15 Perubahan Pada Tubuh Setelah Melahirkan

Ayo Diet - 15 Perubahan Pada Tubuh Setelah Melahirkan - Setelah Kehamilan Berubah dan Apa yang Dapat Anda Lakukan Tentang Ini, Mereka mengatakan kehidupan seorang wanita berubah selamanya setelah kehamilan. Transformasinya dari seorang wanita menjadi seorang ibu, bagaimanapun, bukanlah satu-satunya perubahan besar yang terjadi. Tubuh seorang wanita juga mengandung tanda-tanda transformasi ketika dia melihat perubahan besar yang terjadi di tubuhnya.

Dari bertambahnya berat badan selama kehamilan ke payudara yang lebih besar dan membengkak, wanita mengalami banyak perubahan dari saat dia hamil dan bahkan setelah melahirkan. Perubahan pada tubuh saat hamil muda sangat nampak sekali apalagi setelah melahirkan.

Perubahan Tubuh Anda Yang Akan Anda Hadapi Setelah Kehamilan :

Rambut rontok
Rambut rontok adalah mimpi buruk terbesar setiap wanita. Namun, ini adalah satu perubahan yang tidak dapat dihindarkan setelah melahirkan. Seandainya rambut Anda menjadi lebih tebal selama kehamilan, ada peluang bagus untuk Anda mencukur lebih dari segenggam setelah melahirkan.

Rambut rontok setelah kehamilan
Namun, jangan khawatir karena tidak akan bertahan lama. Selama kehamilan, sebagian besar wanita menyaksikan peningkatan kadar estrogen. Perubahan hormon membantu pertumbuhan rambut dan sangat mengurangi rambut rontok. Tingkat estrogen, bagaimanapun, menurun setelah melahirkan dan Anda mulai menumpahkan lebih banyak rambut daripada alami. Rambut rontok alami selama fase ini dan Anda tidak perlu terlalu khawatir. Seiring waktu, shedding akan berkurang dan laju pertumbuhan pertumbuhan rambut Anda akan kembali normal.



Perubahan warna Kulit
Sementara tubuh Anda pasti dipengaruhi oleh kehamilan, kulit Anda juga tidak terhindar. Perubahan hormonal, perubahan gaya hidup dan stres dan kelelahan memiliki efek yang merugikan pada kulit Anda. Banyak wanita berjuang dengan berjerawat setelah melahirkan. Sementara orang lain yang melakukannya selama kehamilan akan merasakan hasil yang baik sekarang. Chloasma, yang menghasilkan bercak gelap pada kulit terutama di dahi Anda, pipi, hidung atau bibir, atau daerah pusar Anda ke tulang pubis Anda memiliki garis gelap, biasanya diamati selama kehamilan. Anda akan melihat patch ini menjadi lebih ringan setelah melahirkan, hari demi hari. Sebagian besar kondisi kulit yang diderita wanita setelah melahirkan telah hilang setelah beberapa minggu.

Payudara yang bengkak dan membesar
Sekarang Anda adalah ibu baru, Anda kemungkinan besar akan menyusui bayi Anda yang mungil. Ketika tubuh Anda siap untuk memberi makan anak Anda, payudara Anda mengalami beberapa perubahan besar selama periode ini. Anda akan merasakan payudara Anda membengkak dan keras ketika payudara Anda mulai memproduksi susu. Anda mungkin juga merasakan sensasi berdenyut di payudara Anda, dengan mereka merasa sangat penuh. Fenomena ini disebut pembengkakan. Meskipun umum dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan, akhirnya akan menjadi lebih baik. Menyusui adalah cara terbaik untuk mencegah pembengkakan. Namun, jika tidak ada yang berhasil, sebaiknya cari saran dokter.

Berat Badan
Menurunkan berat badan setelah melahirkan adalah proses yang lambat dan mantap. Butuh waktu dan banyak kesabaran untuk turun ke berat badan sebelum kehamilan. Namun, ada beberapa terjadi setelah perubahan kehamilan di tubuh Anda, yang membuatnya sulit untuk mendapatkan kembali sosok Anda sebelumnya.

Penurunan berat badan setelah kehamilan
Anda akan melihat kehilangan berat badan yang cukup setelah melahirkan, dengan tubuh Anda menghilangkan semua cairan ekstra yang telah ditahan selama kehamilan. Untuk menyingkirkan semua cairan ekstra itu, tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak urin daripada biasanya. Kelenjar keringat Anda juga akan bekerja di gir selama periode ini untuk menyingkirkan semua cairan ekstra itu.

Perubahan uterus
Tepat setelah melahirkan, kontraksi akan menyebabkan rahim Anda menyusut. Namun, Anda masih bisa merasakan rahim Anda di daerah perut Anda pada hari-hari awal pertama setelah melahirkan. Dalam seminggu, berat badan akan turun sampai setengah dari jumlah itu saat persalinan. Ini akan berkurang lebih lanjut dalam dua minggu ke depan dan sekarang akan ditempatkan di panggul Anda. Setelah empat minggu, harus turun ke berat badan sebelum kehamilan.

Stretch Marks
Kita semua berurusan dengan stretch mark pada suatu titik waktu dalam hidup kita. Jadilah itu karena percepatan pertumbuhan tiba-tiba, penurunan berat badan atau penambahan berat badan. Meskipun alasannya tidak terhitung, tanda peregangan tidak dapat dihindari. Kehamilan, lebih sering daripada tidak, menyebabkan tanda peregangan yang parah pada perut wanita. Sayangnya, tidak seperti perubahan lainnya, stretch mark tidak mungkin dihilangkan. Mereka biasanya berwarna merah cerah selama dan juga setelah kehamilan. Seiring waktu, pencampuran tanda-tanda terjadi dan mereka memudar menjadi warna perak terang. Minum air yang cukup dan melembabkan kulit Anda dapat membantu Anda menjauh dari yang terburuk.

Kembali Sakit
Kehamilan diketahui membuat tubuh Anda lebih lemah, itulah sebabnya mengapa kebanyakan wanita membutuhkan perawatan yang tepat dan istirahat tepat setelah melahirkan. Sakit punggung sangat umum terjadi pada wanita selama periode ini. Ini sebagian besar karena tubuh Anda bertambah berat di punggung karena otot perut Anda masih belum cukup kuat untuk menopang Anda.

Ini menyebabkan wanita menderita sakit punggung yang parah. Biasanya, masalah ini reda setelah kehamilan, dalam enam minggu pertama. Jika Anda masih menderita sakit punggung, cari saran dokter Anda sedini mungkin.

Masalah dalam buang air kecil
Ibu-ibu baru sering menghadapi masalah dalam buang air kecil tepat setelah persalinan. Melahirkan dapat menyebabkan pembengkakan dan hilangnya kepekaan kandung kemih Anda. Tidak seperti selama kehamilan, ketika Anda sering buang air kecil, Anda mungkin tidak ingin buang air kecil sama sekali setelah melahirkan. Namun, penting bagi Anda untuk buang air kecil bahkan jika Anda tidak menyukainya. Bahkan jika Anda tidak merasakan dorongan itu, kandung kemih Anda terisi penuh dengan cepat dengan semua cairan yang dihasilkan oleh ginjal Anda. Pergi tanpa buang air kecil terlalu lama tidak hanya akan menyebabkan kebocoran tetapi juga akan membuat kandung kemih Anda buncit. Jika Anda mengalami masalah saat buang air kecil atau hanya menghasilkan sedikit urin, beri tahu dokter Anda tentang hal itu paling awal.

Perubahan Bentuk Vagina dan Keputihan Vagina
Bentuk vagina wanita sangat berubah selama kehamilan. Dalam kebanyakan kasus, vagina Anda akan terasa tertarik, tegang dan bengkak setelah melahirkan. Namun, pembengkakan akan hilang dalam beberapa hari dan vagina Anda akan kembali mendapatkan kembali tonus otot. Anda mungkin mengalami keputihan setelah kehamilan. Keputihan putih ini terdiri dari apa pun yang tersisa dari lapisan rahim dari kehamilan Anda dan sebagian besar darah. Pengosongan itu dapat berlanjut selama beberapa minggu setelah melahirkan.

Seks Setelah Melahirkan
Memiliki anak tidak berarti Anda melarang senggama. Sementara kebanyakan wanita merasa terlalu lelah untuk melakukan aktivitas senggama apa pun setelah persalinan, tidak ada yang menghentikan Anda jika Anda ingin menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan Anda. Anda dapat melakukan hubungan senggama biasanya setelah 3-4 minggu setelah melahirkan.

Tidak perlu terburu-buru. Luangkan waktu Anda untuk merasa nyaman dengannya. Jika Anda ibu yang menyusui, Anda mungkin mengalami kekeringan vagina. Ini memang membuat gagasan hubungan senggama sedikit tidak nyaman, namun, ada cukup banyak pilihan di luar sana untuk membantu rasa sakit dan ketidaknyamanan. Jika Anda tidak menyusui, Anda dapat berharap periode Anda akan kembali setelah tujuh hingga sembilan minggu pengiriman. Jika Anda menyusui maka menstruasi Anda mungkin tidak kembali selama beberapa bulan. Ini juga bisa bertahan sampai Anda berhenti menyusui sama sekali.

Pembengkakan di Kaki
Kita semua pernah mendengar tentang wanita yang menderita kaki bengkak selama kehamilan. Namun, bengkaknya berkurang dengan cepat setelah melahirkan. Sebagian kecil wanita juga mengalami iritasi di kaki setelah kehamilan. Berjalan membantu untuk menjaga ini di teluk dan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan. Varises adalah pembuluh darah spidery tipis yang sering muncul di permukaan kulit Anda. Sementara penurunan berat badan pasca kehamilan mengurangi munculnya varises, mereka tidak benar-benar pergi.

Keringat Berlebihan
Seperti disebutkan di atas, setelah kehamilan tubuh Anda masuk ke dalam giat untuk menghilangkan semua kelebihan cairan yang telah dipertahankan sebelumnya. Berkeringat hanyalah cara lain bagi tubuh Anda untuk membuang kelebihan cairan.

Keringat berlebih setelah kehamilan
Tidak diragukan lagi bahwa menjadi ibu adalah momen yang ajaib. Meskipun ia menyajikan persidangan dan kesengsaraannya sendiri, kehadiran dari tubuh Anda yang sangat kecil akan memusnahkan semua kekhawatiran Anda. Perubahan fisik hanyalah bagian dari momen luar biasa ini dan tidak perlu khawatir terlalu banyak. Ambil satu langkah pada satu waktu dan nikmati waktu Anda sebagai ibu baru.

Perubahan apa yang Anda saksikan dalam diri Anda setelah melahirkan? Beri tahu kami bersama dengan umpan balik Anda di bagian komentar.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait