Biaya Hidup Mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada)

Biaya Hidup Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM)  - Topik yang akan kita bahas kali ini cukup menari karena berkaitan dengan kampus dan mahasiswa. Sebelumnya saya sudah pernah membahas biaya hidup mahasiswa di sekitar universitas uin syarif hidahayatullah atau UIN Jakarta.

Kali ini kita akan membahas biaya hidup mahasiswa di sekitar UGM. Jogja? yah, tepatnya di depok,sleman. mempunyai interior indah nan menarik karena UGM pernah menduduki kampus nomor wahid di indonesia. Bagaimana tidak? lulusan dan sumber tenaga manusia yang dipekerjakan pun sangat memupuni dalam memberikan fasilitas fasilitas terbaik. Baiklah langsung saja kita membahas apa saja yang ada di sekitaran Kampus universitas Gadjah mada ini.

1. Biaya hidup sebenarnya relatif (mau kota besar atau pedesaan)
Perlu ditekankan kepada adik adik semua bahwa kuliah haruslah membutuhkan uang. Apakah itu untuk keperluan tugas, keperluan makan, keperluan obat obatan, keperluan pakaian dan keperluan lainnya yang di rasa perlu. Makanan di sekitaran UGM pun saya rasa cukup murah dengan lauk yang variatif pun bisa.

Untuk makan dengan tahu, tempe, dan gorengan sangat hemat sekali. Karena mengeluarkan uang sebesar 5-6 ribu rupiah. Apabila ingin lebih bergizi lagi maka makanan makanan lauk seperti ayam + nasi itu dikenakan sekitar 10ribu rupiah. Lalu apabila kalian ingin lebih murah lagi. Makan di tempat fakultas Teknik pertanian, dijamin disitu murah murah. Kalau di Pujale (Pusat jajanan lembah) Gimana? Jangan khawatir, bila kalian jeli melihat daftar menu yang ditawarkan pun bisa murah murah saja.

source img : kaltim.tribunnews.com
Asal kalian jeli untuk melihat daftar menu, kalian dapat memanajemen keuangan kalian supaya tidak boros dan memberatkan kedua orang tua kalian. Kalau kalian makan 3x sehari atau bahkan hampir 2x sehari maka sehari nya bisa dikenakan kurang lebih 30ribu dalam sehari bila tidak ada tugas apapun atau hanya untuk keperluan makan.

Menu makan 3x sehari atau 2x sehari pun sudah cukup bergizi. Tidak perlu menghabiskan uang berlebih untuk makanan di Yogyakarta karena disini memang murah murah. Apalagi pada saat malam. Kalian bisa menemukan angkringan dengan menu yang murah. Sekali lagi, asal kalian jeli untuk bertanya atau melihat menu kalian akan bisa menghemat uang secara besar.

2. Biaya kost dekat UGM
Kalau untuk kostan sih saya rasa dimana pun sama aja yah karena ngomonginnya tempat tinggal. Disini untuk kostan bisa dipakai selama masa setahun, 6 bulan, 3 bulan, 1 bulan. Jarang sekali untuk 1 bulan pemakaian seperti kostan ini. Biasanya banyak yang 1 tahun atau 6 bulan serta 3 bulan.

Rentan harga nya pun berbeda beda. Kalau yang untuk masa 1 tahun dari 4 juta - 8 juta. Tergantung fasilitas dan kenyamanan selama pemakaiaan. Dan jangan harap untuk bisa mendapatkan fasilitas yang super wow dengan harga yang murah karena disini sama saja dengan fasilitas yang wow pun di kenakan harga yang wow pula.

Untuk kalian yang mencari kost an sangat banyak di sekitara UGM. Jalan kaliurang, Jalan Swakarya, Jalan Kuningan, Jalan klebengan, dan sekitar fakultas bahasa dan seni uny. dengan harga yang variatif kalian bisa memilih tempat tinggal kalian sendiri.

3. Lingkungan kampus UGM
Jujur aku pertama kali masuk agak kaget dengan kakak kakak yang super ramah karena baru masuk menjadi GAMADA diriku sudah ditawari untuk keliling kampus ugm untuk mengetahui setiap fakultas per fakultas. Memang sih kita sama sama perantauan jadi tau bagaimana hidup sendiri tanpa ditemani teman dari daerah atau bersama orang tua.

jadi untuk kalian yang masih ragu untuk merantau sendirian ke kampus ugm ini, cepat cepat hilangkan keraguan kalian. Karena lingkungan disini sangat membantu kalian dalam mengembangkan potensi diri akademik maupun non akademik.

4. Biaya Ukt atau Bayaran Per semester UGM



 sumber : http://biayakuliah.net/biaya-kuliah-ugm-yogyakarta/

Biaya Hidup Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) - Mungkin itu saja yang dapat saya sharing website ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman teman semua yang ingin hidup merantau. untuk masa depan, terimakasih atas informasi yang sudah saya terima dari berbagai macam sumber. Terimakasih dan sekian

Artikel Terkait