Kabupaten Bondowoso

Kabupaten Bondowoso adalah salah satu kabupaten dalam Provinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Kabupaten Bondowoso tempat menarik, kota kecil penuh dengan wisata alam yang mempesona keindahannya.

Selama ini Kab. Bondowoso mendapat predikat dengan status kota/kabupaten tertinggal maka dari situlah jarang sekali orang mengenal kabupaten Bondowoso.

Pemerintah Bondowoso tidak tinggal diam yang selama mendapat status kota tertinggal, usaha pemerintah merubah status membuahkan hasil namun masih menunggu SK Presiden akhir tahun 2019.

Peta Kabupaten Bondowoso

Bondowoso kota sebagai jantung kabupaten Bondowoso terdapat di kecamatan Bondowoso. Jika beranjak ke alun-alun Bondowoso, biasanya orang bondowoso menyebutnya Bondowoso kota. Alun-alun Bondowoso yang sebutan lainnya adalah Alun-alun Ki Raden Bagus Asra.

Nama unik dimiliki oleh salah satu kabupaten di Jawa Timur ini. Ketika mendengar nama kabupaten ini, secara otomatis orang berpikir pada hantu dan tape karena memang tempatnya yang penuh mistis dan makanan khasnya Tape.

Bagi sebagian orang, kabupaten yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa ini mungkin masih terdengar asing, padahal kabupaten Bondowoso memiliki begitu banyak potensi wisata alam menarik seperti surga yang tersembunyi.

Nama Bondowoso mungkin belum banyak terdengar. Bondowoso adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini sekaligus merupakan ibukota kabupaten Bondowoso.

Wisata Air Terjun Bondowoso

Kabupaten Bondowoso bersebelahan dengan kota besar seperti Situbondo, Probolinggo, Jember, dan Banyuwangi. Bondowoso sebelah selatan berbatasan dengan jember.

Di wilayah utara berbatasan dengan Situbondo, Bondowoso barat berbatasan dengan Probolinggo, Bondowoso bagian timur berbatasan dengan Banyuwangi.

Jangan ngaku reng mandebesah ( orang Bondowoso ) jika tidak tahu sejarah singkat Bondowoso apalagi daerah-daerah Bondowoso. Kabupaten yang satu ini emang kota kecil namun banyak kenangan yang tak terlupakan jika berwisata sekitar Kabupaten Bondowoso.

Menurut sejarah Bondowoso, alun-alun yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda sebagai pusat pemerintahan dan latihan prajurit kolonial Belanda.

Monumen gerbong maut menjadi saksi bisu bahwa Bondowoso pernah di singgahi prajurit kolonial Belanda. Pahlawan Bondowoso Ki Ronggo bersama ulama dan masyarakat berhasil mengusir kolonial Belanda dari Bondowoso.

Sebagian besar wilayah Bondowoso merupakan hutan, hutan Bondowoso masih alami dan terbukti dengan kesejukan udara setiap waktu.

Wisata Batu So'on Megalitikum Kabupaten Bondowoso

Ada puluhan wisata alam, wisata alam Bondowoso paling banyak berada di kecamatan Ijen yaitu kawah Ijen, wisata air terjun, pemandian air hangat, bosamba rafting dan padang rumput.

Harga tiket wisata sangat terjangkau dan ada jasa pandu wisata yang siap menggaet anda menuju wisata yang anda inginkan.

Jika anda berwisata dan bermalam, anda tidak perlu khawatir untuk bermalam karena banyak hotel Bondowoso di tengah kota dan di pinggiran kota.

Di tengah kota ada beberapa daftar hotel di Bondowoso yaitu Hotel Palm Bondowoso, Hotel Ijen View Bondowoso, Baru Hotel Bondowoso, hotel Selamet Bondowoso, dan Hotel Kinanti Bondowoso.

Alamat Hotel Ijen View di jalan Hos Cokrominoto Tamansari Bondowoso, selatan pom bensin tamansari Bondowoso. Alamat Hotel Palm Bondowoso di jalan A. Yani 700 Meter selatan alun-alun Bondowoso atau 100 meter selatan kantor PDIP Bondowoso.
Wisata Kawah Ijen Kabupaten Bondowoso

Hotel-hotel di atas termasuk daftar hotel termurah di Bondowoso. Harga hotel palm Bondowoso dan harga hotel ijen view Bondowoso sekitar Rp 100.000 hingga Rp 500.000 atau bisa anda tanyakan langsung ke resepsionis hotel masing-masing terkait dengan harga kamar hotel Bondowoso.

Untuk di kawasan kecamatan Ijen juga ada Hotel kawah Ijen Bondowoso, Bondowoso hotel, Bondowoso ijen bamboo homestay Bondowoso regency east java, dan Bondowoso hostel.

Hari ini lagi musim kemarau, sangat cocok bagi anda yang ingin mengunjungi wisata Bondowoso karena rata-rata kabupaten memiliki wisata alam yang ekstrim kurang cocok jika di kunjungi di musim hujan.

Apalagi jika anda mengunjungi kawah ijen Bondowoso maka kesempatan anda mengunjungi di musim kemarau karena di musim kemarau anda bisa melihat langsung keindahan panorama bluefire kawah ijen (api biru kawa ijen Bondowoso).

Menginaplah di hotel dekat kawah ijen atau penginapan di paltuding kawah ijen jika anda datang disiang hari dan melanjutkan pendakian ke kawah ijen di malam hari, kamar hotel dekat kawah ijen sangat murah.

Beristirahatlah sejenak agar tidak lelah karena pendakian dan rute menuju danau kawah ijen sangat sulit dan menanjak.

Sambil menunggu malam hari alangkah baiknya anda menikmati kopi arabika ijen Bondowoso, kopi robusta Bondowoso, dan kopi luwak Bondowoso. Kopi Arabika ijen Bondowoso memiliki khas tersendiri yang berbeda dengan kabupaten lain.

Jika mengunjungi pada musim hujan, bluefire hanya nampak beberapa saja dan api kecil. Apabila ingin melihatnya, harus malam hari karena kalau siang hari cahaya api berbenturan dengan cahaya matahari.
Petani Tembakau Bondowoso

Hotel di dekat kawah ijen Bondowoso yaitu Homestay Bondowoso dan Villa hotel kawah Ijen. Jika anda kebingungan anda bisa tanya ke warga sekitar hotel di sekitar kawah ijen yang terdekat dengan gunung ijen. 

Banyak sekali hotel kawah ijen, sayang sekali kami tidak mendpatkan informasi nama-nama hotel dekat kawah ijen.

Bondowoso highland paradise sangat cocok sebutan itu untuk kabupaten Bondowoso karena kotanya sungguh wonderful banyak wisata alam yang tersembunyi seperti surga.

Memiliki beberapa air terjun yaitu air terjun kembar, Air terjun mini dan air terjun niagara, air terjun niagara ada dimana? air terjun niagara ada di blawan sempol ijen Bondowoso.

Bulan Juli 2018 Bondowoso telah mengadakan pilkada (Pemilihan Kepala daerah), Pilkada Bondowoso berjalan dengan sukses dan aman, tidak ada aksi demo. Tahun 2023 Bondowoso akan melaksanakan Pilkada Bondowoso 2023 mencari pemimpin daerah.
Wisata Kawah Wurung Kabupaten Bondowoso

Makanan khas Bondowoso adalah tape, setiap berkunjung ke Bondowoso atau berpergiann kerumah sanak saudara pasti tidak luput membawa oleh-oleh tape. Tape kuning menjadi khas Bondowoso yang rasanya manis alami tanpa pemanis buatan.

Seiring dengan permintaan luar, Bondowoso yang sejak dulu penghasil kopi kini mulai meningkatkan produksinya dengan melebarkan lahan kopi mengurangi hutan sekitar. Lahan dengan ketinggian di atas 1000 meter permukaan laut cocok untuk tanaman kopi arabika.

Hasil tanaman kopi telah di ekspor ke Amerika dan Eropa, di Indonesia pun banyak toko yang menjual kopi Bondowoso yang di kenalnya dengan kopi andungsari dan kopi ijen.

Dan kini Bondowoso mendapatkan sebutan Bondowoso Republik Kopi, yang telah di deklarasikan Bondowoso Republik Kopi (BRK) oleh Bupati Bondowoso tahun 2016.

Wisata Goa Bondowoso

Sebagian lahan di Bondowoso di tanami singkong, padi, dan tembakau pada musim kemarau. Di bagian dataran tinggi selain kopi, lahan Bondowoso di tanami sayur dan buah.

Informasi lengkapnya terkait dengan Bondowoso silahkan kunjungi langsung atau lihat di situs bondowosokab.go.id.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel