Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Jangan Panik, ini Caranya

bondowoso - Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi - Cegukan menyebalkan untuk orang dewasa, serta bayi. Bayi biasanya tidak terpengaruh oleh cegukan dalam diri mereka. Tapi tetap saja, bayi cegukan mengkhawatirkan bagi orang tua. Banyak, sungguh, bayi yang masih bisa tertidur saat cegukan tanpa diganggu. Cegukan bayi pada dasarnya tidak memiliki efek buruk atau efek tertentu pada pernapasan atau kesehatan bayi, dan masih bisa dikatakan normal.

Beberapa cara untuk mengatasi cegukan pada bayi :
1. Berikan ASI dan biarkan bayi bersendawa
Menyusui bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi cegukan bayi Anda. Menyusui dapat membantu diafragma anak Anda untuk rileks dan menghentikan cegukan. Setelah menyusui, Anda dapat membiarkan bayi bersendawa untuk memberi ruang agar udara terperangkap di perut bayi. Nah, udara juga menjadi faktor cegukan bayi.

2. Sesuaikan posisi bayi
Setelah proses menyusui dan bersendawa, saatnya menyesuaikan posisi bayi. Pegang dan sesuaikan posisi bayi dalam kondisi berdiri tegak, bisa sambil memegang. Anda juga bisa menepuk punggung bayi dengan lembut. Ini bertujuan membantu gas perut untuk naik.

3. Berikan sesuatu untuk disedot
Berikan anak Anda sesuatu untuk disedot, seperti puting, puting, atau puting. Metode ini bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan bayi. Gerakan mulut dan trik sedotan di perut bayi diyakini merangsang bersendawa dan menghentikan cegukan pada bayi.

Cegukan Pada Bayi

4. Bawa bayi ke tempat yang hangat
Untuk mengatasi cegukan bayi, ambillah dan letakkan bayi di tempat yang hangat dan lembab. Hindari kamar ber-AC atau suhu yang agak dingin. Mengingat cegukan pada bayi bisa disebabkan oleh suhu yang berubah dingin.
Tips mencegah cegukan pada bayi

Ketika Anda ingin menyusui atau memberi makan bayi Anda, berikan saat bayi tenang, tidak menangis, atau bahkan lapar. Ini dilakukan untuk menghindari udara masuk bersama dengan makanan dan menghindari perut kembung bayi.
Setelah menyusui, hindari kegiatan seperti menggendong bayi dengan gerakan memantul ke atas dan ke bawah.

Jaga bayi Anda tetap tegak selama 20 hingga 30 menit setelah makan.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait