9 Tempat Wisata Yang Bagus di Bondowoso Selain Kawah Ijen

bondowoso - Wisata Yang Bagus di Bondowoso - Salah satu tempat yang bagus dan menarik wisata Bondowoso yaitu kawah ijen, wisata-wisata Bondowoso cukup menarik dan wajib anda kunjungi. Tidak hanya wisatawan lokal yang mengunjungi kawah ijen, tetapi wisatawan internasional juga selalu mengunjungi wisata danau kawah ijen.

Kawah ijen kabarnya merupakan danau kawah terbesar nomor 2 di dunia dan menghasilakan belerang sebagai bahan baku obat-obatan. Kawah ini tidak henti-hentinya memproduksi belerang, setiap harinya petani belerang menambang belereang di lereng danau kawah ijen.

Perlu anda ketahui, untuk berwisata ke kawah ijen yang perlu anda siapkan yang paling utama adalah kesehatan dan fisik. Karena lokasi dari alun-alun Bondowoso menuju kawah ijen yang cukup sulit walaupun jalan telah di aspal mulus namun sedikit licin.

Sesampai di paltuding ijen Bondowoso (parkiran / pintu masuk kawah ijen) anda harus berjalan kaki sepanjang 3Km, jalan yang menanjak dan berkelok-kelok membuat anda cepat capek dan lelah. Dipertengahan perjalanan nanti, akan ada tempat istirihat petani belerang, siapa saja boleh mampir dan beristirahat sekalian mengisi perut yang kosong.

Danau Kawah Ijen Jarak 100 Meter


Kawah Wurung

Masyarakat sekitar menyiapkan jasa angkut menggunakan gerobak dorong, jasa ini khusus bagi anda yang tidak kuat untuk berjalan lagi namun masih ingin melihat indahnya panorama danau kawah ijen. Biaya jasa angkut wisatawan di kawah ijen cukup terbilang terjangkau, dibandingkan anda harus berjalan menanjak.

Setelah anda mencapai puncak kawah ijen anda, anda bisa lanjutkan turun ke danau kawah ijen sepanjang 1Km dengan jalan berkelok-kelok dan bebatuan yang susah di lewati. Jalan yang sempit, selalu berhadapan dengan lawan arah dan mengantri. Mohon utamakan petani belerang yang mengangkut belerang, jangan berebut menuju danau kawah ijen.

Jika akan beranjak ke kawah ijen seharusnya berangkat di malam hari, karena sesampai di danau kawah ijen, anda akan menyaksikan bluefire kawah ijen yang indah berada di tebing danau kawah ijen.

Ada peraturan baru di buat oleh petugas penjaga kawah ijen, yaitu wisata kawah ijen dibuka jam 12 malam sampai jam 12 siang. Peraturan ini dibuat karena 12 siang sampai 12 malam danau kawah ijen mengeluarkan asap belerang yang sangat mengganggu pernafasan anda, maka dari itu bagi anda yang memiliki penyakit paru-paru dan pernafasan di mohon untuk tidak memaksakan diri untuk berkunjung ke kawah ijen.

Tidak perlu memaksakan diri menuju kawah ijen karena masih banyak tempat wisata bagus di Bondowoso, seperti kawah wurung, air terjun blawan, pemandian air panas blawan, dan kalipahit.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke kawah ijen dan bermalam penginapan dekat kawah ijen, hotel dan homestay selalu siap memanjakan tubuh anda. Harga kamar hotel dekat kawah ijen bisa anda tanyakan langsung kepada resepsionis hotel, dan harha kamar homestay / villa dekat kawah ijen tidak jauh beda dengan hotel, jadi jangan pilih-pilih tempat penginapan.

Cobalah anda berkunjung ke wisata yang bagus Bondowoso seperti bosamba rafting, bukit mahadewa, puncak scorpio, puncak p28, rawa indah almor, air terjun suco maesan, goa pacalangan, bendungan sungai sampean baru, dan wisata religius Ki Ronggo.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share Tempat Wisata Yang Bagus di Bondowoso Selain Kawah Ijen agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait