Sawah di Atap Rumah, Kok Bisa Ya?

Ayo ke Bondowoso - Tidak heran lagi akhir-akhir ini di gemparkan dengan menanam di atas rumah, tidak semua tumbuh-tumbahan yang dapat di tanam di atap rumah. Rumah / gedung tingkat yang luas menjadi trend menanam, terutama menanam tanaman yang tidak dapat tumbuh besar seperti padi dan bunga. Banyak faktor yang membuat orang-orang bercocok tanam di atap antara lain tanah rusak dan keterbatasan lahan sawah.

Dua hektar atap di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang di China Tengah Selatan berdiri memotong di atas sisanya. Pabrik Pembuatan Chenfeng Chenfeng, yang didirikan pada tahun 1954, mendukung salah satu dari hanya sawah atap di China. Tan Zhaohan, penanam padi kepala pabrik, melaporkan kepada David Cao dari Bejing Impact bahwa atap pertama kali ditanam pada tahun 2010. Beras, lotus dan sayuran tumbuh subur di atap sementara tanaman lainnya ditanam di properti di permukaan tanah.

Menurut Zhaohan, pemilik tempat pembuatan bir mengembangkan visi atap pertanian ini dan mengambil langkah yang diperlukan untuk meningkatkan membran waterproofing setiap area atap. Proses ini kemungkinan melibatkan tambalan dan pengujian membran yang ada untuk kekedapan air (yaitu kebocoran) atau menerapkan membran baru sama sekali. Air yang dipompa dari bawah tanah ditampung di atap berkat enam saluran air di setiap atap dengan kerah yang bisa disesuaikan. Kerah itu memungkinkan pekerja untuk menyesuaikan tingkat air sawah tergantung pada kebutuhan tanaman.

Genangan air di atas atap adalah praktik yang umum saat ini di kota-kota seperti New York, di mana peraturan stormwater lokal memberi insentif pengurangan dalam penundaan puncak. Izinkan saya untuk menjelaskan. Selama peristiwa hujan atau peristiwa mencairnya salju, air menghantam atap, jalan, dan permukaan tahan lainnya dan bergegas ke saluran pembuangan badai, seringkali membebani sistem. Saat kami dapat menunda laju pengaliran air ke saluran pembuangan setelah peristiwa semacam itu, ini disebut mengurangi penundaan puncak.



Di atas atap, penundaan ini dapat dicapai melalui infrastruktur hijau seperti atap hijau, atau dengan genangan air selama 24 jam di dalam atap biru. Tipe lain dari kolam atap, umum di Jerman, melibatkan genangan 1 ″ -2 ″ air di dasar atap hijau untuk menyediakan air irigasi tingkat dasar ke tanaman. Contoh ketiga dari pondasi atap telah diartikulasikan oleh sejarawan Geoff Wilson, yang percaya bahwa Taman Gantung Babel (di Irak saat ini) mungkin telah mendukung budidaya di atas atap, atau budidaya ikan, untuk penduduk gedung.

Sementara kolam atap jelas bukan hal baru, penggunaannya untuk menumbuhkan biji-bijian dan sayuran komersial sangat mencengangkan. Saya harus mengakui bahwa saya telah ditanya tentang kemungkinan menumbuhkan padi di atas atap beberapa kali selama bertahun-tahun, dan telah menghapus pertanyaan itu sebagai kemustahilan setiap kali. Setelah baru-baru ini mempelajari atap Pabrik Chenzhou Chenfeng Brewing, saya merasa malu! Budidaya padi atap memang layak diberikan kondisi tumbuh dan arsitektural yang tepat.

Mengapa membangun sawah di atap, Anda bertanya? Manfaatnya dua kali lipat. Pertama, pertanian di atap menyediakan hasil bumi segar di rumah untuk pembuatan bir di bawah ini untuk pembuatan bir, pembuatan anggur, dan penggunaan lainnya. Produksi di tempat ini dapat menghasilkan penghematan uang ke tempat pembuatan bir karena bisnis akan perlu membeli lebih sedikit bahan. Namun, mengingat ukuran area atap, kemungkinan sebagian besar bahan masih dibeli dari produsen atau pemasok.

Kedua, manajer tempat pembuatan bir, Liu Xinsheng, melaporkan ke Bejing Impact bahwa pertanian di atap membantu memoderasi suhu dalam gedung, sehingga menghemat uang perusahaan untuk tagihan listrik. Ini masuk akal, karena air menahan panas lebih lama daripada atap membran kosong. Karena suhu luar ruangan berfluktuasi, air di dalam sawah Liuzhou Chenfeng Brewing Factory relatif tetap konstan.



Selama panasnya matahari, sawah mengurangi kebutuhan akan AC dalam ruangan. Selain itu, tempat pembuatan bir hanya satu tingkat tinggi, yang semakin meningkatkan kemampuan dari peternakan di atap untuk menjaga agar bangunan tetap sejuk. Kontrol suhu melalui atap hijau dan atap biru adalah fungsi dari area atap relatif terhadap volume bangunan, yang berarti bahwa bangunan rendah (1-2 lantai) menuai manfaat suhu terbesar.

Potensi untuk menggarap atap untuk tanaman yang relevan dengan budaya semakin meluas, berkat peternakan di atap seperti di atas Pabrik Pembuatan Chenfeng Chenfeng. Mari kita tunggu dan lihat kemustahilan apa yang mungkin terjadi di seluruh dunia saat para pemikir kreatif mengubah luas atap mereka.

Source : DISINI

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait