Jenis Jaringan Otot Manusia

Macam Macam Jenis Jaringan Tidak ada kekuatan, tulang dan sendi yang ada di tubuhmu tidak memiliki kekuatan untuk bergerak. Otot adalah penggerak bagian bagian tubuh. Berlin disebut gerak gerak. Hampir 35 hingga 40% massa tubuh adalah jaringan otot. Otot adalah jaringan yang dapat berkontraksi menjadi lebih pendek. Proses kontraksi ini menjanjikan bagian bagian tubuhmu bergerak. Pada kontraksi ini dibutuhkannya energi.

Otot dibedakan menjadi 3 jenis:

1. Otot rangka
Otot adalah otot yang paling banyak di dalam tubuh. Jika diamati di bawah mikroskop, sel-sel tubuh akan terlihat seperti melintang, atau disebut juga dengan otot lurik. Otot rangka melekat pada tulang dengan tendon perantaraan. Tendon adalah pita cahaya, berserabut, dan liat yang melekatkan otot pada tulang. Otot rangka tergolong otot sadar. Anda dapat mengesahkan fungsi otot ini. Kamu dapat menentukan kapan berjalan dan kapan tidak. Otot rangka acara cepat berkontraksi dan cepat lelah.

2. Otot polos
Otot polos pada dinding lambung usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh darah. Otot polos berkontraksi dan berelaksasi dengan lambat. Otot ini berbentuk gelendong dan juga memiliki inti pada setiap selnya. Berdasarkan cara kerja, otot polos tergolong dalam otot tak sadar.

3. Otot jantung
Otot jantung hanya ditemukan di jantung. Otot jantung bentuk-bentuk seperti otot rangka. MATA, cara kerja otot mirip otot polos karena tergolong otot tidak sadar. Otot jantung berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari selama hidupmu. Anda mengetahui bahwa otot jantung berkontraksi pada saat jantung tidur. Otot ini tidak dapat dikeluarkan oleh kemauanmu sendiri.

Tahukah kamu bahwa ada otot dan juga yang bekerja secara berlawanan. Maksudnya saat melakukan gerakan gerakan yang dilakukan secara bersamaan dengan proses kontraksi dan relaksasi.

http://pedulisehat.info/cara-kerja-otot-sinergis-antagonis/

Pada gambar terlihat jelas bahwa pada saat dilipat, otot bisep berkontraksi sementara otot trisep relaksasi. Mental, pada saat tangan direntangkan otot bisep relaksasi sementara otot trisep berkontraksi.

Macam Macam Jenis Jaringan Otot pada Manusia - Mungkin itu bisa saya sampaikan lebih baik mohon dimaafkan karena saya dan juga manusia yang tidak luput dari kesalahan, mohon Anda menshare artikel ini di sini. Sekian dan terimakasih

Artikel Terkait