Alasan-alasan Mengapa Kita Hidup di Bumi Menurut Ilmuan

bendebesah - Mengapa kita hidup di Bumi? Pertama, penting untuk memahami bahwa setiap bahasa hampir memiliki nama sendiri untuk planet ini. Misalnya disebut 'terra' dalam bahasa Portugis, 'dunya' dalam bahasa Arab, atau 'aarde' dalam bahasa Belanda. Namun, apapun bahasanya, semua kata itu memiliki arti yang sama, yaitu tanah.

Kita ambil contohnya, bahasa Inggris modern menyebut planet kita 'Bumi' dan ini tentu saja merupakan kemiripan suara dengan 'aarde' dalam bahasa Belanda, atau 'Erde' dalam bahasa Jerman. Karena leluhur mereka berasal dari rumpun Anglo-Saxon yang sama (Inggris-Jerman) maka semua kata itu berarti 'tanah'.

Sekedar catatan, dalam bahasa Inggris kuno, bumi disebut 'EOR (th) e' atau 'ertha'.

Nah, bagaimana dengan Bahasa Indonesia, mengapa disebut 'bumi'? Kata 'bumi' diambil dari bahasa Sanskerta: bumi atau bhumi, dan kata ini juga berarti tanah.


Fakta Menarik
Ada beberapa fakta menarik tentang planet bumi. Seperti kita ketahui, semua nama planet di tata surya (Merkurius, Mars, Jupiter, dan kemudian) dinamai berdasarkan mitologi Romawi. Setiap planet memiliki tuhannya sendiri. Mars adalah dewa perang, Jupiter adalah raja para dewa, ia juga menjadi dewa langit dan kilat. Dan seterusnya.

Nah, bumi adalah satu-satunya planet yang tidak memiliki padanan dewa dalam mitologi. Alasannya, penciptaan bumi memiliki cerita tersendiri yang berkaitan dengan Gaia (dewi bumi).

Kembali ke asal kata 'bumi' dalam bahasa kita, beberapa mungkin bertanya, "Jika bumi diambil dari bahasa Sanskerta, bagaimana dengan kata 'dunia', dari mana asalnya?" Untuk menjawabnya, pertimbangkan lagi paragraf pertama maka Anda akan memahami etimologi kata 'dunia'.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait