Kawah Ijen

Kawah Ijen - Alasan Kawah Ijen Harus Dikunjungi Paling Tidak Sekali Seumur karena Kawah Ijen Bondowoso memberikan banyak pelajaran kehidupan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2799 Mdpl, ujung gunung ijen membentuk kawah yang luas berupa danau yang terisi air belerang berwarna hijau. Para pendaki bisa melihat danau kawah ijen dengan jarak dekat akan tetapi tidak diperbolehkan memegang air danau.

Wisata Kawah Ijen di Jawa Timur masih ramai di perbincangkan di media sosial dan masih menjadi favorit para pelancong. Di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso, Anda dapat memulai perjalanan yang tidak akan terlupakan selama sisa hidup Anda!
Kawah Ijen, tujuan wisata yang terletak antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Memiliki lebih dari dua ribu pengunjung setiap bulan, Kawah Ijen adalah tempat wisata yang membuat banyak orang penasaran. Gunung Ijen atau yang lebih dikenal dengan Kawah Ijen termasuk jejeran gunung aktif hingga saat ini.

Banyak hal menarik yang bisa dinikmati di Kawah Ijen, mulai dari fenomena Blue Fire hingga titik matahari terbit. Blue fire atau kobaran api biru Kawah Ijen Bondowoso, Jawa Timur merupakan fenomena langka yang hanya ada dua di dunia.

Kawah ijen Bondowoso yang indah dan di hiasi dengan bluefire (api biru) jika di kunjungi malam hari. Pesona Api Biru Kawah Ijen yang Hanya Ada Dua di Dunia, Keindahan bluefire kawah ijen ini merupakan terbesar nomer 2 di dunia.

Kawah ijen Bondowoso sekian hari semakin mudah untuk di kunjungi mulai jalan utama yang mulus dan warga Bondowoso sekitar menuju kawah ijen yang ramah. Mulai dari yang muda hingga yang tua terlihat di pintu masuk semangat ingin melihat fenomena alam yang jarang di temui di negara lain.

Semangat itu akan berkurang beberapa langkah dari pintu masuk, karena medan menuju kawah ijen yang miring membuat tenaga berkurang drastis. tapi tenang saja, anda tetap sampai ke atas gunung ijen dengan jasa sewa yang telah di siapkan panitia kawah ijen. Saat ini wisata kawah ijen menerima jasa angkut menuju Danau kawah ijen menggunakan kereta dorong.

Indonesia yang kaya dengan keindahan alamnya seperti kawah ijen tak akan mudah di lupakan oleh wisatawan luar negeri.

Tiket masuk kawah ijen
Wisatawan lokal
Tiket Masuk Kawah Ijen Hari biasa : Rp 5000
Tiket Masuk Kawah Ijen Hari libur / akhir pekan : Rp 7000

Wisatawan mancanegara
Tiket Masuk Kawah Ijen Hari biasa : Rp 100.000
Tiket Masuk Kawah Ijen Hari libur / akhir pekan : Rp 150.000

Rute menuju kawah ijen atau jalur menuju kawah ijen cukup mudah, jika anda naik bus dari Surabaya sebaikknya anda langsung cari bus tujuan Bondowoso. Setelah sampai terminal Bondowoso anda langsung naik angkot bus mini jurusan Sempol (ijen). Nanti anda akan langsung di antar ke pintu masuk wisata kawah ijen Bondowoso.

Danau Kawah Ijen
Dengan tiket murah wisata kawah ijen Bondowoso yang cukup terjangkau oleh siapa pun. Setelah anda membayar tiket masuk di wisata kawah ijen Bondowoso, anda berjalan kaki melewati penanjakan cukup jauh sekitar 3KM dengan kemiringan 25 derajat. Memang cukup lelah bagi pemula namun kelelahan itu akan terbayar dengan keindahan alam sepanjang perjalanan dan keindahan panorama danau kawah ijen.

Setelah sampai puncak kawah ijen dan anda memiliki tenaga cukup banyak, anda bisa turun ke kawasan penambangan belerang atau kawasan danau. Sebelum anda turun ke kawasan danau anda sebaiknya mempersiapkan respirator atau menggunakan masker yang di basahi dengan air agar pernafasan anda tetap terjaga.


Jika anda turun ke danau kawah ijen, anda sebaiknya datang di malam hari karena bluefire kawah ijen Bondowoso akan nampak di malam hari.

Banyak jasa travel yang siap mengantar anda ke wisata kawah ijen. Persiapan yang harus anda siapkan sebelum menuju wisata kawah ijen adalah kesehatan dan Kamera, karena sekitar wisata kawah ijen banyak sekali wisata yang akan anda kunjungi selain itu juga anda medan menuju kawah ijen cukup tinggi. Jika anda kelelahan berjalan untuk menuju danau kawah ijen, anda bisa menggunakan jasa orang sekitar menggunakan kereta dorong.

Dengan banyaknya wisata di sekitar kawah ijen, sebaiknya anda mengabadikan moment indah yang bisa anda pamerkan ke saudara dan teman anda tidak akan mengecewakan.

Ingin Mengunjungi Gunung Ijen Juga? Baca tips mendaki gunung ijen ala backpacker
Hal Penting yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berkunjung ke Kawah, Jika Anda ingin berwisata Gunung Ijen juga, berikut adalah beberapa informasi yang harus Anda ketahui :

Waktu Terbaik untuk Mendaki Gunung Ijen
Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Ijen adalah antara Mei dan Oktober, dengan bulan terbaik adalah Juli. Jika bisa, cobalah menghindari akhir pekan dan hari libur karena akan lebih banyak wisatawan lokal maupun internasional / turis.

Kesulitan Mendaki : Sedang
Mendaki Kawah Ijen bukanlah pendakian yang mudah dan juga bukan yang super sulit. Namun, beberapa tingkat kebugaran diperlukan. Bagian tersulit dari pendakian adalah jam pertama sebagai jalan setapak, yang luas dengan hampir tidak ada batu karang. 20-30 menit terakhir ke atas adalah yang paling mudah, karena jalur pendakian kawah ijen cukup mulus tetapi menanjak sejauh 3km membutuhkan 3jam perjalanan bagi pemula.

Setelah sampai puncak gunung ijen, kita bisa turun ke danau kawah sekaligus tempat menambang belerang, 30-45 menit kita sampai ke danau, bisa sedikit menyulitkan karena jalannya curam, berbatu dan licin.

Yang di butuhkan di saat mendaki gunung :
  1. Sepatu hiking yang tepat
  2. Asuransi perjalanan (Kami merekomendasikan travel internasional)
  3. Masker gas
  4. Headlamp / senter
  5. Baju hangat dan jaket
  6. Camilan air dan ringan
  7. Sarung tangan / topi
  8. Kamera favorit Anda
Panduan (Meskipun tidak diperlukan, kami sangat merekomendasikannya. Gunung Ijen mungkin bukan sesuatu yang ingin Anda atasi sendiri.)

Tips mencari travel dan gaet
Carilah travel gaet yang tidak hanya memastikan anda aman dan open trip kawah ijen, tetapi juga memastikan bahwa liburan anda adalah pengalaman seumur hidup. Mereka memberi anda segala yang anda butuhkan seperti masker gas, pakaian hangat, transportasi, sarapan Jawa buatan sendiri, donat, dan pengalaman yang menyenangkan. Kami sangat merekomendasikan mereka untuk mendaki Gunung Ijen!

Tips Mendaki Kawah Ijen
  1. Saat Anda mulai berkeringat saat memanjat, lepaskan lapisan sehingga begitu Anda berada di atas, Anda tidak akan mati kedinginan karena pakaian Anda basah.
  2. Jangan lupa untuk sesekali berhenti untuk menatap langit yang dipenuhi bintang, itu menakjubkan.
  3. Jika Anda ingin melihat api biru, pergilah ke kawah sekitar 4 - 4:30 pagi, paling lambat. Anda hanya bisa melihat api dalam gelap antara 5 - 6 pagi. Setelah matahari terbit, nyala api menghilang.
  4. Gunakan kamar mandi sebelum kenaikan dimulai, karena tidak akan ada toilet dalam perjalanan mendaki gunung.
  5. Tinggalkan perhiasan dan pakaian mewah di rumah jika Anda tidak ingin merusaknya.
  6. Tiga lapis pakaian adalah ide bagus karena bisa sedingin 5 ° C di bagian atas.
  7. Luangkan waktu Anda untuk mendaki, tidak perlu terburu-buru! Tenangkan diri Anda dan nikmati pendakian tanpa memaksakan batas Anda.
  8. Sebelum mendaki, lupakan semua harapan Anda dan biarkan diri Anda untuk benar-benar merasakan Gunung Ijen dan kagum.
Untuk ke depannya Kawah ijen Bondowoso akan ada tranportasi kereta gantung dari paltuding menuju kawah ijen. Mudah-mudahan perencanaan ini menjadi lancar agar pendaki pemula tidak kesulitan menuju puncak ijen.

Kami harap panduan ini bermanfaat dalam merencanakan perjalanan Anda ke Gunung Ijen dan jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya kepada kami di komentar di bawah.

Ketika anda berwisata ke kawah ijen, anda wajib menikmati pemandangan penanjakan alam, bluefire kawah ijen Bondowoso, air terjun blawan, bukit teletubies, rumah belanda, air tejun busa. Dan tak lupa anda juga bisa menikmati kopi asli ijen yakni kopi arabika dan kopi robusta ketinggian 2799mdpl, kopi luwak asli ijen pun tak kalah nikmatnya dan asli luwak liar.

Untuk penginapan / hotel paling dekat dengan kawah ijen yakni guest house, rumah belanda, kawah ijen hotel, kawah ijen inn, dan banyak lagi penginapan yang terdekat dari gunung ijen Bondowoso.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.