Cara Mempersiapkan Anak Anda untuk masuk PAUD / TK

Ayo Sekolah - Anak Anda ingin pergi ke prasekolah atau biasa yang disebut Pendidikan Anaka Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) untuk pertama kalinya adalah saat yang ditunggu semua orang tua. Ini adalah tonggak utama dalam hidup mereka. Anak memiliki kehidupan yang terlindung di dalam keluarga dan prasekolah umumnya merupakan pemaparan pertama yang diberikan anak kepada anak-anak dan orang dewasa lainnya untuk jangka waktu yang lama.

Pelajari Cara Mempersiapkan Anak Anda untuk masuk Prasekolah (PAUD / TK)

Sedikit kekhawatiran di pihak orangtua dan anak-anak adalah hal yang alami. Anak perlu bersiap untuk mengharapkan perubahan di dunia kecil mereka ketika mereka mulai prasekolah. Orang tua harus idealnya mempersiapkan balita mereka untuk prasekolah minggu sebelum hari besar.

Tantangan saat Mempersiapkan Balita untuk Preschool (PAUD / TK)
Ada banyak perubahan dalam kehidupan anak-anak ketika mereka memasuki pendidikan dasar atau dasar. Mereka membutuhkan dukungan emosional dan mental untuk menyesuaikan diri dengan baik di sekolah. Preschool dapat menjadi tempat yang menakutkan selama beberapa hari pertama karena ini untuk pertama kalinya bahwa anak tersebut telah tanpa orang tua atau tempat yang akrab untuk beberapa waktu.

Ada beberapa tantangan yang dihadapi orang tua ketika mengirim anak-anak mereka ke sekolah.

anak yang tidak bahagia di prasekolah

# 1 Tidak mau pergi ke sekolah
Orang tua dapat menghadapi situasi di mana anak tidak mau pergi ke sekolah. Sebagai orang tua, kita tidak dapat benar-benar memahami bagaimana dunia nyata yang dihadapi balita dalam perjalanan pendidikan dasar dapat mempengaruhi anak. Ini adalah pengalaman baru dan anak perlu dilonggarkan ke dalam situasi.

# 2 Beradaptasi dengan Rutin Baru
Anak kecil itu terbiasa bangun pada waktu tertentu dan makan atau tidur pada waktu tertentu. Balita mungkin merasa sulit dan stres untuk beradaptasi dengan timing baru. Itu bisa membuat mereka rewel dan cengeng. Ini dapat mengganggu keseimbangan mereka dan membuat mereka tidak mau pergi ke sekolah atau menikmati hari mereka di prasekolah.



# 3 Kurangnya Pelatihan Toilet yang Tepat
Anak-anak prasekolah kadang-kadang tidak sepenuhnya dilatih di toilet dan jadwal sekolah mungkin mengganggu rutinitas yang telah ditetapkan di rumah. Insiden dapat terjadi yang dapat membuat anak lengah atau mempermalukan mereka.

# 4 Menjadi Introvert
Anak tidak terbiasa dengan situasi kelas dan mungkin tidak terikat dengan guru. Mereka juga mungkin khawatir bertemu dengan sekelompok anak-anak jika mereka berasal dari keluarga anak tunggal. Rasa malu dapat mencegah anak berpartisipasi dalam kegiatan kelas.

Bagaimana cara memastikan anak Anda nyaman di prasekolah?
Perilaku agresif atau kurangnya komunikasi yang ekstrim dapat menjadi gejala bahwa anak prasekolah Anda tidak nyaman di sekolah.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk memastikan bahwa anak mereka siap untuk bersekolah.

secara pribadi drop anak Anda ke prasekolah

# 1 Buat anak Anda Nyaman dengan Rutinitas Baru
Langkah pertama adalah memastikan bahwa anak itu berada dalam zona nyamannya. Begitu Anda tahu sekolah mana yang akan dikunjungi anak Anda, berusahalah untuk mengetahui jadwal mereka.

Mulailah melatih anak Anda untuk mengikuti rutin tidur, tidur, makan dan mungkin pergi ke kamar mandi sesuai jadwal. Anak kecil dapat bereaksi buruk jika Anda mengurasnya dari rutinitas yang menghibur.

# 2 Bekerja untuk Mengurangi Kecemasan Pemisahan
Setelah anak mulai pergi ke sekolah, silakan menemani mereka ke kelas mereka dan meyakinkan mereka bahwa Anda akan menunggu mereka di luar kelas atau sekolah. Beberapa prasekolah mengizinkan orang tua untuk perlahan-lahan mengurangi waktu mereka di ruang kelas bersama anak.

Ini dapat membantu mengurangi kecemasan perpisahan pada anak-anak yang akhirnya akan membuat sikap kurang agresif dan memberontak pada anak.

# 3 Dapatkan Anak Anda Berkenalan dengan budaya
Orang tua dapat menunjukkan kepada anak bahwa sekolah adalah tempat yang semua anak pergi dan menyamakannya dengan fakta bahwa orang dewasa harus pergi bekerja.

Kesimpulan
Sikap kecil dari orang tua dan sedikit persiapan dapat membuat beradaptasi dengan pendidikan dasar menjadi mudah bagi anak. Anak belajar untuk menikmati sekolah dan ini menciptakan dasar yang kuat untuk perkembangan sekolah.

Preschool adalah fondasi untuk pendidikan tinggi dan anak yang bahagia dan terbiasa di tahun pendidikan dasar lebih mungkin untuk menjadi sukses dalam kehidupan karena kepribadian dan sikap anak terbentuk di tahun-tahun ini.

Kami mendorong Anda untuk berbagi pengalaman serupa yang Anda, teman Anda atau seseorang kenal ketika mengirim anak Anda ke prasekolah untuk pertama kalinya, di bagian komentar di bawah.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait