13 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dan Menyusui

Ayo Sehat - 13 Cara Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan - Anda harus selalu bertanya-tanya bagaimana penurunan berat badan pasca-kehamilan begitu cepat untuk selebriti. Dari saat kehamilan hingga setelah melahirkan, satu hal yang melintasi pikiran setiap wanita adalah pertanyaan - Bagaimana cara menurunkan berat badan setelah melahirkan?

Sementara beberapa wanita kehilangan setengah dari berat badan bayi mereka hanya dalam enam minggu setelah melahirkan, ada orang lain yang berjuang dengan berat badan tambahan. Dalam keputusasaan mereka, wanita sering terpaksa berdiet atau kelaparan untuk membuang berat badan ekstra itu. Namun, melakukan hal itu menghambat peluang bayi Anda untuk menyusui dan menyebabkan banyak komplikasi kesehatan. Daripada berhenti berdiet, cari cara menurunkan berat badan lebih alami dan aman. Baca terus ketika kami daftar ke 14 cara terbaik untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan.

Menurunkan berat badan pasca kehamilan

Berikut adalah 13 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dan Menyusui :

1) Tujuan Berat Realistis
Kebanyakan wanita sering mencoba untuk kembali ke bekas kehamilan langsing dan langsing mereka. Namun, kehamilan membuat perbedaan yang mencolok pada tubuh wanita, beberapa di antaranya permanen. Perut yang lebih lembut, pinggul yang lebih lebar, dan lingkar pinggang yang lebih besar hanyalah sebagian dari banyak perubahan yang diperhatikan wanita dalam diri mereka setelah kehamilan. Ingatlah hal ini, Anda mungkin ingin menyesuaikan sedikit tujuan Anda.

2) Makan Sehat
makan sehat untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan
Crash dieting buruk bagi siapa saja dan semua orang. Kenyataan kebenaran ini sering dilupakan oleh banyak orang dalam keputusasaan mereka untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Sementara diet crash tidak membantu Anda dalam menurunkan berat badan pada awalnya, sebagian besar adalah cairan yang Anda kehilangan, yang akhirnya datang setelah beberapa saat. Berat badan lain yang mungkin Anda kehilangan dalam proses itu mungkin otot, bukan lemak. Setelah Anda kembali ke makan normal, Anda akan mendapatkan kembali semua beban yang hilang selama proses tersebut.

Daripada berdiet cobalah memasukkan makanan super yang kaya asam lemak omega-3, kalsium, protein dan serat ke dalam diet Anda. Makanan-makanan ini tidak hanya akan membantu Anda menurunkan berat badan tetapi juga akan memastikan bahwa Anda memiliki energi untuk menyesuaikan gaya hidup baru Anda. Makanan seperti salmon, sarden, tuna, daging tanpa lemak, ayam, telur, kacang-kacangan, kacang polong, yogurt, dan makanan gandum harus dimasukkan dalam makanan Anda.


3) Meningkatkan Jumlah Makanan Dan Mengurangi Ukuran Porsi
Meningkatkan Jumlah Makanan Dan Mengurangi Ukuran Bagian
Kita semua terbiasa makan tiga porsi besar setiap hari. Namun, untuk menurunkan berat badan, yang terbaik adalah menyebarkan makanan Anda. Melakukannya membantu untuk menjaga rasa lapar Anda di teluk, menghentikan Anda dari mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Cobalah untuk makan enam kali sehari dan jadikan ukuran porsi lebih kecil agar Anda tidak merasa berat sekaligus.

4) Pentingnya Hidrasi
tetap terhidrasi untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan
Idealnya, Anda harus minum air sepanjang hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Asupan cairan yang cukup diperlukan untuk tidak hanya mencegah dehidrasi tetapi juga untuk meningkatkan metabolisme Anda. Minum air putih juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Selain air, cobalah untuk memasukkan berbagai jenis cairan ke dalam diet Anda seperti milkshake, smoothies, sup, semur, jus segar dan semacamnya.

5) Snacking Between Meals
Jika Anda seorang ibu menyusui, Anda akan lebih rentan untuk merasa lapar daripada yang lain. Dalam kondisi seperti itu normal untuk menjangkau berbagai pilihan ngemil yang tersedia di luar sana. Namun, Anda harus menjaga tab dari apa yang Anda cicipi karena dapat membantu Anda menurunkan berat badan atau mendapatkannya. Alih-alih menjangkau makanan berkalori kosong seperti soda dan keripik, tambahkan makanan yang sehat dan lezat seperti kacang dan buah-buahan cincang. Makanan seperti apel, pisang, wortel, dan jeruk juga bagus untuk disantap. Rendah lemak, makanan ini adalah sumber vitamin dan serat yang baik.

6) Makan Malam Dini
makan malam awal dan tepat waktu untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan
Sementara ukuran porsi dan apa yang Anda letakkan di piring Anda penting, waktu adalah aspek penting yang perlu diingat. Daripada makan di malam hari, cobalah membawa waktu makan malam Anda hingga larut malam. Jika memungkinkan, cobalah untuk menyelesaikan makan malam Anda sebelum jam delapan malam. Ini akan membantu Anda untuk meningkatkan metabolisme dan mengurangi berat badan Anda. Jika Anda harus tetap terjaga sampai larut, pilihlah secangkir teh hijau atau segelas susu hangat.

7) Menurunkan Berat Badan Melalui Menyusui
Menurunkan Berat Badan Melalui Menyusui
Menyusui sering dikaitkan sebagai salah satu penyebab kehilangan berat badan oleh banyak wanita. Meskipun benar bahwa kebanyakan ibu membutuhkan kalori ekstra selama menyusui, Anda juga membakar beberapa dari mereka dalam prosesnya. Makan dengan sehat dan tetap aktif saat menyusui tidak hanya akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan tetapi juga akan membantu untuk mempertahankannya dalam jangka panjang. Kehilangan berat badan secara berangsur-angsur tidak akan menghambat produksi ASI Anda, namun jangan terlalu cepat kehilangannya.

8) Tidur Cukup
Tidur yang cukup untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan
Tidur delapan jam tampaknya seperti mimpi yang jauh bagi wanita setelah melahirkan. Siklus tidur Anda sekarang berputar di sekitar bayi Anda dan kebutuhannya, yang sering menyebabkan kekurangan tidur pada ibu. Tidur yang tidak mencukupi juga memaksa Anda untuk meminum makanan tinggi kalori dan tinggi gula untuk energi yang sangat dibutuhkan. Ini memiliki efek buruk pada metabolisme Anda dan memperlambat proses penurunan berat badan Anda. Cobalah untuk tidur cukup dengan menyelinap di beberapa waktu tidur siang bersama bayi kita. Tetapkan beberapa pekerjaan rumah tangga Anda untuk bantuan atau anggota keluarga Anda. Juga pastikan untuk menunjukkan kepada pasangan Anda bagaimana memberi makan bayi Anda jika mereka bangun.

9) Kurangi Stres
Bebas stres hidup untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan
Sebagai ibu baru, perempuan harus menghadapi banyak tanggung jawab dan tekanan. Mempelajari hal-hal baru dan perubahan fisik dan emosional dapat menjadi luar biasa bagi banyak orang. Mengambil terlalu banyak stres memiliki efek buruk pada kebiasaan makan Anda. Cobalah untuk meluangkan waktu bagi saya dari tanggung jawab harian Anda. Minta bantuan pasangan Anda untuk merawat bayinya, sementara Anda menikmati waktu untuk saya. Memiliki pikiran yang santai dan tenang sangat penting untuk gaya hidup yang sehat.

10) Latihan
Latihan untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan
Meskipun menemukan waktu untuk menyesuaikan latihan ke dalam jadwal sibuk harian Anda bisa menjadi sulit, tentu saja itu bukan tidak mungkin. Memulai program olahraga segera setelah melahirkan tidak hanya baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan tetapi juga dapat mengurangi risiko depresi pascamelahirkan. Beberapa latihan yang dapat Anda coba untuk menurunkan berat badan adalah:

Berjalan:
Apapun rutinitas latihan harian Anda, lakukanlah setiap hari berjalan ke dalamnya. Mulailah dengan berjalan-jalan yang mudah, yang pada akhirnya dapat Anda lakukan dengan kekuatan berjalan yang dipompa. Namun, jika Anda belum mencapai itu, bahkan berjalan dengan lembut dapat melakukan keajaiban bagi tubuh Anda.

Perut Dalam Pernapasan Dengan Kontraksi Perut:
Latihan ini meskipun mudah membantu melemaskan otot-otot Anda sambil memperkuat dan mengencangkan perut dan perut Anda. Untuk melakukan latihan ini:

Duduk tegak dan bernapas dalam-dalam, menarik udara dari diafragma.
Kontrak dan pegang perut Anda erat saat menghirup dan bersantai sambil menghembuskan napas.
Tingkatkan jumlah waktu Anda dapat mengontraksi dan menahan abs Anda secara bertahap dari waktu ke waktu.

Head Lift, Shoulder Lift, Dan Curl-Ups:
Latihan-latihan ini tidak hanya membantu Anda untuk memperkuat punggung Anda tetapi juga nada abs Anda dan membakar kalori.

Head Lift:
Untuk melakukan pengangkatan kepala, telentang dengan lengan di sepanjang sisi tubuh.
Sambil menjaga punggung bawah Anda di lantai, tekuk lutut dengan telapak kaki rata di lantai.
Bersantai perut Anda saat Anda menarik napas dan menghembuskan napas saat Anda perlahan mengangkat kepala dan leher Anda dari lantai.
Tarik napas sekali lagi saat Anda menurunkan kepala ke bawah.
Bahu Angkat:

Cobalah mengangkat bahu hanya ketika Anda merasa nyaman melakukan sepuluh kali angkat kepala secara berturut-turut. Ini mengharuskan Anda untuk berada di posisi yang sama seperti untuk mengangkat kepala.

Bersantai perut Anda saat Anda menarik napas.
Sambil menghembuskan napas, angkat kepala dan bahu Anda dari lantai dan cobalah meraih tangan dan tangan Anda ke arah lutut.

Curl-up:
Latihan ini harus dilakukan sebagai langkah berikutnya setelah mengangkat bahu, tetapi hanya lakukan jika Anda merasa nyaman dengannya.

Mulai di posisi yang sama di lantai seperti latihan sebelumnya.
Angkat badan Anda hingga kira-kira separuh di antara lutut dan lantai di belakang Anda.
Cobalah meraih lutut Anda dan tahan posisi itu selama dua hingga lima detik.
Lalu turunkan diri ke lantai perlahan.
Berlutut Pelvic Tilt:

Latihan ini tidak hanya membuat perut Anda bengkak tetapi juga membantu meredakan nyeri punggung. Untuk latihan ini:

Mulai merangkak dengan jari-jari kaki menyentuh lantai di belakang Anda dan lengan lurus ke bawah dari garis bahu Anda; telapak tangan Anda harus menyentuh lantai.
Sambil menghirup tarik pantat Anda ke depan dan miringkan panggul Anda, putar tulang kemaluan Anda ke atas.
Tahan posisi ini selama hitungan tiga dan kemudian lepaskan.

11) Yoga
Stres dan frustrasi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita di era modern. Untuk menghadapi gaya hidup yang sibuk, banyak yang beralih ke yoga untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas. Melakukan yoga setiap hari akan menghasilkan tubuh dan pikiran yang sehat dalam jangka panjang. Seseorang dapat menggunakan Yoga untuk menurunkan berat badan penuh.

Kami memiliki beberapa Asana Yoga yang populer dan efektif untuk Anda Mommies, kalau-kalau Anda mencoba mengeksekusi ini -

Viparita Karani -
Viparita Karani - Latihan Yoga

Gomukhasana -
Gomukhasana - Latihan Yoga

Virabhadrasana -
Virabhadrasana - Latihan Yoga

Kapotasana -
Kapotasana - Latihan Yoga

Sasakasana -
Sasakasana - Latihan Yoga

Senam kegel -
Latihan Kegel - Latihan Yoga

Untuk ibu baru, yoga membantu membawa keseimbangan antara kehidupan mereka sebelumnya dan sekarang dan membantu tubuh kembali ke ritme alaminya. Berlatih yoga juga membantu mempercepat pemulihan setelah melahirkan, meredakan sakit punggung dan menyejukkan otot-otot yang tegang di bahu, lengan, punggung, pinggul dan kaki. Wanita juga memperhatikan peningkatan postur mereka karena latihan yoga yang teratur.

Anda juga dapat melihat video kami tentang - Tips Untuk Menurunkan Belly Fat Setelah Kehamilan



Ini membantu membuka bahu dan dada mereka dan mengurangi kekakuan sendi. Tidak seperti latihan berat, yoga adalah cara yang lembut tetapi efektif untuk menurunkan berat badan bayi Anda. Ini nada otot-otot Anda merosot dan mengurangi berat badan dan kelebihan lemak dari daerah perut.

12) Komitmen Adalah Kuncinya
komitmen untuk berolahraga untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan

Salah satu hal terpenting dalam menurunkan berat badan adalah komitmen Anda terhadap tujuan Anda. Gaya hidup yang hingar dan tanggung jawab serta tugas baru sering membuat ibu-ibu baru sulit memberi waktu untuk diri mereka sendiri. Namun, tetap berpegang pada rutinitas olahraga dan diet sehat Anda adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin menurunkan berat badan tersebut. Cobalah untuk menjaga diri Anda termotivasi selama perjalanan Anda dan nikmati waktu Anda daripada menekankan tentang berat badan.

13) Meminta Bantuan
Minta bantuan untuk latihan

Jika, meskipun mencoba yang terbaik, Anda merasa sulit menurunkan berat badan, mencari bantuan dari dokter Anda. Anda juga dapat meminta bantuan ahli diet untuk membantu Anda merancang diet yang akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan aman dan efektif. Mintalah saran dari dokter Anda tentang berapa banyak berat badan yang perlu Anda turunkan dan kapan Anda dapat mulai berolahraga.

Menurunkan berat badan mungkin tampak seperti tugas berat bagi banyak ibu baru, namun, sedikit ketekunan dan kesabaran adalah semua yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Beberapa pilihan cerdas dan sedikit kerja keras tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan tetapi juga membuat Anda dan bayi Anda sehat dan aman.

Pastikan Anda tetap pada apa yang telah Anda mulai dan cari saran dokter Anda sebelum memulai aktivitas berat apa pun. Bagaimana Anda menurunkan berat badan bayi Anda?

Beri tahu kami bersama dengan masukan Anda di bagian komentar.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Tag :
menurunkan berat badan setelah melahirkan
cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dan menyusui
tips menurunkan berat badan setelah melahirkan
menurunkan berat badan setelah melahirkan caesar
menurunkan berat badan setelah melahirkan normal
tips menurunkan berat badan setelah melahirkan secara alami
penurunan berat badan setelah melahirkan
cara tradisional menurunkan berat badan setelah melahirkan
turunkan berat badan setelah melahirkan
bagaimana cara menurunkan berat badan setelah melahirkan
menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan cepat
susah menurunkan berat badan setelah melahirkan
cara nia ramadhani menurunkan berat badan setelah melahirkan
cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara alami
cara menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa mengganggu asi
cara mudah menurunkan berat badan setelah melahirkan
senam menurunkan berat badan setelah melahirkan

Artikel Terkait