20 Tips Kehamilan Agar Bayi Sehat, Cerdas dan Lincah

Ayo Sehat - 20 Tips Kehamilan untuk Bayi Sehat - Hai, ibu baru! Hitungan mundur telah dimulai dan Anda mungkin lebih siap sekarang daripada sebelumnya. Dengan semua saran kehamilan datang Anda menyadari bahwa beberapa dari itu berguna dan sisanya - oh baik, tidak begitu banyak.

Untuk menjernihkan pikiran Anda dari semua kebingungan, kami telah mencatat 20 kiat kehamilan untuk membantu Anda memastikan kehamilan yang aman dan sehat. Jadi, begini:

1) Dehidrasi
Sebagai wanita hamil, Anda membutuhkan lebih banyak air daripada rata-rata individu. Air memainkan peran penting dalam membentuk plasenta serta kantung ketuban di kemudian hari dalam kehamilan Anda.

Oleh karena itu, menjadi penting untuk tetap terhidrasi dengan baik setiap saat.

2) Bantal
Ketika kehamilan Anda mulai membesar, benjolan bayi membesar dan menjadi sulit untuk tidur. Jauhkan bantal di antara kedua kaki Anda saat tidur di sisi Anda atau gunakan untuk menopang punggung Anda.



3) Hindari makanan berikut:

Pastikan bahwa diet kehamilan Anda tidak termasuk makanan berikut, seperti yang disarankan oleh American Pregnancy Association

Daging mentah dan telur: Daging dan telur mentah atau setengah matang mungkin terkontaminasi dengan bakteri berbahaya.
Beberapa jenis ikan: Ikan yang mengandung merkuri tingkat tinggi harus dihindari. Konsumsi merkuri telah dikaitkan dengan kerusakan otak dan keterlambatan perkembangan.
Beberapa ikan yang diketahui terkontaminasi adalah ikan todak dan mackerel.

Tingginya kadar kafein: Konsumsi kafein yang berlebihan telah dikaitkan dengan keguguran. Karena kafein bersifat diuretik, kafein menghilangkan cairan dari tubuh kita. Ini dapat menyebabkan kehilangan air dan kalsium. Batasi konsumsi kafein hingga 200 mg per hari.

Makanan laut asap: Makanan laut yang didinginkan atau diasapi bisa terkontaminasi dengan listeria. Mereka dapat dengan aman dimakan ketika mereka dimasak secara menyeluruh.

Susu dan jus yang tidak dipasteurisasi: Seperti makanan laut asap, susu yang tidak dipasteurisasi dan jus buah juga dapat mengandung listeria. Jadi sebelum menenggak segelas besar susu atau jus, pastikan sudah dipasteurisasi.

Kerang mentah: Seafood yang belum matang, kerang tertentu seperti kerang dan tiram dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Mereka menimbulkan kekhawatiran bagi semua orang dan harus dihindari selama kehamilan.

Keju lunak: Keju lunak seperti Brie, Feta, Camembert, dan Roquefort harus dihindari karena mereka mungkin rumah listeria. Namun, jika Anda ingin memanjakan mereka, Anda harus yakin bahwa mereka terbuat dari susu yang dipasteurisasi.

Buah dan sayuran yang tidak dicuci: Buah dan sayuran yang tidak dicuci menjadi tercemar oleh bakteri berbahaya. Bilas dengan benar di bawah air mengalir sebelum memakannya atau menyiapkannya.

Karena buah-buahan dan sayuran diperlukan untuk dimasukkan ke dalam makanan ibu hamil, benar-benar melewatinya bukanlah solusi.

Pepaya: Pepaya mentah atau setengah matang mengandung lateks dosis tinggi yang diketahui menghasilkan kontraksi uterus. Lateks ini tidak ditemukan pada pepaya matang sepenuhnya. Lateks ini dikatakan menginduksi persalinan dan akhirnya menyebabkan aborsi.

Terong: Terong adalah diuretik yang memiliki phytohormones, yang memicu menstruasi ketika dikonsumsi secara teratur. Oleh karena itu, harus dihindari selama kehamilan.

Beberapa varietas biji yang dapat dimakan: Biji adas, biji fenugreek semuanya diketahui memicu keguguran. Tetapi jumlah apa pun yang lebih dari itu diketahui merangsang otot rahim untuk mempromosikan kontraksi yang akhirnya mengarah pada persalinan prematur atau keguguran.

Jadi, akan lebih baik untuk menghindari ini.

4) Diet kehamilan yang ideal:

Diet yang baik menjadi lebih penting dari sebelumnya. Ini harus mengandung semua nutrisi dalam proporsi yang tepat. Berikut ini adalah daftar produk yang harus Anda coba sertakan dalam diet Anda -

Produk susu: Produk susu kaya akan protein berkualitas tinggi seperti whey dan Casey. Tidak hanya ini, mereka berlimpah fosfor, kalsium, dan seng.
Namun, jika Anda tidak toleran laktosa, Anda dapat pergi untuk yoghurt probiotik dan mendukung kesehatan pencernaan.

Brokoli dan sayuran hijau: Brokoli dan sayuran hijau seperti bayam dan kale kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Karena ibu hamil sering menghadapi konstipasi, ini adalah pilihan yang bagus untuk mereka.

Biji-bijian utuh dan roti: Anda harus memenuhi semua defisit kalori yang datang dengan hamil. Ini dikemas dengan serat, vitamin dan senyawa tanaman yang sering kurang dalam diet ibu hamil.

Protein seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan unggas: Makan daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, kalkun, dan sayuran seperti kacang, kacang polong. Ini mengandung jumlah tinggi protein, serat, besi, dan kalsium, yang semuanya diperlukan selama kehamilan.

Buah-buahan seperti alpukat, buah beri, dan apel: Alpukat merupakan cadangan besar untuk asam lemak tak jenuh tunggal, folat, dan kalium, semua wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi alpukat.

Berries adalah pilihan makanan ringan yang bagus untuk wanita hamil karena mereka kaya akan karbohidrat sehat dan air. Mereka sangat bergizi dan beraroma minus kalori. Selain itu, karena kaya akan antioksidan, mereka melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Buah kering: Dipercaya bahwa satu potong buah kering mengandung semua nutrisi dalam buah segar, hanya tanpa semua air dan dalam bentuk yang sangat padat.

Juga, karena mengandung jumlah gula alami yang tinggi, mereka harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Perlu diingat bahwa Anda perlu setidaknya makan sekitar 300 kalori ekstra per hari.

5) Merokok atau konsumsi alkohol adalah tidak-tidak ketat:

Tidak ada jumlah merokok atau konsumsi alkohol yang dianggap aman untuk wanita hamil. Paparan pralahir untuk merokok atau alkohol dapat mengganggu perkembangan sehat bayi Anda.

Karena itu, hindari merokok atau minum alkohol selama kehamilan dengan segala cara.

6) Latihan selama kehamilan:

Latihan ringan atau berjalan-jalan terbukti efektif untuk menghilangkan stres serta membantu mengendalikan berat badan. Latihan paling aman yang bisa dilakukan selama kehamilan adalah Pilates, Yoga, Renang dan Jalan cepat.

Namun, hindari latihan berat yang terlalu banyak memuat beban di perut.

7) Praktek Kegels:
Latihan kegel memperkuat otot dasar panggul yang meningkatkan kontrol usus dan kandung kemih.

Anda hanya perlu mengontraksi otot seperti jika Anda mencoba untuk menghentikan aliran air seni dan kemudian lepaskan. Bagian terbaiknya adalah tidak ada yang tahu Anda melakukannya.

8) Mendidik diri sendiri:
Meskipun terlalu banyak informasi yang harus dihindari, menghadiri kelas persalinan dan / atau membaca dan bergabung dengan blog ibu akan melengkapi Anda dengan semua informasi yang Anda perlukan.

Terlepas dari semua ini, Anda bahkan dapat menyuarakan keprihatinan Anda dan mencari bantuan dari anggota komunitas yang Anda putuskan untuk bergabung.

9) Konsumsi suplemen nutrisi:

Diet yang sehat dan bergizi adalah yang paling penting selama kehamilan. Dokter kandungan Anda akan meresepkan suplemen prenatal, yang membantu perkembangan janin dan kebutuhan diet Anda.

Pil prenatal mengandung banyak vitamin dan mineral yang berbeda seperti asam folat, yodium, zat besi, dan kalsium.

Di bawah ini adalah daftar vitamin dan mineral yang diperlukan selama kehamilan bersama dengan jumlah yang sesuai:

Vitamin A dan Beta Carotene: 770 mcg

Vitamin D: 5mcg

Vitamin E: 15 mcg

Vitamin C: 80–85 mcg

Asam folat: 600 mcg

Kalsium: 1000–1300 mcg

Besi: 27 mcg

Protein: 71 mcg

Seng: 11–12 mcg

Ingat untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan Anda sebelum masuk untuk pil prenatal.

10) Jangan pernah melewatkan makan:
Karena tubuh Anda tidak hanya mendukung Anda tetapi juga bayi Anda, pastikan Anda cukup makan dan tidak pernah melewatkan makanan Anda. Melewatkan makan dapat membuat Anda kekurangan mineral seperti zat besi, asam folat, kalsium dan itu bisa berbahaya bagi Anda dan bayi Anda.

11) Tidak apa-apa untuk memanjakan:
Mengonsumsi tambahan cheesecake krim atau menelan es krim itu tidak apa-apa asalkan Anda mengonsumsi sebagian besar makanan sehat pada saat itu. Menyerah pada keinginan Anda, terkadang.

12) Minta bantuan:
Tugas sehari-hari seperti mengikat tali sepatu Anda atau mengambil sesuatu dari lantai mungkin tampak terlalu sulit, terutama ketika Anda berada di trimester terakhir Anda. Alih-alih mencoba melakukannya sendiri dan akibatnya menempatkan diri Anda dan bayi Anda dalam bahaya, mintalah bantuan.

13) Dapatkan tidur yang baik:
Dapatkan tidur yang baik - kiat kehamilan

Tidurlah lagi. Tubuh Anda mengalami banyak perubahan selama kehamilan. Karena tubuh Anda bekerja pada pertumbuhan Anda dan bayi Anda, tidur siang yang sering dan istirahat akan membantu bahan bakar tubuh Anda dengan energi.

14) Lacak kenaikan berat badan Anda:
The Institute of Medicine (IOM) komponen dari Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional AS, baru-baru ini mengeluarkan beberapa pedoman baru mengenai kenaikan berat badan selama kehamilan.

Di bawah ini adalah perkiraan berat total yang diperoleh selama kehamilan:

Underweight: Dapatkan 13-19 kg
Berat normal: Dapatkan 11-16 kg
Kegemukan: Dapatkan 7-11 kg
Obesitas: Dapatkan 5-9 kg
Pastikan berat badan Anda bertambah pada tingkat yang sehat.

15) Jangan menambah berat badan terlalu banyak:
Berat badan yang berlebihan diperoleh selama kehamilan secara signifikan meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti kelahiran mati, kelahiran sesar atau kelahiran prematur.

Juga, berat badan yang didapat selama kehamilan membuatnya sulit untuk kehilangannya di kemudian hari, sehingga berkontribusi pada obesitas.

16) Tahu kapan harus memanggil dokter:
Hubungi dokter Anda jika ada waktu selama kehamilan jika Anda:

Memiliki pembengkakan lengan, kaki, atau wajah Anda yang tiba-tiba
Memiliki kram yang parah, nyeri, dan perdarahan vagina
Demam
Muntah lebih dari tiga kali sehari
Menderita sakit kepala parah
Berikan beberapa jaringan dari rahim
Penderita nyeri panggul yang tidak kunjung sembuh
Sering buang air kecil atau air kencing keruh atau berdarah
17) Kenakan sepatu yang nyaman:
sepatu nyaman - kiat kehamilan

Kaki seorang wanita tumbuh setengah sampai dua inci selama kehamilan. Ini bertahap dan mungkin tidak terwujud pada tahap awal.

Saat kehamilan Anda meningkat, Anda akan membutuhkan sepatu yang nyaman seperti sandal atau flat. Katakan tidak pada sepatu hak tinggi! Kakimu akan berterima kasih.

18) Jangan mengikuti diet:
Ini bukan saatnya bereksperimen dengan diet Anda. Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada sebelumnya untuk dapat membangun bayi yang sehat. Melakukan diet rendah karbohidrat dapat memengaruhi berat badan bayi dan cara dia berkembang.

Jadi, hindari diet rendah karbohidrat atau kalori yang membatasi dan tetap berpegang pada pola makan sehat.

19) Percayai naluri Anda:
Ya, percaya pada usus Anda dan ikuti apa yang dikatakannya. Meskipun Anda akan menjadi ibu yang baru pertama kali datang, jangan biarkan siapa pun memberi tahu Anda bahwa Anda sedang paranoid tentang sesuatu.

Jika ada yang mengkhawatirkan Anda, pergilah ke dokter. Lebih baik aman daripada menyesal!

20) Terakhir, tarik napas dalam-dalam dan nikmati setiap detik:
Ingat, itu hanya 9 bulan, jadi tarik napas dalam-dalam sesekali dan pikirkan sejauh mana Anda datang. Nikmati sebanyak yang Anda bisa. Bagaimanapun, itu tidak akan bertahan selamanya.

Terlepas dari semua ini, nenek-nenek India juga memiliki beberapa tips kehamilan di kucing mereka yang diwariskan dari generasi ke generasi. Beberapa dari mereka adalah:

Kacang almond panggang, kacang walnut, kurma, kacang mete dimasukkan ke dalam piring tradisional pantry. Ini baik dikonsumsi oleh wanita hamil dalam bentuk bubuk atau laddus.

Dikatakan untuk menyediakan nutrisi yang sehat dan untuk merangsang susu.

Makanan wanita hamil dibagi menjadi 5-6 porsi dan termasuk dal-chawal, sabzi, kari sayuran, chapati, dadih, dan salad.

Selain itu, beberapa wanita tua merekomendasikan postur khusus seperti jongkok sambil duduk di tempat tidur atau beristirahat.

Untuk ibu menyusui, moong dal, jeera (biji cumin), ajwain (biji uskup) dan susu sangat membantu dalam menginduksi susu.

‘Khanewala gondh’ atau permen yang dapat dimakan terbukti membantu meringankan sakit punggung dan memperkuat tulang.

Makanan pedas harus disimpan di teluk karena mereka membawa masalah pencernaan dan sakit maag.

Jus buah seperti buah delima harus dimasukkan dalam makanan ibu hamil. Ini mengandung folat, zat besi, vitamin C, antioksidan yang sangat penting, terutama selama kehamilan.
Segelas susu hangat dengan sedikit madu meningkatkan kualitas tidur.
Meditasi dan yoga adalah cara yang efisien untuk menenangkan diri dan bayi Anda.
Wanita hamil harus mendengarkan musik, terutama Garbha Sanskar Music. Secara harfiah diterjemahkan, itu berarti "mengembangkan pikiran janin". Manfaat ini pada bayi termasuk kebiasaan tidur yang lebih baik, bersikap waspada dan percaya diri, lebih baik dalam menyusui dan ikatan yang lebih besar dengan orang tua.
Ini adalah beberapa tips yang direkomendasikan oleh nenek kita tercinta. Kami yakin Anda pasti pernah mendengarnya di beberapa titik atau yang lain. Kami harap Anda dapat menggunakan sebagian dari mereka dan memberi tahu kami apakah mereka bekerja untuk Anda atau tidak.

Kehamilan mungkin tampak terlalu sulit tetapi tips kehamilan ini pasti akan membantu Anda. Anda seorang pejuang dan Anda akan mendapatkan hak ini.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait