Perbedaan Fisik Ikan Nila dan Ikan Mujair Dilihat Kasat Mata

Ayo ke bondowoso - Perbedaan Fisik Ikan Mujair dan Ikan Nila - Berbicara masalah ikan, ada satu hal yang masih membuat banyak masyarakat Indonesia kebingungan, yaitu perbedaan antara ikan nila dan ikan mujair. Sebenarnya apa sih yang membedakan kedua jenis ikan ini? Yuk simak penjelasan berikut ini:

Tak  jarang orang menganggap bahwa ikan mujair sama dengan ikan nila. Namun benar saja, Jika kita melihat sekilas, ikan nila dan mujair hampir sama dari segi morfologinya karena mereka masih dalam satu genus, apabila kita tak pandai membedakan, maka bisa jadi salah menebak.

Kendatipun demikian, jika Anda melihat dengan detail maka akan tau di mana perbedaan antara dua ikan tersebut, butuh ilmu sedikit untuk bisa membedakan antara keduanya.

Tidak sedikit orang bertanya kepada ahli perikanan mana yang disebut dengan ikan mujair dan yang dinamakan dengan ikan nila. Cara mengetahui perbedaan dua jenis ikan ini ternyata bukanlah perkara yang susah, apalagi terbiasa melihat kedua jenis ikan tersebut.




Akan tetapi, bagi Anda yang jarang bermain dengan ikan tentu akan sangat susah untuk membedakan kedua jenis ikan ini, nila dan mujair hampir tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan

Perbedaannya antara dua jenis ikan ini yaitu terdapat pada garis-garis di sirip ekor juga punggung.

Pada ikan nila, sirip ekornya  terdapat garis hitam tegak lurus, sedangkan pada bagian sirip punggungnya garis-garis hitam tersebut melintang lurus pada sirip.

Pada bagian sirip ekor dan punggung mujair tanpa ada garis. Dari sisi postur juga dapat dilihat jika nila dan mujair berbeda. Ikan nila lebih gemuk, gempal dan padat berisi. Namun ukuran ikan nila lebih besar dan pertumbuhannya lebih cepat daripada ikan mujair.

Sudah tahukah berapa harga ikan Nila dan Mujair Terbaru? dan harga ikan mujair di pasr? Harga di Ikan nila di petani Rp 30.000 dan harga jual di pasar mencapai Rp 37.000. Harga Ikan Mujair di petani Rp 30.000 dan harga di pasar mencapai Rp 35.000.

Bagaimana cara budidaya ikan nila dan ikan mujair? cara budidaya dan harga bibit kedua jenis ikan ini sudah ada di halaman sebelumnya.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait