Gangguan Cerebral palsy Pada Anak Jangan Anggap Enteng, Baca Ini Ayah Bunda

Ayo Sehat - Cerebral palsy adalah gangguan yang mempengaruhi keterampilan sensorik dan motorik. Biasanya disebabkan oleh kerusakan otak yang mungkin terjadi selama kehamilan, persalinan, dan 3 hingga 5 tahun pertama kehidupan anak karena beberapa alasan yang dibahas di bawah.

Mengapa Beberapa Bayi Lahir Dengan Cerebral Palsy?
Cerebral palsy dapat disebabkan oleh :
  • Masalah terjadi selama kehamilan. Otak janin dalam beberapa kasus kehamilan yang rumit dapat rusak, terbelakang atau berkembang secara tidak normal.
  • Kerusakan ini dapat disebabkan karena infeksi, masalah kesehatan ibu atau kelainan genetik.
  • Masalah selama persalinan dan persalinan juga bisa menyebabkan cerebral palsy. Persalinan yang sulit atau berkepanjangan dapat menyebabkan kurangnya suplai oksigen ke otak. Trauma kepala saat persalinan juga dapat menyebabkan kerusakan pada otak.
  • Bayi prematur biasanya berisiko lebih besar mengalami cerebral palsy daripada bayi yang dibawa ke jangka panjang.
Faktor-faktor lain seperti keracunan timbal atau meningitis bakterial pada awal masa bayi atau masa kanak-kanak juga dapat menyebabkan cerebral palsy.

Apa Efek Cerebral Palsy pada Perkembangan Anak?

# 1 Masalah Terkait Pertumbuhan
Kerusakan otak pada cerebral palsy dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kehilangan penglihatan, masalah dalam mendengar, cacat bicara dan ketidakmampuan belajar.

Pertumbuhan anak menghambat karena cerebral palsy

# 2 Standing and Maintance Balance
Karena cerebral palsy mempengaruhi kontrol dan koordinasi otot secara keseluruhan, bahkan gerakan sederhana seperti berdiri diam dan menjaga keseimbangan itu sulit.

# 3 Fungsi Hidup Reguler
Fungsi lain seperti pernapasan, kandung kemih dan kontrol usus, makan, dan berbicara juga dapat terpengaruh ketika seorang anak memiliki cerebral palsy.

Apa Harapan Hidup Seorang Anak Dengan Cerebral Palsy?
Sebagian besar orang tua khawatir tentang masa depan anak mereka. Harapan hidup seorang anak yang menderita cerebral palsy tergantung pada tingkat keparahan kondisi tersebut.



Seorang anak yang menderita kasus ringan cerebral palsy biasanya hidup lebih lama daripada anak yang menderita komplikasi.

Mengikuti saran dari penyedia layanan kesehatan Anda, mengambil perawatan yang tepat dan menjalani terapi yang tersedia dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan itu harapan keseluruhan.

Bagaimana Cerebral Palsy mempengaruhi Perkembangan Anak Secara Keseluruhan?
Berbagai tingkat kecacatan fisik diamati pada anak-anak yang menderita cerebral palsy. Beberapa anak mungkin menderita hanya dari bentuk gangguan ringan, sementara yang lain dapat sangat terpengaruh tergantung pada tingkat kerusakan otak.

perkembangan bayi menderita cerebral palsy

Seorang anak dengan cerebral palsy dapat menderita masalah medis seperti -
  • Perkembangan tertunda atau lambat.
  • Seizure
  • Gangguan visual
  • Kebutaan
  • Kehilangan pendengaran
  • Masalah ucapan.
  • Berlebihan air liur dan meneteskan air liur.
  • Gangguan tidur
  • Kelemahan tulang
  • Masalah perilaku
  • Masalah komunikasi.
  • Berbagai cacat intelektual.
  • Beberapa anak juga dapat mengalami aspirasi makanan di mana makanan atau cairan masuk ke paru-paru atau gastroesophageal reflux yang melibatkan meludahnya makanan.
Apakah Ada Obat untuk Cerebral Palsy?
Hingga saat ini, tidak ada obat yang ditemukan untuk cerebral palsy tetapi terapi alternatif tersedia untuk membantu anak-anak berjuang dengan hal yang sama.

Dalam beberapa kasus, operasi juga dapat membantu anak-anak yang hidup dengan kondisi ini.

Diagnosa dan Perawatan untuk Cerebral Palsy
Jika Anda mengamati tanda & gejala serupa yang disebutkan di atas, penting bagi Anda untuk membawa anak Anda ke Dokter Anak yang dapat menilai lebih lanjut apakah anak Anda memiliki cerebral palsy atau tidak.

Serangkaian tes laboratorium, MRI, USG kranial dan EEG akan dilakukan untuk menilai apakah anak memiliki cerebral palsy atau tidak. Tes-tes ini juga akan menentukan tingkat kerusakan otak dan kemungkinan penyebabnya.

Cerebral palsy membutuhkan perawatan dan pengobatan jangka panjang.

Dokter mengeluarkan bayi untuk cerebral palsy

Karena itu penting bagi Anda untuk mengunjungi dan berkonsultasi -

# 1 Dokter Anak -

Dokter Anak akan menilai perkembangan keseluruhan anak Anda dan membantu Anda memahami kemungkinan perawatan yang dapat membantu anak Anda.

# 2 Ahli saraf pediatrik -

Penting bahwa Anda melibatkan atau mengambil pendapat dari dokter medis profesional dan terlatih yang dapat mengevaluasi perkembangan neurologis anak Anda. Seorang Ahli Saraf Pediatric akan mengobati gangguan neurologis anak Anda dan menasihati Anda bagaimana mengelolanya.

# 3 Ahli bedah ortopedi -

Anak-anak yang menderita cerebral palsy memiliki struktur tulang dan otot yang lemah dan kurang berkembang. Seorang ahli bedah ortopedi akan memeriksa tulang dan perkembangan otot anak Anda dan memastikan bahwa anak Anda diperlakukan dengan tepat.

# 4 Fisioterapis -

Terapi fisik dapat membantu anak Anda meningkatkan kekuatan otot dan kemampuan koordinasi. Seorang fisioterapis tidak hanya akan merekomendasikan latihan yang penting untuk si kecil Anda, tetapi juga akan memastikan bahwa latihan itu dilakukan dengan benar untuk hasil yang lebih efektif.

# 5 Pidato & terapi bahasa-

Terapis bicara dapat menentukan dan mengevaluasi perkembangan dan gangguan bicara anak Anda yang terkait dengannya. Bersamaan dengan ini, terapis Anda juga akan menawarkan kursus yang benar dan efektif. Perawatan yang akan membantu anak Anda meningkatkan kemampuan berbicara dan ketrampilan berbahasa.

# 6 Psikiater atau Psikolog -

Seorang spesialis kesehatan mental dapat dilibatkan dalam perawatan anak Anda. Dia dapat membantu Anda memahami dan menerima situasi Anda. Dokter Anda juga akan membantu Anda dan anak Anda belajar mengatasi semua kesulitan dengan cara yang lebih baik.

Obat untuk Cerebral Palsy
Dokter Anda dapat meresepkan obat yang dapat memperbaiki kondisi otot anak Anda. Beberapa obat juga dapat meningkatkan kemampuan fungsional, mengurangi air liur, secara efektif mengobati rasa sakit dan membantu mengelola komplikasi lain yang terkait dengan kondisi anak Anda.

Penting bagi Anda untuk mendiskusikan perawatan obat yang tersedia, keefektifannya, dan risiko yang terkait dengannya. Pastikan Anda bertemu dokter dan diskusikan apakah perawatan medis yang ditawarkan sesuai untuk kondisi anak Anda atau tidak.

Bedah untuk Cerebral Palsy
Bedah ortopedi dapat memperbaiki kondisi anak-anak yang menderita kelainan otot dan tulang yang parah. Prosedur bedah dapat membantu memperpanjang otot dan tendon yang terlalu pendek dibandingkan dengan tubuh.

Koreksi bedah dapat meningkatkan mobilitas sendi. Mereka juga memperbaiki struktur tubuh secara keseluruhan dan mengurangi rasa sakit.

Apa yang Dapat Anda Lakukan Sebagai Orang Tua untuk Anak Anda?
  • Perhatikan dan tuliskan gejala anak Anda saat ini. Dokumentasikan perubahan yang terjadi dalam hidupnya selama perawatannya.
  • Buat daftar obat dan suplemen anak Anda. Lakukan diskusi mendetail dengan dokter Anda mengenai dosis dan durasinya.
  • Buat daftar pertanyaan yang perlu Anda tanyakan kepada dokter Anda pada kunjungan Anda berikutnya.
  • Anda juga dapat meminta seorang teman untuk menemani Anda selama kunjungan Anda ke dokter sehingga lebih banyak informasi dipahami dan disimpan.
KESIMPULAN
Sangat penting bahwa Anda membawa anak Anda ke semua kunjungan yang dijadwalkan secara teratur dan janji temu bulanan. Kunjungan ini sangat penting karena mereka membantu dokter bayi Anda untuk memantau perkembangan keterampilan sensorik dan motoriknya sesuai dengan usianya.

Anak-anak yang menderita cerebral palsy membutuhkan perawatan dan perhatian cinta bersama dengan perawatan medis yang tepat yang menjamin kehidupan yang lebih sehat.

Jangan ragu untuk bertanya atau berbicara demi anak Anda. Ajukan pertanyaan mengenai perawatan dan perbaikan anak Anda ke dokter, terapis, dan pengajarnya.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait