10 Latihan Selama Kehamilan Agar Persalinan Normal

Ayo Sehat - 10 Latihan Ibu Hamil Agar Persalinan Normal - Fakta bahwa seorang ibu selalu mengkhawatirkan anaknya selama periode krusial kehamilan, tidak lain adalah kebenaran belaka. Dari makan makanan bergizi hingga minum banyak air, setiap ibu mengadopsi gaya hidup sehat. Satu hal yang sering diturunkan ke kursi belakang, bagaimanapun, adalah latihan fisik. Sebagian besar ibu takut kegiatan fisik, karena mereka takut itu akan berdampak negatif pada bayi.

Namun, itu tidak bisa jauh dari kebenaran. Tetap dalam kondisi baik saat Anda hamil adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda dan bayi Anda. Olahraga membantu Anda mendapatkan berat badan yang tepat tanpa terlalu banyak mengenakannya. Ini juga membantu Anda untuk bersiap menghadapi kerasnya kelahiran. Ini juga dapat membantu Anda merasa lebih baik dan tidur lebih baik.

Dengan tubuh berubah, Anda mungkin bertanya-tanya jenis latihan apa yang dapat Anda lakukan tanpa membahayakan bayi Anda. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu menyerah pada sebagian besar kegiatan yang Anda nikmati sebelum kehamilan.

latihan kehamilan untuk persalinan normal

Baca terus ketika kami mendaftar pada beberapa latihan yang paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan persalinan yang aman dan normal.



Instruksi untuk Ingat Sebelum Berolahraga
Seperti latihan rutin lainnya, latihan kehamilan membutuhkan persiapan yang tepat sebelum masuk ke dalamnya. Berolahraga selama kehamilan membuat penting bagi Anda untuk mempersiapkan tubuh dengan baik sebelum memulai rutinitas Anda. Setiap langkah yang salah akan memiliki efek yang merugikan bukan hanya pada Anda tetapi juga bayi Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ingat sebelum memulai olahraga apa pun selama kehamilan:


  • Jangan membatasi diri dengan mengenakan pakaian ketat. Pilih pakaian yang membantu Anda bernapas dan bergerak dengan mudah saat berolahraga.
  • Jauhkan dari mode baru bekerja di cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas.
  • Menjaga diri Anda terhidrasi adalah yang paling penting. Anda perlu minum air putih saat berolahraga. Anda bahkan dapat memilih minuman energi pilihan Anda saat berolahraga.
  • Investasikan sepatu yang baik dan nyaman untuk latihan rutin Anda.
  • Sebelum masuk ke latihan yang disebutkan di bawah, penting bagi Anda untuk membuat tubuh Anda siap untuk rutinitas. Peregangan adalah cara yang baik untuk menghangatkan tubuh Anda. Selain bertindak sebagai rutin pemanasan, itu juga membantu membuat tubuh Anda fleksibel.
  • Ketika kehamilan Anda berlanjut, pusat gravitasi Anda juga akan berubah. Posisikan diri Anda dengan hati-hati karena wanita cenderung bersandar untuk mengimbanginya karena pusat gravitasi mereka bergeser ke depan.
  • Jangan berolahraga jika Anda merasa lelah atau tidak nyaman dengan rutinitas. Anda harus cukup istirahat sebelum memulai rutinitas.
  • Setiap latihan yang membutuhkan durasi berdiri lama harus dihindari. Itu bisa menyebabkan penumpukan darah di tungkai bawah yang menyebabkan pembengkakan.
  • Saat memulai setiap latihan rutin, penting untuk menjaga poin-poin ini dalam pertimbangan setiap saat. Setelah Anda merasa nyaman dengan instruksi ini, sekarang saatnya untuk masuk ke berbagai latihan yang dapat membantu dalam melahirkan secara normal.

Latihan Apa yang Aman Selama Kehamilan untuk Persalinan Normal?
Persalinan normal dan aman adalah sesuatu yang diimpikan setiap wanita, jadi mengapa tidak memudahkan proses itu sendiri. Di bawah ini adalah beberapa latihan paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan persalinan yang aman dan normal:

1) Peregangan Pelvis
Ketika kita berpikir tentang latihan kehamilan, latihan panggul adalah hal pertama yang muncul dalam pikiran kita. Dianggap sebagai latihan terbaik untuk memiliki persalinan yang aman dan normal, kebanyakan wanita lebih suka melakukannya selama kehamilan. Latihan yang sederhana, namun efektif, dapat dilakukan di hampir semua platform. Anda bisa menggunakan bantal, bola, atau bahkan kursi untuk melakukan latihan ini. Untuk melakukan latihan ini, jagalah kaki Anda dengan kuat di tanah. Cobalah untuk meregangkan kaki Anda, dan pertahankan punggung lurus. Gerakan ini akan membantu panggul meregang dan bergeser ke depan dan ke belakang. Ulangi latihan ini setidaknya dua puluh kali atau sampai Anda merasa nyaman dengan rutinitas.

2) Angry Cat Pose
Kita semua sadar akan jumlah rasa sakit yang dialami wanita selama persalinan. Meskipun tidak ada yang menghindari rasa sakit, kita bisa mengurangi sedikit dari ujung kita. Memiringkan panggul atau kucing marah adalah latihan yang bagus untuk mengurangi nyeri persalinan.

Ini memperkuat otot punggung Anda, karena punggung Anda mengalami banyak stres selama kehamilan. Untuk melakukan latihan ini, Anda akan membutuhkan tikar yoga. Dapatkan posisi merangkak di atas matras yoga, dengan lutut menyentuh tanah. Tarik otot perut Anda di dalam dan ikat pinggul Anda dengan perut Anda. Tahan posisi sejenak dan kemudian lepaskan perlahan.

3) Membuka pinggul
Salah satu alasan bahwa panggul, pinggul, dan punggung wanita penting adalah karena daerah ini mengalami banyak stres selama kehamilan. Pinggul Anda memainkan peran penting selama persalinan dan, karenanya, perlu diperkuat untuk pekerjaan itu. Membuka pinggul adalah cara yang bagus untuk mencapai prestasi itu. Ini membantu Anda melepaskan energi dari panggul Anda, yang pada gilirannya membantu dalam pengiriman yang mudah. Untuk latihan ini lakukan jongkok dalam. Ambil napas dalam-dalam sebelum melakukan posisi jongkok. Tahan diri melakukan latihan ini setelah 36 minggu kehamilan.

4) Berenang
Berenang bukan hanya olahraga tetapi juga bentuk rekreasi. Karena itu sangat dianjurkan untuk mengharapkan ibu. Ini membantu memperbaiki sirkulasi dan mencegah tubuh Anda dari cedera otot.

berenang selama kehamilan

Berenang juga memberi dorongan kekuatan untuk otot Anda dan membantu dalam kebugaran secara keseluruhan. Namun, sebaiknya hindari menggunakan bak air panas selama kehamilan.

5) Jongkok
Squats selalu menjadi anugerah dan kutukan bagi fanatik kesehatan. Tampaknya mudah dilakukan, butuh banyak usaha untuk mendorong tubuh, terutama ketika lelah. Mereka, bagaimanapun, memainkan peran penting selama kehamilan. Squat dikenal untuk meringankan rasa sakit persalinan dengan melonggarkan otot-otot panggul Anda. Ini memberikan tekanan yang diperlukan pada daerah panggul dan paha Anda, yang membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menanggung kontraksi. Anda dapat melakukan latihan ini baik dengan bantuan pemegang atau bola gym.

6) Berjalan
Sementara latihan lain yang disebutkan dalam daftar itu penting, tidak ada yang dapat meniadakan efektivitas berjalan. Ini dianggap sebagai latihan terbaik untuk ibu hamil.

berjalan selama kehamilan

Berjalan membantu masalah kehamilan seperti sembelit, tekanan darah tinggi, dan gelisah. Ini juga menghentikan Anda dari mendapatkan terlalu banyak berat badan selama kehamilan. Ini adalah latihan yang bisa Anda lakukan di rumah atau bahkan di luar di taman. Bahkan 30 menit berjalan sehari bermanfaat bagi wanita hamil.

7) Kegels
Latihan kegel juga dikenal sebagai latihan dasar panggul. Ketika otot-otot vagina dan rektum mengalami banyak tekanan selama kehamilan, latihan-latihan ini menjadi penting bagi wanita hamil. Bagian terbaik dari latihan ini adalah Anda dapat melakukannya di mana saja dan tanpa bantuan. Untuk latihan ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengontraksikan otot panggul. Tahan kontraksi untuk beberapa saat dan kemudian lepaskan. Ulangi ini setidaknya 15-20 kali dalam sehari.

8) Yoga
Bentuk latihan yang lama, yoga memiliki beragam manfaat.

Yoga selama kehamilan untuk persalinan normal

Banyak wanita hamil memilih yoga hari ini karena tidak hanya membantu mereka dalam persalinan normal tetapi juga membuat mereka tetap tenang dan rileks sepanjang periode kehamilan. Ini memperkuat otot inti mereka untuk pengiriman dan meningkatkan daya tahan mereka.

9) Anjing Downward
Posisi anjing ke bawah dianggap sebagai latihan terbaik untuk memperkuat dan mendukung paha Anda. Bagian yang baik dari latihan ini adalah Anda dapat melakukannya pada setiap tahap kehamilan Anda. Karena paha Anda harus memiliki kapasitas memegang yang tinggi saat melahirkan, latihan ini memperkuat tubuh Anda untuk apa yang harus diikuti. Latihan ini juga bermanfaat untuk membuat bayi Anda menjadi posisi melahirkan yang optimal. Untuk latihan ini, Anda harus membungkuk merangkak dan memperpanjang kaki Anda. Jaga pantat Anda menunjuk ke arah langit. Pegang posisi untuk kedua dan kemudian lepaskan.

10) Pose Tukang Besi
Juga dikenal sebagai pose penjahit, latihan ini membantu membuka otot vagina dan membuatnya lebih fleksibel.

Karena kebanyakan wanita menderita otot panggul yang tegang selama persalinan, tukang sepatu adalah latihan yang baik untuk membuat pembukaan Anda lebih fleksibel. Ini juga akan memudahkan bayi Anda melewati jalan lahir dengan mudah. peregangan yang baik untuk area panggul Anda.

Manfaat Dari Latihan Kehamilan
Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, latihan kehamilan memiliki banyak poin bagus lainnya. Berikut beberapa daftarnya:
  • Mereka mengurangi risiko Gestational Diabetes.
  • Perempuan sering memiliki persalinan lebih pendek dan cenderung tidak mengembangkan komplikasi yang membutuhkan pembedahan jika mereka berolahraga secara teratur selama kehamilan.
  • Mengurangi ketegangan dan sakit punggung.
  • Membantu mencegah atau meredakan sembelit.
  • Latihan pra-kehamilan juga membantu wanita dengan pemulihan postpartum.
  • Ini juga membantu wanita dengan cepat kembali ke berat badan sebelum kehamilan.
  • Mintalah saran dokter Anda sebelum memulai rutinitas apa pun. Seharusnya tidak membahayakan Anda atau bayi Anda. Kadang-kadang Anda mungkin perlu memodifikasi rutinitas olahraga Anda yang ada setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.
Latihan apa yang Anda lakukan selama kehamilan? Beri tahu kami bersama dengan umpan balik Anda di bagian komentar.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait