Nama dan Lokasi Pasar-pasar di Bondowoso

bondowoso - Nama dan Lokasi Pasar Bondowoso - Pasar merupakan tempat berbagi semua aktifitas, tidak hanya jual beli tetapi juga tempat pertemuan. Pasar tradisional setiap kabupaten selalu ada walaupun terdapat pasar modern alias mall/palza. Begitu pun juga kabupaten Bondowoso yang hampir setiap kecamatan memiliki pasar tradisional.

Perbedaan Pasar tradisional dan pasar modern di Bondowoso selalu ada baik itu dari segi harga hingga kualitas barang, Namun, disini kita tidak membahas perbedaan tersebut. Yang kami bahas hanya lokasi dan aktifitas pasar-pasar di Bondowoso.

Pasar-pasar yang berada di Bondowoso yaitu :
1. Pasar Bondowoso (Pasar Induk Bondowoso)
Pasar Bondowoso yang letak sangat strategis di tengah keramaian kota berada di kecamatan Blindungan. Pasar Bondowoso merupakan pasar terbesar di Bondowoso orang menyebutnya pasar induk.

Pasar yang sangat luas selalu ramai aktifitas jual beli pagi siang dan malam hari. Pasar induk Bondowoso ini baru saja di renovasi oleh pemerintah Bondowoso.


2. Pasar Wringin Arak-arak
Pasar yang satu ini berada di kawasan paling barat kabupaten Bondowoso, Bila anda mengunjungi Bondowoso melalui jalur besuki pastinya anda akan bertemu dengan pasar wringin. Lokasi pasar wringin yang sangat strategis berada di pinggir jalan raya.

Pasar yang selalu aktif setiap hari terutama di pagi hari, siang hari pun masih aktif, dan untuk malam hari hanya sebagian kios pasar yang aktif.  Bermacam-macam barang yang di jual di pasar wringin, sangat mudah menemukan barang yang anda cari karena pasar ini juga besar dan ramai jual beli.

3. Pasar Pakem
Pasar pakem ini juga berada di kawasan barat kabupaten Bondowoso, lokasi pasar pakem jauh dari jalan raya. Pasar pakem berada di barat kantor kecamatan Pakem, luas pasar pakem tidak seluas pasar wringin karena pasar pakem hanya beraktifitas di pagi hari saja.

Pada hari kamis, pasar pakem selalu menjadi tempat jual beli ternak terutama jual beli sapi, maka orang biasa menyebutnya pasar sapi pakem. Pasar sapi pakem beroperasi pada hari kamis saja, untuk hari-hari lainnya hanya digunakan jual beli kebutuhan pokok.

4. Pasar Curahdami (Pasar Sumbersuko Curahdami)
Pasar yang satu ini pasar yang jauh dari jalan raya dan jauh dari pusat kecamatan karena pasar ini pasar yang menghubungkan 2 kecamatan yaitu kecamatan Curahdami dan kecamatan Binakal. Pasar Curahdami ini selalu ramai setiap paginya, untuk malam hari pasar ini tidak ada aktifitas jual beli.

5. Pasar Grujugan
Kecamatan Grujugan memiliki 2 pasar yaitu Pasar Grujugan Bondowoso yang letaknya di Desa Taman dan pasar kreongan grujugan di desa grujugan Lor. Pasar grujugan Bondowos aktif di pagi hari saja sampai siang hari, untuk malam hari tidak ada aktifitas jual beli.

Lokasi Pasar grujugan sangat strategis berada di pinggir jalan raya nasional jember Bondowoso dan Utara kantor kecamatan Bondowoso dan barat kantor UPTD diknas cabang grujugan Bondowoso. Lokasi pasar kreongan grujugan pun startegis pinggir jalan raya menghubungkan Koncer Tamanan.

6. Pasar Maesan
Pasar ini berada di kawasan selatan kabupaten Bondowoso letak di kecamatan Maesan. Pasar maesan berada di pinggir jalan raya nasional jember bondowoso. pasar yang selalu ramai aktifitas jual beli terutama pagi hingga sore hari. Untuk malam hari pasar maesan hanya beberapa toko saja yang melakukan aktifitas jual beli.

7. Pasar Tamanan
Pasar ini merupakan pasar terbesar nomer 2 setelah pasar induk Bondowoso, aktifitas jual beli dari pagi hingga malam hari selalu ada tetapi untuk malam hari hanya sebagian saja yang aktif. Pasar ini menghubungkan jalan Bondowoso Sukowono jember.

8. Pasar Pujer
Pasar Pujer, pasar ini pasar yang selalu ramai jual beli dari pagi hingga sore. Banyak yang mengatakan pasar ini pasar termurah di Bondowoso selain pasar induk. Pasar pujer yang tepatnya berada di pinggir jalan raya pujer tlogosari sedikit ke timur kantor camat pujer.

9. Pasar Sukosari
Pasar Sukosari ini pasar yang berada di jalan raya bondowoso menujukawah ijen, letaknya dekat denga terminal sukosari. Aktifitas pasar hanya terjadi pada di pagi, untuk siang sore dan malam hari sangat jarang sekali. Pasar yang sudah lama berdiri belum juga di renovasi namun bangunan masih kokoh.

10. Pasar Wonosari
Pasar ini juga terbilang besar dan luas namun pasar ini hanya aktifitas pagi samapai siang saja, untuk sore dan malam hari hanya beberapa kios saja yang buka. Lokasi pasar ini berada di di jalan raya Bondowoso Situbondo.

11. Pasar Tapen
Pasar Tapen tidak sebesar pasar wonosari, aktifitas jual beli pun hanya terjadi di pagi saj, sia sampai malam hanya beberapa kios yang melakukan jual beli. 

12. Pasar Klabang
Pasar ini memiliki gedung yang sangat besar seperti gedung pasar maesan namun katifitas jual beli dii pasar kalbang sedikit sekali, hanya ramai pada pagi hari. pasar Kelabang Bondowoso berada di jalan raya Bondowoso situbondowoso.

13. Pasar Tegal Ampel
Pasar Tegal ampel ini berada di kawasan Bondowoso bagian utara, pasar ini tepat di perempatan jalan besar dekat dengan kantor camat Bondowoso dan kantor Polsek Tegal Ampel. aktifitas terjadi hanya di pagi hari saja, siang dan sampai malam hari tidak ada aktifitas jual beli.

Di kecamatan Tegal ampel pun kini di bangun pasar hewan terbesar di Bondowoso, bangunan tersebut saat ini masih belum ada tanda-tanda aktifitas jual beli hewan terutama sapi karena masih menempati pasar hewan yang lama dan belum di resmikan oleh bupati Bondowoso.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait