Ramuan Hemat Pelet, Obat, dan Menambah Nafsu Makan Ikan

Ayo Coba - Ramuan Hemat Pelet Ikan dan Obat Ikan - Seorang petani ikan selalu kreatif dalam hal pakan ikan, terutama petani lele. Segala pakan alternatif selalu di gunakan petani ikan. Ramuan ikan ini merupakan probiotik sekaligus obat ikan yang bisa anda coba dan ramuan ini memiliki efek samping positif. Campuran beberapa bahan yang di ambil alam di jadikan satu lalu jadilah ramuan hemat pakan ikan.

Jangan khawatir jika ikan sakit terkena jamur, aeromonas bintik-bintik merah, dan nafsu makan berkurang karena sudah ada obatnya 100% manjur. Sebelum anda membuat ramuan alternatif ini, sebaiknya anda perhatikan kolam anda karena ikan itu hidup di air, membutuhkan oksigen, dan sinar matahari yang cukup.

Namun, bukan berarti ikan harus kena sinar matahari, anda juga bisa membuat kolam di dalam gedung dengan syarat menggunakan vitamin ikan dan aerator ikan. Aerator itu berfungsi sebagai menambah oksigen yang berada di dasar kolam, dengan menggunakan aerator kebutuhan oksigen untuk ikan tercukupi.

Apabila menggunakan kolam tanah, anda tidak usah khawatir dengan air kotor atau oksigen kurang karena tanah akan mengeluarkan oksigen melalui pori-pori tanah sekaligus sebagai penetral jika air kotor.

Jika seluruh permukaan kolam 100% terkena sinar matahari, bisa anda tambahkan Azolla / enceng gondok / kayu apung sebagai peneduh diatas kolam. Cara ini di utamakan apabila media kolam beton atau terpal, untuk kolam tanah jangan khawatir.

Oke kita langsung saja pada ramuan hemat pakan ikan, apa yang di butuhkan membuat Ramuan Hemat Pelet, Obat, dan Menambah Nafsu Makan Ikan? simak baik-baik ya :

1. Probiotik yang mengandung bakteri lactobacilus misal yakult (10botol)
2. Daun sirih 10 lembar
3. Daun jambu muda pepaya 10 lembar
4. Molase / Gula merah jawa
5. Bawang putih 10 siung
6. Kunyit 1
7. Ragi 10 butir
8. 1 Buah Nanas


Lanjut proses yakni 7 bahan mulai nomer 2 sampai 8 di blender / di haluskan, lalu campur kan air 5 liter. setelah masukkan ke dalam 5 liter air lalu anda masukkan Yakult atau probiotik ke dalam ramuan tadi. Kemudian masukkan ke dalam 2 drigen yang isi 5 liter, masukkan 1 drigen 3 liter dan 1 drigen 2 liter, kenapa gak di jadikan 1 saja? jika di isi penuh akan meledfak karena drigen akan menggelembung isi gas itu tandanya ramuan nya mulai bekerja, proses ini disebut dengan fermentasi.

Jika sudah di masukkan ke dalam drigen, tutup rapat-rapat, jangan di buka selama 3 hari, setelah 3 hari di buka untuk membuang gas lalu tutup rapat lagi. Setiap hari di buka untuk buang gas, setelah 2 minggu ramuan itu bisa anda gunakan.

Cara menggunakan ramuan heman pakan ikan ini : 
Ambil pelet seperti biasanya, misal biasanya anda mengambil pelet 1 kg maka anda kurangi 300gr jadi 700gr pelet. Pelet 700gr tadi kasih 1 tutup botol ramuan yang anda buat. Kasih ramuan ini sore saja setiap 3 hari sekali.

Fungsi ramuan ikan : 
1. Menghemat pelet ikan
2. Mengurai kotoran ikan di kolam
3. Memperbanyak Plankton
4. Obat ikan
5. PH air stabil
6. Ikan gemuk
7. Ikan sehat

Apa efek menggunakan ramuan ini?
Jangan panik apabila anda menggunakan ramuan ini, ikan kelihatannya nafsu makan berkurang, ikan bukan sakit tetapi plankton di air selalu bertambah, plankton ini makanan utama ikan jadi plankton semakin banyak maka penggunaan pelet berkurang menjadi hemat. Jika ikan mulai tidak mau makan pelet, puasakan ikan sampai ikan mau makan pelet, di butuhkan 3 - 4 hari ikan mau makan pelet lagi, itu berarti plankton sudah habis dimakan ikan yang ada di kolam.

Selamat mencoba, jangan takut mencoba, tidak ada peneliti yang tidak gagal di awal pasti gagal di awal. Ramuan ini telah di coba di kolam kabupaten Bondowoso.

Cara ini untuk mengatasi penyakit jamur pada ikan, nafsu makan berkurang, dan hemat pelet ikan. Ikan cepat gemuk dengan meminimalisir biaya pakan yang kian hari harga pelet ikan semakin mahal. Untuk mencoba ramuan ini manjur atau tidaknya, anda gunakan pelet yang murah berprotein rendah sekitar 20% - 25%.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share Ramuan Hemat Pelet, Obat, dan Menambah Nafsu Makan Ikan agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait