaya. Jika hal itu terjadi terus saja tentu saja bisa berakibat buruk, baik dari segi kesehatan maupun hubungan antar tetangga.

Sebenarnya banyak cara agar air kolam tidak bau dan cara agar tidak sering ganti air kolam dalam waktu 1 hingga 2 bulan dan bisa sampai panen tanpa ganti air. Pada umumnya cara tersebut sering di gunakan oleh para senior petani lele, sering-seringlah bergabung dengan senior petani lele karena butuh belajar terus menerus.

Faktor kolam bau menyengat pada kolam lele ada beberapa hal:

  • Perawatan air kolam yang kurang memadai.
  • Pemberian pakan yang berlebihan, zarah menggunakan sisa.
  • Ikan mati yang membusuk di kolam.
  • Pemberian pakan mentah dalam volume banyak.
  • Penumpukan kotoran dan amoniak hasil metabolisme ikan.

Melihat kondisi yang melelahkan, tentu para peternak tidak dapat melakukan menghilangkan bau busuk tersebut. Namun peternak seperti ganti akal bagaimana menghilangkan bau dari kolam itu. Jika kolam lele bau maka dampaknya lele kembung, lele tidak cepat besar, kanibal meningkat, lele cepat kena penyakit bintik merah, lele upacara dan lele cepat mati tanpa sebab.

Banyak sudah cara dilakukan, mengganti air, menanggapi tetangga, panduan dari internet, dll. Memang membutuhkan perawatan, tidak lagi bau lagi. Namun cara itu hanya bertahan selama 3 hari saja. Setelah itu kembali ke masalah bau menyengat. jangan sampai kejadian di bawah ini terjadi pada anda.


Seperti Berita lengkapnya di bawah ini yang terjadi pada petani lele di Desa lumutan Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso Jawa timur. Budidaya lele memang di bilang mudah secara teori namun kenyataan budidaya lele tidak semudah dan segampang teori, butuh pelatihan dan praktek berkali-kali.





Lalu bagaimana cara mengatasi kolam lele bau busuk?

Selanjutnya, saya menjelaskan bagaimana menangani bau menyengat di kolam, cara saya berbagi ini bukan hanya teori, tetapi dicoba dan dipraktekkan di kolam sendiri dengan hasil yang memuaskan.

Bagaimana Menghilangkan Bau Menyengat di Kolam Lele ? Inilah yang sering di tanyakan oleh para pemula / junior petani lele.

Agar kolam lele tidak bau amis busuk di kolam, kita bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Pakan Secukupnya. Berikan saja pakan ikan lele yang cukup, jangan berlebihan. Sisa makanan berlebih akan menghasilkan Amonia. Amonia adalah salah satu faktor yang menyebabkan bau busuk. Beberapa ahli mencoba membuat beban yang dapat membuat ikan 80% penuh.
  • Buang ikan mati. Dalam budidaya ikan lele, biasanya ada beberapa ikan mati dan rekreasi di kolam. Ikan yang mati harus dibuang dan segera dihapus. Jika bangkai ikan dibiarkan tidak terkendali, bangkai ikan dapat digunakan sebagai bau air yang tidak sehat.
  • Rebus pakan mentah. Jika kita ingin menyediakan makanan yang lebih baik, Anda juga akan mendapatkan banyak volume. Sesuaikan jumlah pakan dengan jumlah ikan di kolam. Sisa pakan mentah dapat menyebabkan bau busuk.
  • Ganti air secara berkala. Ikan lele masih dapat hidup bahkan tanpa air, tetapi volume volume masih dibutuhkan untuk mengurangi volume air. Air darurat dapat dipakai bau di kolam renang. Karena beberapa racun dan bakteri berkurang bersama dengan air yang terbuang.
  • Pensifonan. Pensifonan adalah membuang kotoran atau sedimen dari dasar kolam. Basis dapat dilakukan dengan membuka saluran atau mengisap menggunakan selang. Powersonan penting karena kita menghilangkan kotoran dan amonia yang menyebabkan bau yang kuat di kolam. Pensifonan dianjurkan untuk sakit sehingga hari lele tidak ditekankan. Setelah selesai, lalu ditambahkan kembali ke air yang terbuang.
  • Saring Air Jika metode filter air jarang dilakukan, menggunakan metode ini dapat mengurangi bahan organik yang mengendap di dasar kolam dan bau yang dihasilkan. Gunakan filter air di kolam seperti memasang filter di akuarium. Air kolam dipompa menggunakan instalasi filter air dan kemudian dialirkan kembali ke kolam. Penggunaan filter air akan membuatnya lebih bersih, meningkatkan kadar oksigen di air dan meningkatkan kadar amonia ke air. Penggunaan air saringan biasanya dalam kolam padat yang terisi.
  • Buat aliran air. Air akan melepaskan air amonia ke air. Kita bisa membuat aliran airmenggunakan pompa air atau pompa akuarium.
  • Menggunakan bakteri probiotik
  • Metode penelitian masih jarang dilakukan oleh orang. Karena belum banyak yang mengetahuinya. Situs ini digunakan untuk mengurangi beban. Metode ini adalah pengembangan penggunaan probiotik EM4.
Metode ini menggunakan berbagai bakteri yang memiliki fungsi:

1. Mempercepat proses penguraian kotoran di kolam.

2. Menetralisir zat berbahaya seperti amonia yang diproduksi oleh sisa makanan dll.

3. Mengontrol kuman dan memproduksi antibiotik dapat terhindar dari bakteri jahat.

4. Menghilangkan bau dari pembusukan.

Bakteri yang memiliki fungsi berbeda dan bekerja bersama dalam satu kolam.

Cara Membuat Bakteri Probiotik
Siapkan mikroorganisme yang memiliki fungsi setidaknya empat fungsi di atas sebagai starter. Kami mendapatkan mikroorganisme dari EM4 dan PROBIO7 (dapat diambil di toko pertanian).

  • Buat media untuk membiakkan bakteri. Cara membuatnya, campurkan 3 sachet susu kental manis dan 3 sendok makan tepung tapioka menjadi 6 liter air. Tambahkan 1,5 liter tebu (bisa diganti dengan gula merah).
  • Rebus bahan dan aduk sampai merata.
  • Angkat dan dinginkan. Kemudian masukkan ke derigen.
  • Masukkan EM4 dan PROBIO7 (lebih banyak dan lebih berkembang).
  • Tambahkan 2 sendok urea sebagai energi untuk mikroorganisme untuk berkembang biak di media.
  • Tutup derigen dengan erat dan biarkan selama 5 hari.
  • Buka penutup derigen secara teratur. Untuk melepaskan oksigen dan mengeluarkan gas dari oksigen.

Cara menggunakan Formula Bakteri Probiotik
Untuk menggunakan formula bakteri probiotik instan adalah:

  • Setelah formula bakteri probiotik selesai, gunakan formula setiap hari.
  • Berikandi pagi hari 2 botol formula bakteri probiotik per m3 air dicampur dengan 1 liter air. Formula bakteri probiotik diberikan setiap hari karena setiap hari dan diproduksi setiap hari, proses ini tidak dilakukan setiap hari sehingga bakteri tidak akan mampu mengatasi amonia dan sejenisnya yang dapat menghasilkan bau menyengat di air kolam.
Begitulah cara agar kolam lele tidak bau, banyak cara selain di atas yang dapat anda praktekkan seperti lele sistem boster, lele sistem bioflok, dan menambahkan aerator.  Kami sarankan jangan menggunkan pakan ayam tiren, gunkanlah full pelet dengan cara di bibis di tambahkan cairan nutrisi setiap kali memberikan pakan untuk mengurangi pemberian pakan serta mengurangi pengeluaran pembelian pelet.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, kami butuh informasi pengalaman anda dengan mengisi form komentar, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

keyword :
kolam lele tanpa bau tanpa ganti air
kolam lele tidak bau
cara kolam lele tidak bau
kolam lele tanpa bau
kolam lele bau busuk
kolam lele
kolam lele terpal
ukuran kolam lele 1000 ekor
kolam lele bioflok
kolam lele bulat
ukuran kolam lele 2000 ekor
kolam lele dari terpal
ukuran kolam lele 10000 ekor
ukuran kolam lele kapasitas 1000 ekor
kolam lele bundar
kolam lele beton
kolam lele terpal bulat
kolam lele sederhana
kolam lele modern
ukuran kolam lele 500 ekor
kolam lele sistem boster
kolam lele tanah
ukuran kolam lele 3000 ekor
kolam terpal lele yang baik
kolam lele sistem bioflok
kolam lele plastik
kolam lele tanpa ganti air
harga kolam lele fiber
kolam lele fiber
kolam lele organik
kolam lele dari plastik
ikan lele kolam terpal
kolam lele batako
kolam lele kecil
kolam lele permanen
kolam lele murah
kolam lele terpal kotak
kolam lele bundar terpal
kolam lele bioflok kotak
kolam lele kotak
kolam lele ukuran 2x1
video kolam lele
kolam lele fiber bulat
kolam lele ukuran 2x3
kolam lele agar tidak bau
kolam lele tidak bau
kolam lele sirkulasi
kolam lele tebar padat
kolam lele drum
kolam lele galvalum
kolam lele central drain
kolam lele dibawah kandang ayam

lele
lele dumbo
lele sangkuriang
lele goreng
lele bioflok
lel express
lele coin
lelet
lele bakar
lele lela
lele mutiara
lele terbesar
lele raksasa
lele besar
lele putih
lele kremes
lele laut
lele diwedangi
lele penyet
lele lokal
lele kuning
lele goreng kremes
lele amazon
lele phyton
lele balado
lele ikan
lele megalodon
lele terpal
lele kolam terpal
lele sistem boster
lele express
lele asam manis
lele terbesar di indonesia
lele konsumsi
lele cabe ijo
lele dumbo terbesar
lele kartun
lele cepat besar
lele panggang
lele listrik
lele lucu
lele galatama
lele animasi
lele dumbo raksasa
lele fillet goreng tepung
lele goreng krispi
lele drum
lele siap panen
lele tidak mau makan
lele rws
lele frozen
lele jumbo terbesar di dunia
lele resep
lele hidroponik
lele jepang
lele jkt48
guitalele senar 6
lele yang cepat besar
lele kembung

Artikel Terkait