Tutorial Lightpainting Percikan Kembang Api Pakai HP Biasa

bondowosoCara Lightpainting Percikan Kembang Api - Dalam pembahasan sebelum tutorial teknik panning atau tutorial foto benda bergerak, karena banyak user handphone, pasti mereka pengen berkarya juga. Sekarang kita bikin tutorial lightpainting, dan 50% pengguna handphone di grup sini bisa praktek langsung nanti malam.

Sudah tahu lightpainting itu apa? lightpainting adalah melukis menggunakan cahaya yg cukup keras, seperti lampu, api, dan sebagainya. Sudah tahu cara Lightpainting (Cara membuat percikan api)? Mari kita simak cara lightpainting.

Dengan tehnik longexposure, apa itu longexposure? ya, longexposure adalah teknik fotografi yang akan mengkombinasikan beberapa objek diam dengan objek yang bergerak, lalu ditambah juga dengan menggunakan Shutter-Speed yang sedikit lambat untuk mendapatkan efek pergerakan (atau jejak) dari benda yang bergerak.



Tutor disini hanya untuk pengguna DSLR, mirrorless, prosummer, dan handphone, tidak semua smartphone bisa untuk motret longexposure, apakah hp anda support? Silahkan baca di akhir artikel ini.


Bila hp kalian tidak support, berarti kalian harus Lem Biru ( Lempar Beli Baru ), atau bisa pinjem kamera kawan.

Apa saja yang di butuhkan untuk membuat percikan seperti kembang api?
1. Kamera support pure manual mode
2. Tripod
3. Steelwool / lampu led warna warni / pedang saber/flash hp, kalo gaada smua gmana? bisa menggunakan lampu belakang kendaraan dijalan Raya,
4.kocokan telur, dan korek (ini hanya buat yg menggunakan steelwool) 

beli steelwool dimana? di toko ada yg jual paketan isi 6steelwool dan kocokan telurnya, atau bisa coba cari di ACE hardware 

Sebelum masuk ke tehnik, kalian harus punya lokasi yang seimbang. ya, gelap, dan sepi, bisa di lapangan atau di taman, atau di depan rumah bisa asal bisa mainin framing aja.

Buat yang steelwool, pastikan tempat benar benar jauh dari masyrakat umum, alias SEPI, dan tidak sesuatu yg mudah terbakar, karena steelwoolnya dibakar, 

Masuk tutor  
1. Pasang kamera kalian ditripod yang kokoh, 
2. Setting kamera kalian dengan settingan :
ISO 100-500 
(Direkomendasikan 100)
shutter speed 15" atau 30" 
dan bukaan diagframa diatur sampai metering exposure sampai under 1titik saja, kalo over exposure berarti kecilkan lagi bukannya, contoh seperti f16/f22 dst nya 
format bebas, boleh JPEG dan RAW,  MF (manual focus mode)focusnya bagaimana? kan gelap, arahin saja lensanya ke arah tempat yang terang, lalu focus, dan timer 3/5detik.

nah untuk yg steelwool, bila kalian motret sndiri, bisa menggunakan timer 3/5detik,, ketika udah sett setingan dengan benar, langsung kasih timer 3/5 detik, lalu kalian lari ke tempat yang sudah di tentukan oleh anda, lalu bakar steelwoolnya, langsung putar2 hingga kamera selesai merekam gambarnya/menangkap gambarnya, bila kamera udah selesai menangkap gambar, kalian bisa cek hasilnya, kurang bagus? explore terus yah! 

Buat yang pake led/flash hp, bila motret sndiri, sama ya, pake timer juga, 3/5detik,, bila pengen nulis nama menggunakan flash hp, langsung lari ke depan kamera, kalian gerak gapapa yah, kalian gabakal ada dikamera, kecuali kalian nya diam.

Dibawah ini adalah contoh foto longexposure menggunakan steelwool dan flash hp dan lampu led versi Facebook Ganendra tedja.

Sekian, selamat mencoba yah!






Inilah beberapa hp yang bisa lightpainting, type manakah milik anda?
samsung
galaxy Kzoom
galaxy s4zoom
samsung galaxy s7/e
samsung galaxy s8/8+
note 8
note FE

xiaomi
mi4(khusus sensor imx214 aja yg bisa. karena mi4 jenis kamera belakang ada 2 jenis..bisa dicek pake app HW device info)
mi4c (ini juga berlaku untuk yg dapet sensor imx258 caranya bisa dengan sedikit modifikasi file lib camera..digroupnya alat dan bahan dah lengkap. so biasa pengguna xiaomi kebanyakan harus siap/bisa oprek.
mi note / mi note pro
mi 5/ prime /s
mi 5c (oprek)
mi max 2
mi note 2
Mi note 3

huawei
Y6 II
honor 4c (harus pake custom rom kangvip)
honor 5c
honor 6
honor 6plus
honor 6x
honor 8
honor 8plus
honor 9
P8 Lite
P8 premium
G9 Lite
P9 Lite
P9
P9 plus
P10 lite
P10
P10 plus
nova 2i
nova 2s
mate s
mate 7
mate 8
Mate 9
honor v10
mate 10 pro

Vivo
Y series dari 31-71 (?)
Y55s
Y69
x5pro
xshoot
V5 series (lite,plus,s)
V7/7+
V9 series

OPPO
A37
A39
A57
A71
A83
F1s /plus a.k.a R9/s/+
find 7
find 7a
F3
F5
F7

Meizu
M2note
M3x
M3note
MX4pro
M5note
MX6
.
Oneplus
OnePlus One
OnePlus 2
One Plus 3T
One Plus 5
One Plus 5T
.
Asus
zenfone 2 series
zenfone selfie
zenfone 3 series
zenfone 4 max/selfie/pro
zenfone zoom s
padfone S

LG
LG G4 (usahakan cari SN diatas 610 ya..biar ga bootloop/matot wkwkwk)
LG G5 series
LG G6
LG v10 (ini penyakitnya sama kek G4 yaitu bootloop auto matot)
LG v20
LG v30

ZTE
Z11 max
axon elite
axon 7
Nubia m2
.
Lenovo
Zuk z2 /z2 pro ( wajib upgrade ke android N )
*Daftar sangat bisa berubah seiring dengan kemajuan teknologi smartphone.
Zenfone 3 
32" 3200 RAW Image.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait