Kisah Awal Berdirinya Admob hingga di Beli Google

Ayo ke Bondowoso - AdMob - Bagaimana Satu Pengunduran MBA Menjual Bisnisnya ke Google seharga $ 750 juta - Pengusaha Serial Omar Hamoui telah menghabiskan karirnya mendirikan dan menjalankan bisnis seluler, beberapa di antaranya bernasib lebih baik dari yang lain. Ia mendirikan dan menjalankan bisnis konsultasi perangkat lunak Vertical Blue, sebelum berbagi foto seluler GoPix Inc., dan fotochatter, jejaring sosial berbagi foto seluler.

Lalu datanglah AdMob, salah satu platform iklan seluler pertama dan terbesar, yang didirikan Hamoui dan di mana ia menjabat sebagai CEO. Perusahaan ini menarik Steve Jobs, yang tertarik untuk membeli bisnis pada tahun 2009, tetapi Hamoui menawarkan penawaran yang lebih baik yang datang hanya beberapa bulan kemudian, ketika dia menjual AdMob ke Google seharga $ 750 juta. Omar sekarang adalah Mitra di perusahaan modal ventura Sequoia Capital di California, di mana dia berfokus pada investasi seluler.

Newnham: Seperti apa kamu tumbuh dewasa?
Hamoui: Saya dibesarkan di California Tengah dan berencana menjadi dokter. Itu adalah kursus yang seharusnya saya ambil, tetapi setelah sekitar kelas enam, keluarga saya pindah ke California Selatan dan akhirnya saya belajar Ilmu Komputer di UCLA. Saya menemukan bahwa saya sangat menikmati sisi teknik dan bisnis kursus, dan saat itulah saya mulai melihatnya lebih sebagai jalur karier.

Itu juga tepat di saat internet mulai lepas landas. Saya lulus dari UCLA pada tahun 1998, dan tentu saja pada tahun ketiga dan keempat saya di sana, semua perusahaan web gila ini diluncurkan, seperti Amazon dan Google. Saya melihat, mendengar, dan membaca semua tentang mereka di berita, dan saat itulah saya benar-benar tertarik dengan ide bisnis dan teknologi yang digabungkan.


Newnham: Apa pengalaman pertama Anda tentang teknologi sebagai seorang anak? Apakah keluarga Anda memiliki komputer?
Hamoui: Ya, saya pikir ayah saya membelikan kami komputer Apple II ketika saya berada di kelas tiga atau empat, dan saya selalu menikmati menggunakannya dan bermain dengannya tetapi saya tidak benar-benar memulai pengkodean sampai saya berada di tahun senior saya yang tinggi sekolah. Saya cukup menyukainya untuk mengikuti kursus di UCLA, dan di sana saya menyadari dengan cepat bahwa saya ingin menjalankan perusahaan saya sendiri.

Perusahaan pertama saya, yang saya mulai pada tahun 1998, bernama Vertical Blue, Inc., dan kami menawarkan konsultasi pengembangan perangkat lunak untuk perusahaan; itu adalah pengembangan situs web dan Flash. Saya memulainya di tahun senior saya di perguruan tinggi karena saya mendapatkan banyak kontrak, jadi saya mulai mempekerjakan beberapa teman saya untuk melakukan beberapa pekerjaan dan akhirnya mempekerjakan sekitar 20 orang.

Biru Vertikal ada sampai sekitar tahun 2001 karena ketika kecelakaan dot-com terjadi, banyak pelanggan kami keluar dari bisnis dan kami melambat. Lalu saya akhirnya bergabung dengan Sony Pictures dan sekitar setahun, kami melihat beberapa laporan di Sony tentang bagaimana gambar yang diambil dari telepon kamera akan melebihi gambar yang diambil oleh gabungan kamera analog dan digital.

Itulah yang membuat saya bersemangat tentang gagasan bahwa ponsel kamera akan menjadi begitu penting, namun tidak ada perangkat lunak atau layanan yang ditulis untuk mereka. Jadi, beberapa rekan saya dan saya meninggalkan Sony dan memulai sebuah perusahaan bernama GoPix, Inc., yang membangun perangkat lunak untuk perangkat Symbian, karena perangkat Symbian adalah satu-satunya ponsel yang memungkinkan Anda mendapatkan akses API ke kamera pada saat itu.

Kami pada dasarnya membuat aplikasi berbagi foto di Symbian yang memungkinkan Anda menambahkan audio ke gambar, yang kemudian dapat diputar di browser. Itu sangat keren dan menggunakan perangkat lunak yang rapi, tetapi kami mengalami masalah distribusi besar karena untuk mendapatkan distribusi dengan apa pun di seluler pada saat itu, Anda harus mendapatkan penawaran operator atau kesepakatan handset.

Itu benar-benar hanya dua jalan untuk mendapatkan distribusi dan, karena hanya tiga orang, kita tidak bisa mendapatkannya. Kami tidak memiliki kontak atau koneksi, dan saya bahkan tidak tahu seperti apa proses mengumpulkan uang, jadi kami melakukannya selama lebih dari setahun - kemudian pada dasarnya menyerah karena kami tidak bisa mendapatkan perangkat lunak di luar sana .

Setelah GoPix, saya melakukan sedikit konsultasi selama sekitar lima bulan, tetapi kemudian saya berpikir lebih banyak tentang GoPix karena pada saat ini jejaring sosial mulai lepas landas. Facebook belum dimulai, tetapi Friendster dan LinkedIn tentu saja sudah jadi saya berpikir, "Mungkin ide di sini bukan fokus pada perangkat lunak, saya akan membangun layanan web seluler yang memungkinkan orang untuk berbagi foto melalui grafik sosial." , Saya membangun jejaring sosial bernama fotochatter.

Sekali lagi, itu adalah jejaring sosial, di sekitar foto di seluler, tetapi itu menjadi sedikit lebih baik. Orang bisa berteman dan memposting foto; maka itu akan mengirim pesan teks ke semua teman Anda yang pada dasarnya "mengikuti" Anda kemudian mereka dapat melihat foto Anda dan membalas komentar. Itu berjalan cukup baik, tetapi juga, ketika saya sedang mengusahakannya, saya memutuskan bahwa jika saya akan terus bolak-balik di antara perusahaan pemula dan mendapatkan pekerjaan nyata, maka mungkin saya harus mendapatkan gelar MBA. Saya merasa bahwa MBA akan sangat membantu dalam membawa saya lebih jauh dalam karir saya, karena membuka jalan karier lain, dan jadi saya pergi ke Wharton.

Salah satu hal yang saya temukan di tahun pertama saya, adalah bahwa saya terus tersandung menghadapi masalah yang sama. Fotochatter mungkin memiliki 19.000 pengguna global, tetapi tidak tumbuh secepat yang saya inginkan. Seluruh situs didasarkan pada WAP, jadi saya pikir mungkin hal terbaik untuk dilakukan adalah beriklan - jadi saya mencoba beriklan secara online.

Saya mencoba menjalankan iklan di Google karena tidak ada cara lain untuk melakukannya, dan saya menghabiskan sekitar 30 ¢ klik untuk membuat orang datang ke situs web saya, dan kemudian di situs web, saya menempatkan mereka melalui alur ini di mana saya mendidik mereka dan memberi tahu mereka tentang peluang seluler dan kemudian mereka dapat membuka situs seluler dan menggunakan layanan saya.

Saya menghabiskan sekitar 30 ¢ satu klik dan sekitar 1% dari orang-orang akhirnya berhasil masuk ke situs seluler dan mendaftar - jadi itu $ 30 per pengguna untuk layanan gratis, yang tidak besar. Tapi kemudian saya mulai menayangkan iklan di situs web lain yang lebih ditujukan untuk penggemar seluler - ada berbagai papan obrolan dan grup diskusi yang lebih kecil tentang penggunaan WAP dan hal-hal seperti itu, sehingga membuatnya sedikit lebih baik, tetapi itu masih tidak terlalu bagus . Menjadi sangat jelas bagi saya bahwa bagian yang sulit tidak mendapatkan klik; itu adalah lompatan dari web ke ponsel - transisi.

Jadi, saya pikir saya harus beriklan di web seluler, tetapi tidak ada cara untuk melakukannya. Saya mencari layanan apa pun yang memungkinkan saya melakukan ini atas dasar melayani diri sendiri, tetapi tidak ada, jadi saya pikir saya akan beriklan langsung di situs web seluler. Saya mencoba menemukan daftar situs web seluler besar apa pun, dan, sekali lagi, tidak ada apa pun di sana. Ada semua daftar yang setengah matang ini, di mana separuh situs yang terdaftar sudah hilang, jadi sangat sulit. Akhirnya, saya akhirnya menemukan satu situs web seluler yang tampaknya memiliki jumlah lalu lintas yang lumayan, dan ini adalah GetJar - jadi mereka adalah perusahaan tempat saya pertama kali menjalankan iklan.

GetJar berbasis di Eropa Timur dan saya mengirim email kepada mereka mengatakan saya ingin menjalankan beberapa iklan di situs mereka, dan mereka berkata, "OK, tidak ada yang melakukan itu, tapi OK." Saya katakan saya akan membayar mereka satu sen per klik, jadi saya memberi mereka tautan dan membayar mereka satu sen per klik untuk menjalankan iklan untuk fotochatter. Sangat cepat, saya mendapatkan banyak lalu lintas, dan bukan 1% orang yang mendaftar, 10% orang mendaftar. Sen itu per klik dan 10% berarti biaya akuisisi saya naik dari $ 30 menjadi 10 ¢, sehingga jurang itu jelas besar.

Saya berpikir, "Saya dapat mencoba dan memanfaatkan ini selama mungkin, dan menumbuhkan jaringan sosial saya secepat yang saya bisa, atau saya dapat menjadi orang yang membuat pasar menjadi efisien di tempat pertama." Dari apa yang saya telah melihat, secara umum, melihat banyak peluang lain di internet dan bahkan berbicara tentang hal ini di sekolah bisnis, jenis peluang di mana menciptakan efisiensi pasar atau menjadi orang yang membawa pasar ke efisiensi lebih cepat dapat benar-benar menjadi sangat baik peluang -sized. Jadi, saya kembali ke GetJar dan bertanya kepada mereka, "Jika saya menjual iklan untuk Anda, karena saya pikir mungkin ada orang lain seperti saya, bisakah saya menerima komisi?" Dan mereka berkata, "Tentu."

Pada saat itu, saya tidak tahu apa itu jaringan iklan. Saya menganggapnya sebagai eBay untuk iklan karena saya tidak menyadari bahwa jaringan iklan ada atau bagaimana mereka bekerja. Jadi saya membangun sistem self-serve yang memungkinkan orang untuk membeli iklan di GetJar dan fotochatter; itu adalah dua penerbit pertama saya. Sistem swalayan juga memungkinkan orang untuk mendaftar situs WAP mereka sendiri. Ini semua dibangun sebagai proyek sampingan ketika saya masih di sekolah bisnis pada tahun 2005. Saya memulainya pada bulan September tahun pertama saya dan meluncurkannya pada bulan Desember sehingga butuh tiga bulan kerja untuk meluncurkan versi awal AdMob.

Newnham: Bagaimana peluncuran awal itu diterima? Beberapa blogger seluler mengambilnya dengan cepat, bukan?
Hamoui: Ya, ada beberapa orang yang saya hubungi melalui saya
perusahaan seluler sebelumnya, jadi saya mengirim email kepada beberapa blogger - salah satunya adalah Russell Buckley, yang akhirnya menjadi karyawan pertama AdMob.

Untuk mundur sedikit, saya telah menjalankan cukup banyak perusahaan yang tidak berjalan dengan baik, jadi sebelum saya membangun apa pun untuk AdMob dan setelah saya berbicara dengan GetJar dan mereka setuju saya bisa mendapatkan komisi, saya berbicara dengan seorang teman saya, Ian McCarthy, yang sekarang bekerja untuk sebuah perusahaan bernama Orb Networks, dan Orb memiliki perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk melakukan streaming media dari komputer Anda ke perangkat seluler atau laptop.

Itu seperti versi perangkat lunak Slingbox, dan karena mereka ingin melakukan streaming media ke perangkat seluler, saya pikir mereka dapat menggunakan pelanggan yang memiliki perangkat seluler dengan koneksi data. Jadi, saya bertanya kepadanya, “Jika saya memiliki sistem ini di mana Anda dapat beriklan di seluler dan karena itu menjangkau orang-orang dengan perangkat seluler dengan koneksi data, apakah Anda tertarik dengan iklan?” Dan dia berkata, “Tentu. Saya bisa menghabiskan $ 1.000 untuk itu. "

Jadi ketika kami meluncurkan AdMob, kami memiliki $ 1.000 itu, dan iklan mulai berjalan dengan segera, dan saya pikir kami mungkin menghabiskan $ 1.000 itu dalam dua hari, dengan dua atau tiga ¢ satu klik. Itu sangat, sangat murah, tetapi ada banyak lalu lintas di GetJar dan fotochatter disatukan, dengan rasio klik-tayang pada waktu itu sebesar 6% atau 7%. Pengguna baru saja tidak melihat iklan di seluler sebelumnya, jadi ada hal baru bagi mereka juga.


Sumber
Pengiklan lain kemudian mulai mendaftar, atas dasar swalayan, dan saya ingat memberi tahu istri saya, "Jika saya bisa mendapatkan dua atau tiga orang yang tidak saya kenal selama minggu pertama ini untuk benar-benar memasukkan rincian kartu kredit mereka ke dalam sistem , maka kita benar-benar pada sesuatu, "dan saya pikir pada akhir minggu, saya punya empat atau lima, jadi saya cukup bersemangat.

Sulit untuk menghargai sekarang, tetapi sangat sederhana pada saat itu dan begitu baru dan pengguna sangat tertarik sehingga orang-orang tidak dapat benar-benar percaya bahwa cara kerjanya berhasil. Karena jika Anda memasukkan $ 50 ke dalam sistem ini dan Anda mengklik "mulai," iklan Anda baru mulai bekerja dan Anda akan melihat semua statistik hidup dan uang Anda akan hilang dalam dua puluh menit, paling banyak; mungkin sepuluh menit. Banyak orang mengira itu palsu atau bahwa saya hanya mengambil uang mereka, tetapi mereka akan melihat log mereka dan mereka dapat melihat bahwa, memang, pengguna itu telah mengklik iklan.

Newnham: Kapan Anda pergi untuk putaran pendanaan pertama Anda?
Hamoui: Saya sebenarnya tidak mengejar dana karena saya tidak tahu cara melakukannya. Saya tidak berasal dari Silicon Valley, dan saya tidak tahu apa-apa tentang itu atau orang-orang di sana. Tetapi saya mulai mendapatkan beberapa email dari Nokia dan perusahaan besar lainnya, dan, saya akan merasa senang karena ini tidak pernah terjadi pada saya dengan perusahaan saya yang lain. Biasanya, saya akan mengirim email kembali dan berkata, “Terima kasih banyak. Ini luar biasa. Saya hanya satu orang, jadi saya cukup yakin kami tidak bisa bekerja sama, tetapi saya akan kembali kepada Anda. ”

Tapi kemudian, saya mulai mendapatkan beberapa email dari VC, dan itu luar biasa bagi saya karena saya tidak tahu bahwa itu mungkin terjadi seperti ini. Saya akan menelepon mereka saat berada di Philadelphia, dan mereka kebanyakan ada di sini di San Francisco, dan, setelah beberapa saat, saya perhatikan ada banyak pembicaraan - tetapi tidak ada yang terjadi sampai ada yang mengundang saya ke Lembah pada hari Kamis setelah kelas.

Dia memperkenalkan saya kepada sejumlah investor lain di sana karena saya pikir dia tertarik tetapi tidak yakin dia ingin melakukan apa pun. Saya kira dia mencoba untuk mendapatkan dukungan dan melihat apa yang dipikirkan orang lain, setelah dua dari perjalanan ini, saya akhirnya memiliki, pada dasarnya, sekelompok besar orang yang akan berinvestasi jika seseorang akan memimpin. Ada beberapa yang mencondongkan badan ke depan, tetapi tidak ada yang melompat ke depan.

Itu benar-benar membuat frustrasi karena saya memiliki semua domino di tempat ini, tetapi tidak ada yang jatuh. Juga, itu adalah Maret 2006 - tahun pertama sekolah bisnis saya - dan AdMob diluncurkan pada akhir tahun 2005, dengan pengumuman resminya pada bulan Januari, 2006. Pada bulan Mei, saya dimaksudkan untuk magang dan tidak melakukan apa-apa itu karena saya telah memulai AdMob, jadi saya mulai gugup.

Tapi kemudian, VC dan satu orang lain yang saya temui menunjukkan minat dan benar-benar mengirimi saya term sheet - itu cukup satu sisi ke arah mereka, jadi saya tidak benar-benar senang dengan ketentuan, tetapi hal utama yang membuat saya khawatir adalah fakta bahwa mereka menginginkan dua kursi dewan, yang berarti saya hanya punya satu. Mereka mengambil garis yang sangat keras dengan titik itu yang membuat saya khawatir karena jika saya menandatangani, hari sesudahnya, mereka dapat menyingkirkan saya berdasarkan fakta bahwa mereka memiliki dua kursi dewan.

Saya bertanya pada seorang teman saya apa yang dia pikir harus saya lakukan. Saya juga mengatakan kepadanya untuk tidak memberi tahu siapa pun tentang proposal karena itu sangat rahasia dan itu harus tetap menjadi rahasia. Saya tidak tahu mengapa itu licik dan rahasia, tetapi itu adalah pemahaman saya tentang bagaimana hal-hal ini bekerja. Saat itu hari Senin dan termnya habis pada hari Jumat, jadi saya harus memutuskan dengan cepat.

Dia mengatakan akan memikirkannya, dan kemudian dia menelepon saya satu atau dua jam kemudian dan berkata, “Saya benar-benar minta maaf. Saya tahu Anda mengatakan kepada saya untuk tidak memberi tahu siapa pun tetapi… saya memberi tahu seorang teman saya dan teman saya itu mengenal seseorang di Sequoia dan dia berbicara dengannya, dan mereka ingin berbicara dengan Anda. ”

Kemudian, Jim Goetz dari Sequoia memanggil saya. Dia telah membaca semua tentang perusahaan dan pada dasarnya membuat kesepakatan yang jauh lebih baik daripada tawaran sebelumnya yang saya terima. Dia berkata, "Jika kami membuat tawaran ini, akankah Anda menandatanganinya?" Saya setuju sehingga dia menyarankan saya terbang keluar untuk menemui mereka, yang saya lakukan pada hari berikutnya. Saya terbang pada hari Kamis dan saya bertemu dengan Jim dan tim, menunjukkan mereka sebuah kampanye iklan langsung, dan pada hari Jumat, secara harfiah dua puluh empat jam setelah pertemuan, mereka memberi saya sebuah term sheet.

Saat itu jam 4 sore dan selebaran saya yang lain berakhir pada jam 5 sore, jadi saya mengambil semua ini dengan sangat serius. Pengacara saya tidak menjawab teleponnya, jadi saya hanya melihatnya dan saya seperti, “Anda tahu apa? Saya seorang siswa sekolah bisnis; ini adalah Sequoia; Saya tidak benar-benar tahu apa yang ada di sheet ini; tapi seberapa buruknya itu? ”Kasus terburuk adalah saya bisa mengatakan saya menandatangani sebuah term sheet dengan Sequoia. Jadi, saya baru saja menandatanganinya. Dalam dua puluh menit setelah mendapatkannya, saya menandatanganinya. Dan itu itu.

"Jika mereka menawarkan saya satu juta dolar dalam bentuk tunai, saya pasti akan menjualnya."
Newnham: Jadi, ini pada bulan Mei, memulai bisnis pada bulan September tahun sebelumnya. Itu mengesankan. Apakah Anda kagum pada seberapa cepat itu terjadi?

Hamoui: Ya, saya mulai membuat kode sendiri pada bulan September, dan pada bulan Mei setelah itu, saya didanai dan di sini. Jadi, saya terkejut, ya. Sungguh, bahkan mulai kode pada bulan September dan diluncurkan pada bulan Januari dan kemudian term sheet pada bulan Mei cepat. Dan ada banyak petualangan di sepanjang jalan ... Saya bertemu banyak orang yang menarik dan berbicara dengan beberapa perusahaan yang ingin membeli AdMob. Dan saya akan menjualnya: mereka ingin membelinya untuk ekuitas di perusahaan mereka, tetapi jika mereka menawarkan saya satu juta dolar tunai, saya pasti akan menjualnya. Saya adalah seorang siswa sekolah bisnis, hanya satu orang, memiliki kode selama empat bulan. Apakah Anda akan menjualnya seharga satu juta dolar? Saya akan menjualnya seharga satu juta dolar.

Newnham: Itu berakhir cukup baik bahwa Anda tidak menjual seharga satu juta ...
Hamoui: Ya, banyak hal yang berakhir dengan cukup baik.

Newnham: Apa pelajaran utama yang Anda ambil dari bisnis Anda sebelumnya ke AdMob?
Hamoui: Pertama-tama, saya belajar bahwa ketika semuanya bekerja, Anda akan tahu mereka bekerja, jadi saya mulai mengubah ide dengan cepat. Pada awalnya, itu seperti kerja cinta, dan saya percaya omongan bisnis normal tidak pernah menyerah. Lebih mudah untuk mengetahui ketika sesuatu bekerja daripada saat tidak. Seperti, ketika Anda mendorong batu besar ke atas bukit, dan kemudian berjalan menurun, Anda bisa merasakannya. Tetapi saya pikir orang-orang yang belum pernah mengalami kemunduran, bahkan sedikit menurun, tidak tahu. Mereka pikir hal-hal yang seharusnya sulit, dan mereka tidak. Seharusnya tidak sulit untuk membuat pasar mengadopsi atau beradaptasi dengan produk Anda, jika ada yang cocok untuk itu.

Pelajaran kedua adalah bahwa saya telah melakukan cukup banyak barang untuk mengetahui bahwa saya ingin menjalankan sebuah perusahaan yang menghasilkan uang, sehingga mendapatkan dolar pertama itu melalui pintu, dan dalam hal ini, memiliki perjanjian dari pembeli dan penjual, dan mengetahui yang secara harfiah kedua saya mengaktifkan AdMob, saya akan menghasilkan uang.

“Ada banyak dari kami yang tahu sesuatu yang besar di seluler seharusnya terjadi tetapi tidak, dan kami juga tahu kami bisa mewujudkannya.”
Newnham: Apa dampak peluncuran iPhone terhadap bisnis Anda?
Hamoui: AdMob sekitar satu setengah tahun ketika iPhone diumumkan. Diumumkan pada bulan Juni, 2007, dan sebelum ini, kami sudah mencoba untuk menjalankan iklan di dalam aplikasi - aplikasi J2ME dan BREW - tetapi mereka tidak pernah bekerja. Ada masalah latensi dan masalah penayangan iklan. Sepertinya iklan di web bagus dan iklan di seluler buruk; itulah pelajaran yang bisa diambil, ketika iPhone keluar, kami cukup bersemangat. Bukan karena itu adalah perangkat atau pengalaman yang hebat dan hebat, tetapi ini adalah pertama kalinya, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Anda dapat menayangkan iklan melalui JavaScript, jadi Anda tidak perlu lagi melakukan hal server gila itu. Kami membuat SDK JavaScript, dan karena kami selalu menjadi perangkat-agnostik, kami membuat SDK iPhone.

Ketika iPhone diluncurkan, tidak ada App Store, tetapi diumumkan delapan atau sembilan bulan kemudian, jadi kami melanjutkan perjalanan dan kami melihat bagaimana iPhone menjadi tren; rasio klik-tayang baik dan segalanya, tetapi itu tidak menjadi segalanya dan berakhir. Kemudian, ketika Apple mengumumkan App Store, kami memiliki percakapan internal yang panjang karena kami tahu bahwa "aplikasi buruk dan web bagus" dan kami ingin tahu apakah kami harus repot-repot membangun SDK untuk aplikasi. Selain itu, ada semua NDA dengan Apple ini dan Anda tidak dapat berbagi kode, dan kami bahkan tidak tahu apakah SDK itu legal atau apakah itu akan disetujui di App Store sehingga kami bertanya-tanya apakah itu sepadan dengan semua masalah ini.

Kami belum dalam aplikasi, dan kami merasa bahwa perangkat ini cukup berbeda sehingga ketika mereka mengumumkan App Store pada bulan Maret, kami akan membuat seperangkat Unit Iklan baru untuk iPhone untuk aplikasi dan untuk web di saat yang sama - dan bahwa kami akan memiliki pengumuman besar tepat pada saat App Store keluar. Jadi, App Store diluncurkan pada 10 Juli 2008, dan kami telah mengerjakan SDK kami untuk tiga hingga empat bulan sebelumnya, dan, saya pikir, pada 24 Juli - dua minggu kemudian - kami mengumumkan Unit Iklan iPhone kami.

Unit Iklan Dalam Aplikasi, Unit Iklan web - apa pun yang dapat Anda lakukan di iPhone, pada dasarnya kami memiliki Unit Iklan. Beberapa diklik ke peta; beberapa diklik di App Store; beberapa mengklik ini; beberapa mengklik itu. Bahkan gagasan menjalankan iklan ke App Store sehingga orang-orang dapat mengiklankan aplikasi itu baru; tidak ada yang melakukan itu sebelumnya. Kami tidak memiliki kompetisi. Saya rasa pesaing berikutnya tidak ada di sana dengan unit iklan selama mungkin enam bulan lagi.

Tak lama setelah kami meluncurkan Unit Iklan, hanya lalu lintas yang datang - volume dolar yang dibelanjakan - menunjukkan kepada kami bahwa ini bukan perpanjangan dari garis vektor yang kami gunakan. Ini adalah hal yang benar-benar baru, jadi kami mengadakan rapat internal perusahaan, dan saya mengingatnya karena saya membuat keputusan, agak mendorong sedikit dari apa yang diinginkan oleh tim manajemen, saya memutuskan kami sudah selesai dengan WAP, meskipun 95% dari kami bisnis ada di WAP, dan semua yang bergerak maju adalah untuk iPhone. Jadi, kami akan mencurahkan energi nol untuk WAP - yang merupakan hal kontroversial untuk dikatakan, tetapi dalam rapat perusahaan ... apakah Anda pernah melihat film Apocalypto?

Newnham: Tidak, saya belum.
Hamoui: Saya juga belum pernah melihatnya, tapi saya tahu ceritanya. Pemahaman saya adalah sebuah film tentang Maya - seorang pejuang Maya dan perjuangannya dan konflik antara suku-suku Maya, dan di akhir film, setelah semua konflik dan pertempuran, mereka hanya melihat di pantai, pendaratan galleon Spanyol . Jadi semua yang mereka lakukan sebelumnya benar-benar tidak relevan - semua pertempuran dan konflik, dan itulah yang saya katakan kepada perusahaan.

Semua orang khawatir apa yang akan terjadi jika kami mengabaikan WAP karena kami akan bersaing dengan semua orang yang berbeda ini, tetapi saya hanya mengatakan bahwa kami akan melakukan ini karena itu tidak penting lagi. Dan selain memulai perusahaan, itu mungkin keputusan paling penting yang kami buat karena itu berarti kami adalah yang pertama, dan jauh dan tercepat, dan jaringan paling sukses pada saat itu di iPhone.

"Aku punya panggilan untukmu." Aku memberitahunya bahwa aku sedang rapat. "Ya, saya tahu, tapi itu Steve Jobs."
Newnham: Bisakah Anda berbicara kepada saya melalui proses yang menyebabkan AdMob diakuisisi oleh Google?
Hamoui: Saya tidak tahu berapa banyak yang bisa saya katakan karena NDA, tapi saya akan memberi Anda ikhtisar. Seluruh proses dimulai pada Januari atau Februari 2009, ketika saya sedang rapat dan manajer kantor datang dan berkata, "Saya memiliki panggilan untuk Anda." Saya mengatakan kepadanya bahwa saya sedang rapat dan dia berkata, "Ya, Saya tahu, tapi itu Steve Jobs. ”Lucunya, dia sebenarnya mengirimi saya email beberapa minggu sebelumnya, tapi saya tidak pernah melihatnya karena masuk ke folder spam saya!

Bagaimanapun, dia baru saja menelepon saluran kantor utama, jadi saya menelepon, dan dia berkata, “Hai, Omar, ini Steve Jobs. Apa kabar? Saya sangat suka apa yang Anda lakukan dengan AdMob, dan saya bertanya-tanya apakah Anda ingin datang ke rumah saya dan mengobrol tentang itu? "Saya berkata," Tentu, "jadi dia memberi saya alamatnya, dan saya pergi ke rumahnya bahwa malam.

Malam itu, kami berbicara tentang bisnis, dan Steve mengatakan bahwa dia benar-benar tertarik dengan apa yang kami lakukan dan dia ingin kami bergabung, tetapi persyaratannya tidak bagus. Kami mendiskusikannya lebih dari satu periode waktu tetapi kami tidak pernah bisa menyetujui persyaratan. Dia pada dasarnya ingin membayar kurang dari yang kami pikir itu layak jadi kami tidak siap untuk menjual. Sebenarnya ini adalah waktu yang sangat menguras tenaga karena dengan perusahaan besar seperti Apple, Anda diharapkan untuk berurusan dengan tim merger dan akuisisi, tetapi itu hanya Steve. Secara harafiah saya dan Steve bolak-balik, dan itu membuatnya menguras tenaga, bukan karena dia tetapi karena situasinya. Itu adalah hal yang luar biasa dari Steve, meskipun: meskipun Apple adalah perusahaan besar, dia mencoba mempertahankan bisnisnya seperti startup.

Segera setelah transaksi gagal, kami mendapat email dari Google, yang juga menyatakan minat dalam bisnis tersebut. Mengikuti apa yang telah terjadi dengan Apple, kami jauh lebih tegas dalam hal apa yang kami inginkan dan menjelaskan bahwa jika kesepakatan harus dilakukan, kami ingin persyaratan tertentu dan untuk itu harus diselesaikan pada tanggal tertentu. Kami sangat menyukai, "Jika ini akan terjadi, itu harus bergerak dengan kecepatan yang layak."

Untungnya, mereka sangat fleksibel dan akomodatif, dan saya pikir kesepakatan dibuat dalam waktu satu minggu dari mereka mendekati kami. Namun, setelah kesepakatan itu dibuat, bukannya merayakan, kami mendapat ulasan kedua dari F.T.C. (Federal Trade Commission), yang ingin meninjau kembali kesepakatan itu karena kami berada di ruang iklan seluler dan posisi Google dalam periklanan berarti mereka khawatir tentang bagaimana pasukan gabungan kami dapat melukai persaingan di bidang yang sama.

Peninjauan itu berarti kami memiliki delapan bulan limbo yang akhirnya menjadi sangat sulit karena kami tidak tahu apa yang akan terjadi, dan saya hanya tidak siap untuk itu. Saya juga tidak berpengetahuan luas di bidang ini karena sudah keluar dari tanggung jawab saya, pergi bolak-balik ke Washington. Saya telah pergi dari yang sangat tinggi ke tingkat yang sangat mengecewakan, yang sangat membuat frustrasi. Sebagai seorang wirausaha, saya benar-benar merasa bahwa ini bukan yang saya sudah daftarkan.

Newnham: Apakah ini berkontribusi pada Anda meninggalkan Google segera setelah kesepakatan selesai?
Hamoui: Setelah kami bergabung dengan Google, dan setelah periode peninjauan delapan bulan dengan F.T.C., euforia telah berkurang. Semua orang yang terlibat dengan peninjauan dari AdMob mengatakan itu adalah saat yang paling menegangkan, dan itu pasti memengaruhi perasaan kami ketika kami terintegrasi ke Google.

Juga, pada saat itu, bisnis harus terus berjalan, dan kami telah melakukannya dengan baik. Selama waktu itu, kami tidak dapat mengatakan bahwa kami adalah bagian dari Google, jadi kami harus terus melakukannya, dan kami mengembangkan perusahaan serta mendapatkan lebih banyak traksi dan pelanggan. Bahkan, kami melakukannya dengan sangat baik sehingga saya mempertanyakan apakah kami benar-benar perlu melakukan transaksi Google, bukan karena itu tidak baik tetapi lebih dari itu kami mampu mengembangkan perusahaan itu.

Selain itu, begitu kami berada di Google, ada berbagai lapisan manajemen yang disatukan untuk kolaborasi, dan saya merasa sepertinya saya tidak diperlukan. Ada orang yang melakukan pekerjaan yang telah saya lakukan, jadi saya merasa tidak diperlukan untuk membawa bisnis lebih jauh. Google tidak benar-benar senang tentang itu, tetapi mereka mengerti, dan itu sebabnya saya pergi.

“Nilai selalu dalam eksekusi - dan itu yang terbaik. Anda dapat memiliki ide, tetapi mengeksekusinya dengan baik adalah yang terpenting. ”
Newnham: Pelajaran apa yang Anda pikir Anda pelajari dari menjalankan dan menjual AdMob?
Hamoui: Saya belajar beberapa. Salah satunya adalah bahwa nilai selalu dalam eksekusi - dan itu yang terbaik. Anda dapat memiliki ide, tetapi mengeksekusinya dengan baik adalah yang terpenting. Lain adalah tentang menjadi koheren dari awal sampai akhir. AdMob tidak pernah berputar; itu tetap sama sejak awal.

Kami juga percaya pada nilai-nilai. Setelah Anda mendapatkan traksi, bergeraklah tetapi selalu berpegang pada nilai Anda. Sangat penting untuk tetap konsisten. Kami selalu memperlakukan pelanggan dan klien sama, dan teknologi kami melakukan apa yang dikatakannya, dan selalu menyampaikan apa yang dijanjikan.

Budaya juga sangat penting, dan tidak boleh diabaikan. Setelah Anda melewati, katakan, 70 staf, orang tidak bisa dan tidak akan melihat hanya satu pemimpin untuk memimpin budaya. Orang-orang biasanya mengatakan kepada saya betapa pentingnya memberi tahu staf Anda tentang budaya bisnis, dan saya tidak pernah mendapatkannya, tetapi begitu kami tumbuh sangat besar, saya benar-benar melakukannya.

Newnham: Jika Anda bisa, saran apa yang akan Anda tawarkan kepada Omar pra-AdMob yang lebih muda?
Hamoui: Nikmati pengalaman menjalankan startup yang sukses, karena ini adalah pengalaman sekali dalam seumur hidup. Jangan menunggu sampai terlambat untuk menikmatinya, karena Anda hanya dapat melakukannya sekali. Beberapa pengusaha terus mencapai kesuksesan yang sama berulang kali, bahkan mungkin tiga atau empat kali lipat, tetapi itu jarang terjadi. Sangat jarang karena bukan hanya Anda yang melakukannya. Ini adalah seluruh tim yang menciptakan sesuatu yang istimewa, dan membuat tim semacam itu bersama lagi tidak selalu terjadi.

Dan sekarang admob berjaya, selalu dipakai oleh para pencari dolar dan menjadi ladang rejeki untuk sebagian orang. Agar cepat cair bayaran dari google, jangan lupa menggunakan package name admob yang mahal memiliki CPC tinggi dan berkualitas seperti asuransi, bank, keuangan, kredit, otomotif, kesehatan, dan hosting.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait