Gejala Kanker Ovarium Wajib Anda Ketahui Mulai Sekarang

Ayo Cek Kesehatan - Kanker ovarium adalah kanker ovarium, dua organ kecil berbentuk almond yang terletak di kedua sisi rahim.

Itu terjadi ketika sel membelah dan berkembang biak dengan cara yang abnormal dan tidak diatur. Sebagian besar kanker ovarium mulai di lapisan luar ovarium. Kanker ovarium adalah bentuk kanker paling umum ke-5 pada wanita di seluruh dunia. Segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang Kanker Ovarium.

Apa tanda dan gejala awal kanker ovarium?
Pada tahap awal, sulit untuk menentukan gejala kanker ovarium karena mereka menyerupai gejala kondisi lain seperti sindrom pramenstruasi, infeksi saluran kemih, sindrom iritasi usus atau masalah terkait kandung kemih lainnya.

Namun, tidak seperti penyakit lain, gejala kanker ovarium memburuk secara bertahap. Jika Anda memperhatikan gejala-gejala ini, yang persisten dan memburuk, temui Dokter Kandungan Anda atau Penyedia Perawatan Kesehatan terdekat segera.
  • Nyeri di daerah perut bagian bawah.
  • Nyeri di daerah panggul.
  • Sakit punggung.
  • Perut bengkak.
  • Lebih sering buang air kecil.
  • Kembung.
  • Sembelit.
  • Nyeri saat berhubungan.
  • Pendarahan vagina, terutama setelah menopause.
  • Penurunan berat badan yang tidak disengaja dan tiba-tiba.
  • Perlu diingat, bahwa jika gejala awal berlangsung selama lebih dari tiga minggu, temui penyedia perawatan kesehatan Anda segera.
Bisakah melewatkan periode menjadi tanda kanker ovarium?
Periode yang terlewat biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Mereka biasanya menunjukkan ke arah kehamilan, gaya hidup yang tidak tepat, stres atau ketidakseimbangan hormon.


Dapat melewatkan waktu menjadi tanda Kanker Ovarium

Suatu periode dianggap tidak terjawab ketika seluruh siklus 28 hari dilewati. Perlu diingat bahwa lamanya siklus ini dapat bervariasi pada sebagian wanita. Irregular atau missed periods bukan tanda paling umum dari kanker ovarium tetapi mereka dapat meningkatkan risiko Anda menderita kanker ovarium.

Hubungi dokter Anda jika Anda bergumul atau memiliki riwayat menstruasi yang tidak teratur atau tidak terjawab.

Siapa yang berisiko tinggi terkena kanker ovarium?
Semua wanita beresiko untuk kanker ovarium, dengan kemungkinan 1 dari 75 wanita mengembangkan penyakit ini dalam hidup mereka.

Namun, kemungkinan mengembangkan penyakit menjadi lebih tinggi jika -
  • Anda telah melewati usia 40 - Kanker ovarium jarang ditemukan pada wanita yang berusia di bawah 40 tahun.
  • Anda telah mengalami menopause. Sebagian besar kanker ovarium diamati berkembang setelah menopause.
  • Anda memiliki riwayat keluarga ovarium atau kanker payudara. Jika Anda memiliki riwayat keluarga ovarium atau kanker payudara, Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Mutasi kanker dapat diwariskan dan diwariskan kepada generasi.
  • Anda telah didiagnosis menderita kanker payudara sebelumnya - Memiliki riwayat pribadi kanker payudara juga menempatkan Anda pada risiko tinggi terkena kanker ovarium.
  • Jika Anda kelebihan berat badan dan memiliki BMI 30 atau lebih-Obes wanita memiliki risiko lebih besar terkena kanker ovarium.
  • Berapa lama Anda harus hidup dengan kanker ovarium stadium 4?
  • Semakin dini penyakit terdeteksi, semakin baik peluang untuk bertahan hidup. Jika didiagnosis pada stadium 1, kemungkinan bertahan hidup setinggi 90%. Jika terdeteksi pada tahap selanjutnya, angka ini dapat turun ke 46 - 50%.
Jenis kanker ovarium akan membentuk perawatan, gejala, dan kemungkinan seseorang untuk bertahan hidup. Jika kanker menyebar di luar ovarium, kemungkinan bertahan hidup menjadi serendah 17%.

Bisakah Anda mencegah kanker ovarium?
Anda tidak dapat mencegahnya, tetapi ada beberapa cara Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker ovarium. Beberapa dari mereka adalah -
  • Hidup gaya hidup sehat.
  • Menghindari merokok dan minum alkohol.
  • Mempertahankan berat badan dalam BMI normal.
  • Beberapa peneliti juga menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi pil KB berisiko lebih rendah terkena kanker ovarium.
Namun, perlu dicatat bahwa konsumsi pil KB hanya boleh dilakukan untuk alasan medis yang sah di bawah pengawasan penyedia layanan kesehatan Anda.

Bisakah Anda sepenuhnya sembuh dari kanker ovarium?
Jika didiagnosis pada tahap awal, kanker ovarium dapat disembuhkan sepenuhnya. Selama tahap awal, operasi adalah satu-satunya pengobatan yang dibutuhkan dan tingkat ketahanan hidup tinggi.

Namun, wanita yang didiagnosis pada stadium yang lebih maju atau terminal memiliki kesempatan yang relatif lebih rendah untuk sembuh sepenuhnya. Kombinasi operasi dan kemoterapi digunakan dalam tahap yang lebih lanjut.

Apa Tahapan Kanker Ovarium?
Tahapan kanker ovarium menunjukkan ke arah penyebaran kanker secara keseluruhan. 4 tahap kanker ovarium adalah -

# 1 Tahap satu-
Pada tahap ini, sel kanker hanya mempengaruhi satu atau kedua indung telur. Peluang bertahan hidup paling tinggi pada tahap ini.

# 2 Tahap dua
Kanker sekarang mulai menyebar di luar indung telur. Organ-organ lain di dalam panggul, seperti rahim, saluran tuba, kandung kemih, atau dubur beresiko.

# 3 Tahap tiga
Kanker sekarang mempengaruhi lapisan perut atau kelenjar getah bening di belakang perut.

# 4 Tahap empat-
Kanker menyebar bahkan lebih sekarang. Area yang mungkin terpengaruh termasuk hati, limpa, dan cairan di sekitar paru-paru.

Seberapa parah stadium 4 kanker ovarium?
Tahap 4 adalah tahap terminal kanker ovarium. Kebanyakan wanita yang didiagnosis dengan kanker ovarium stadium 4 ditemukan memiliki tingkat kelangsungan hidup 5 tahun.

Perawatan untuk kanker ovarium stadium 4 terdiri dari operasi di mana tumor dihilangkan sebanyak mungkin. Kemoterapi diberikan secara bersamaan untuk memastikan bahwa penyebaran sel kanker dihentikan dan beberapa sel kanker dihancurkan.

Bagaimana cara mendapatkan Kanker Ovarian Didiagnosis?
Bertemu dengan dokter Anda sangat penting jika Anda mengalami tanda dan gejala yang mengindikasikan kanker ovarium.

Dokter Anda akan mengajukan pertanyaan tentang gejala yang Anda alami.

Diagnosis Kanker Ovarium

Dia akan mengambil riwayat keluarga Anda, dan melakukan pemeriksaan panggul untuk mendeteksi adanya kelainan yang teraba di rahim atau indung telur.

Selain ini, tes berikut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi kanker ovarium -
  • Tes darah
  • Aspirasi cairan abdomen
  • Tes pencitraan seperti ultrasound, CT scan atau MRI
  • Penanda kanker seperti CA - 125
  • Laparoskopi
  • Kolonoskopi
  • Biopsi
  • Diagnosis akhir akan dibuat oleh dokter Anda setelah melihat hasil tes Anda. Jika kanker terdeteksi, perawatan Anda akan terbentuk sesuai dengan stadium kanker Anda.
Perawatan apa yang tersedia untuk Kanker Ovarium?
Perawatan yang tersedia untuk kanker ovarium adalah operasi, kemoterapi, terapi radiasi, terapi hormon, atau terapi yang ditargetkan.

Durasi dan jenis perawatan dapat bervariasi dengan jenis kanker ovarium. Sering lebih dari satu pengobatan digunakan untuk mengobati kanker. Kursus dan jenis perawatan tergantung pada banyak faktor. Panggung dan tingkat, serta kesehatan umum pasien, dipertimbangkan.

Kesimpulan
Keberhasilan pengobatan kanker ovarium adalah mungkin. Namun, itu sangat tergantung pada tahap di mana kanker didiagnosis. Penting untuk mengamati status kesehatan Anda dan tingkat keparahan gejala untuk memastikan diagnosis dilakukan sedini mungkin.

Bersikaplah terbuka mengenai kondisi Anda kepada dokter dan ajukan pertanyaan tentang perawatan Anda. Simpan catatan obat Anda dan pastikan Anda mengikuti semua saran dokter. Tetap berhubungan dengan ginekolog Anda dan lakukan pemeriksaan dari waktu ke waktu sehingga kanker ovarium jika ada terdeteksi dini.

Terima kasih telah membaca Artikel ini.

Kami mendorong Anda untuk berbagi pengalaman dan sudut pandang serupa Anda tentang topik ini, di bawah ini di bagian komentar.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share Gejala Kanker Ovarium Wajib Anda Ketahui Mulai Sekarang agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait