8 Tips Agar Bayi Tidak Menangis Setelah Vaksinasi

Ayo Belajar - 8 Tips untuk Menenangkan Bayi Anda Setelah Vaksinasi - Disuntik pasti terdengar tidak menyenangkan. Orangtua, terutama ibu-ibu takut membayangkan bayi mereka divaksinasi. Sangat alami untuk merasa cemas selama keseluruhan proses, bagi sebagian orang, ini mungkin terasa seperti mimpi buruk.

Tetapi pada akhirnya, itu semua layak untuk perawatan bayi Anda. Memahami pentingnya vaksinasi. Vaksinasi membuat anak Anda tahan terhadap banyak penyakit berbahaya dan juga melindungi masyarakat. Ikuti jadwal vaksinasi yang tepat untuk bayi Anda.

8 Tips Agar Bayi Tidak Menangis

Jika anak Anda akan divaksinasi, Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui -
Anda mungkin mengharapkan beberapa efek samping yang normal seperti -

  • Sedikit kemerahan saat melihat suntikan.
  • Pembengkakan ringan saat melihat suntikan.
  • Sedikit nyeri saat melihat suntikan.
  • Sifat lekas marah.
  • Suhu tinggi atau demam.
  • Kehilangan selera makan.

Ini mungkin tampak sedikit menakutkan tetapi mereka cenderung tidak membahayakan anak Anda. Nyeri bersifat sementara, begitu juga demam dan efek samping lainnya yang melebihi manfaatnya.

Dokter Anak Anda akan memberi tahu Anda tentang apa yang harus dilakukan dan tidak diberikan setelah vaksinasi dan juga akan meresepkan obat yang benar yang akan membantu menenangkan anak Anda.



Berikut beberapa kiat untuk menenangkan anak Anda setelah vaksinasi-

# 1 Tetap Dekat dengan Bayi Anda
Bayi suka sekali perhatian. Kontak kulit ke kulit dengan ibu meyakinkan anak.

Jika anak Anda merasa tidak nyaman dan tidak dapat tidur dengan baik setelah vaksinasi, jagalah dia dan cobalah untuk membuatnya tertidur.

Dia akan merasa terlindungi dan ini akan membantu mengurangi rasa sakit. Anda juga dapat menggendong bayi Anda di posisi tertentu di mana ia cukup nyaman untuk memberi makan, beristirahat dan tidur.

# 2 Beri Dia Kenyamanan
menghibur bayi setelah vaksinasi

Bayi Anda bisa menjadi vaksinasi pasca-jengkel. Jaga bayi Anda di ruang yang tenang dan nyaman. Pastikan dia mengenakan pakaian longgar dan nyaman yang tidak ketat di sekitar tempat suntikan.

Pastikan ketika dia tidur, dia tidak terganggu dan kamu dekat dengannya.

# 3 Gunakan Kompres Dingin
Bayi Anda kemungkinan besar akan merasakan ketidaknyamanan dan rasa sakit setelah vaksinasi. Tempat suntikan bisa menjadi nyeri, bengkak dan merah.

Gunakan kain bersih dingin atau kompres es untuk membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi kemerahan. Jika kemerahan dan bengkak tidak mereda dalam satu atau dua hari, periksa.

# 4 Alihkan Bayi
Mainkan permainan distraksi. Jika bayi Anda terlalu banyak menangis dan banyak berfokus pada rasa sakit, cobalah mengalihkan perhatiannya.

mengalihkan perhatian bayi setelah vaksinasi

Beri dia mainan baru untuk menarik perhatiannya untuk sementara waktu. Nyanyikan sajak, bacakan cerita atau tunjukkan padanya pertunjukan kartun favoritnya.

# 5 Feed Your Baby
Sangat penting untuk memberi makan anak Anda dengan benar setelah vaksinasi. Makan akan memuaskan dia dan membantunya tenang. Seluruh tindakan memberi makan juga dapat mengalihkan perhatian anak Anda dari rasa sakit.

Bayi Anda mungkin menjadi sedikit rewel saat menyusui. Pegang dia dalam posisi yang nyaman dan cobalah untuk memberinya makan.

Namun, jika dia menyangkal makanan terlalu lama bertemu dengan dokter anak.

# 6 Menangani Demam
Anak Anda mungkin menderita demam setelah vaksinasi. Jaga anak di ruangan yang nyaman, Anda juga dapat mengambil kain basah dan tetap di atas kepalanya untuk menurunkan suhu.

Demam bisa berlangsung hingga 48 jam dan benar-benar normal.

# 7 Jangan Self-Medicate
Temui Dokter Anak Anda & dapatkan resep obat yang tepat. Dokter Anak Tahu yang Terbaik tentang pengobatan bayi.

jangan mengobati sendiri bayi untuk menenangkan rasa sakit setelah vaksinasi

Jadi sangat penting untuk bertemu dokter anak Anda sebelum dan sesudah anak Anda divaksinasi. Dokter anak akan memeriksa jadwal vaksinasi bayi Anda dan memeriksanya sebelum dan sesudah vaksinasi untuk memastikan bahwa ia sehat dan baik-baik saja.

Jika bayi Anda sangat tidak nyaman dan banyak menderita setelah vaksinasi, dokter Anda akan meresepkan obat dan perawatan yang diperlukan yang akan membantu bayi Anda merasa lebih baik.

# 8 Tetap Siaga
Segera cari pertolongan medis jika -

  • Demam tinggi (lebih dari 100,4 ℃) berlangsung selama lebih dari 2 hari.
  • Anak Anda mengalami sakit kepala yang hebat, sakit telinga atau nyeri di persendian dan tungkainya setelah vaksinasi.
  • Bayi mengalami ruam hebat dan menunjukkan tanda-tanda reaksi alergi seperti gatal-gatal, kesulitan menelan dan gatal-gatal hebat.
  • Si kecil Anda menderita karena kesakitan, kejang, atau kejang.
  • Anak Anda merasa lemah, pusing dan memiliki detak jantung yang cepat.
  • Selalu ingat,

Cobalah untuk mendapatkan anak Anda divaksinasi bahkan jika Anda sedikit takut dengan efek sampingnya. Anda selalu bisa menghadapi ketidaknyamanan sementara yang menyertainya sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bagikan pengalaman Anda ketika Anda mendapatkan bayi Anda divaksinasi dan bagaimana situasinya setelah itu, di komentar di bawah.

Selamat Mengasuh Anak!

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait