Jenis Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui Namun Perlu Anda Jaga

Macam Macam Sumber Daya Alam yang dapat terkena - Sumber daya alam yang dapat dikeluarkan adalah sumber daya alam yang tersedia di alam selalu tersedia, dapat didaur Ulang atau dapat dihasilkan kembali. Contohnya adalah daya, udara, hewan dan tumbuhan. Berdasarkan asalnya, sumber daya alam yang dapat berupa, seperti sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati.

Sumber Daya Alam Hayati
Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari kehidupan tumbuhan, hewan dan hasil pertanian atau perkebunan.

1. Hewan
Hewan di indonesia bisa di golongkan menjadi dua, yaitu hewan liar dan hewan piaraan. Hewan liar adalah hewan yang hidup di alam bebas dan dapat mencari makan sendiri. Hewan pembohong tidak bisa makanan yang diberikan manusia. Ia hanya menggunakan makanan yang disediakan oleh alam. Beragam jenis hewan pembohong yang ada di antara berbagai jenis burung, ikan dan serangga. Beberapa di antara fauna yang dipromosikan oleh undang-undang dan dimasukkan ke dalam kategori Satwa yang dilarang untuk diperjualbelikan.

Hewan piaraan adalah hewan yang diperilahara manusia untuk menemukan hobi atau kesenangan semata, misalnya burung perkutut, marmut, kucing dan kakak tua. Hewan ternak termasuk hewan piaraan yang dikembangbiakkan untuk kemudian di manfaatkan atau diperjualbelikan hasil.

Jenis hewan yang diternakkan terdiri atas tiga jenis, yaitu hewan besar, hewan sedang, dan unggas. Contohnya yang digolongkan sebagai hewan besar, yaitu sapi, kerbau dan kuda. Beberapa hewan yang digolongkan sebagai hewan sedang adalah kambing, domba, dan kelinci. Seperti jenis unggas yang banyak diternakkan orang, misalnya ayam, bebek dan burung puyuh.

Hewan ternak digunakan daging, kulit, susu, telur, bulu, dan tenaganya. Hewan yang menggunakan daging sapi, kambing, ikan dan ayam. Hewan yang digunakan tenaganya misalnya kerbau dan kuda. Hewan yang menggunakan telurnya seperti ayam, itik dan burung puyuh. Sapi jenis-jenis tertentu yang bisa diasuh untuk memnuhi kebutuhan manusia.



Hewan termasuk kekayaan alam yang dapat lolos karena hewan dapat terus dibudidayakan dengan cara dikembangbiakkan. Untuk hewan hewan yang bahkan sudah sering dilakukan pembiakan buatan. Hal ini menghilangkan agar hewan yang tidak punah dari muka bumi. Sangat disayangkan jika hewan merupakan kekayaan alam di indonesia itu punah.




2. Tumbuhan

Sumberdaya alam berupa tumbuhan yang sangat berharga bagi makhluk hidup manusia. Tumbuhan yang ada dapat ditemukan dari hutan, lahan pertanian, dan perkebunan.

Sebuah. Hasil hutan


Hutan merupakan sebuah areal luas yang ditumbuhi beraneka ragam pepohonan. Dilihat dari arealnya, hutan dapat dibagi sebagai berikut

1. Hutan lindung, yaitu hutan yang bekerja melindungi tanah dari erosi, banjir dan tanah longsor. Dengan cara seperti itu, kesuburan tanah dan area resapan udara senantiasa perawan.

2. Hutan produksi, yaitu hutan yang berfungsi untuk menghasilkan berbagai produk industri dan bahan kebutuhan masyarakat, seperti kayu lapis, mebel, bahan bangunan dan kerajinan tangan.

3. Hutan wisata, yaitu hutan yang khusus untuk para wisatawan domestik (dalam negri) atau wisatawan mancanegara.

4. Hutan suaka alam, yaitu hutan yang berfungsi dan melindungi flora dan fauna.
Dari sumber daya hutan, banyak jenis kayu seperti rotan, pinus, jati, damar, mahoni, dan cendana. Selain itu, tersedia pula berbagai jenis hewan, bunga dan lain yang hidup langsung atau tidak langsung, mungkin juga bagi manusia.

Jika kita mampu mengelola dengan bijaksana, maka hutan akan terus menyediakan hasil yang dibutuhkan manusia. Boleh saja hutan, khusus hutan produksi atau hutan tanaman industri (HTI) ditebang, asal penanaman kembali harus segera dilaksanakan. Para penebang harus bisa memilih jenis pohon yang memang sudah layak ditebang. Selain itu, para pengusaha dan para penebang pohon juga harus mampu memilih kebutuhan dari hasil hutan yang diperlukan.

Penebangan hutan secara liar dan kebakaran hutan di indonesia banyak terjadi karena tindakan dari orang yang sangat tidak bertanggung jawab

b. Pertanian hingga saat ini masih menjadi sektor andalan bagi bangsa indonesia. Hal ini karena kebanyakan penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Oleh karena itu, negara indonesia seperti halnya negara agraris.

Pertanian di indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan, antara lain padi, jagung, kedelai, sayuran, cabai, bawang, dan berbagai macam buah buahan seperti jeruk, apel, mangga dan durian. Hasil pertanian itu bisa diperoleh melalui penanaman di lingkungan rumah atau pembudidayaan di lahan luas perkebunan yang luas.

Hasil pertanian tidak akan ada habisnya melewati kita dapat mengolah tanah pertanian dengan baik dan benar. Tumbuhan harus senantiasa diberi udara yang cukup dan jika perlu diberi pupuk. Kesehatan tumbuhan harus mendapat perhatian sampai menjelang tiba saja tiba

c. Perkebunan
Jenis tanaman perkebunan yang ada di indonesia Ada karet, coklat, teh, tembakau, kina, kelapa sawit, kapas, cengkih dan tebu. Beberapa jenis di antara tanaman tanaman itu adalah tanaman ekspor yang menghasilkan devisa atau cuci bagi negara. Ekspor hasil peerkebunan indonesia dilakukan ke beberapa negara, antara lain Inggris, Belanda dan Jepang.

b. Sumber daya Alam non Hayati
Sumber daya alam non hayati adalah sumber daya alam, udara dan barang logam.

1. Udara



Air digunakan oleh manusia untuk berbagai keperluan, seperti irigasi, memasak, mencuci, minum, olahraga, dan pembangkit listrik. Sumber daya udara bisa berasal dari sungai, laut dan danau. Dari desktop sumber daya yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia, antara lain sebagai berikut.

Sebuah. Untuk sarana transportasi, misalnya Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, Gillimanuk, Tanjung Priok, Batam, Tanjung Perak, dan Pelabuhan Belawan.

b. Untuk rekreasi dan pariwisata, misalnya Anyer, Kuta, Carita, Pelabuhan Ratu, Parangtritis, Pangandaran. Pemandian udara panas simpang balik (Aceh), Danau Kerjali (Jambi), Sungai barito dan lain sebagainya.

c. Untuk kepentingan pembangkit listrik tenaga air (PLTA), misalnya Saguling dan Jatiluhur di Jawa Barat, Asahan di Sumatra Utara, Karangkates di Jawa Timur, Danau Maninjau di Sumatra Barat, dan Sadang di Sulawesi Selatan.

2. Tanah
Tanah adalah lapisan kulit yang terbuat dari pelapukan batu dan bahan organik yang rusak oleh proses alamiah. Bahan organik merupakan bahan hidup yang telah mati. Oleh karena itu alam termasuk sumber daya alam yang dapat dipesan.

Tanah yang subur banyak di manfaatkan untuk pertanian. Tanah tanah yang subur biasanya ada di dataran rendah yang merupakan kawasan endapan sungai. Tanah ini disebut dengan tanah endapan atau tanah aluvial.

Pertanian mengupayakan tanaman pangan, seperti padi, jagung dan sagu, palawijaya yang terdiri dari ubi ubian dan kacang kacangan dan hortikultura yang mencakup berbagai jenis sayran dan buahan.

3. Udara
Udara sangat diperlukan setiap makhluk hidup untuk pernapasan. disamping itu udara juga digunakan untuk kegiatan olahraga seperti terjun payung dan gatole. Para nelayan pun menggunakan udara melalui tenaga angin untuk penggerak pelahu layar.

Udara bergerak.
Udara yang bergerak dan berpindah tempat disebut angin. Lapisan udara angkasa di muka bumi. Udara yang menyelimuti bumi disebut atmosfer. Udara teridiri dari berbagai gas. Bagian gas yang membentuk udara terbanyak adalah nitrogen, oksigen, argon, karbon dioksida, neon, helium, ozon, hidrogen, kripton dan kumpulan gas lain.

Artikel Terkait