5 Kelebihan Menjadi Orang Bondowoso dan Tinggal di Bondowoso

bendebesah.com - 5 Kelebihan menjadi orang Bondowoso dan tinggal di Bondowoso - Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang letaknya berada di provinsi Jawa Timur. Dulunya banyak orang yang tidak tahu Kabupaten Bondowoso, banyak orang mengira Bondowoso itu berada di Provinsi Jawa Barat masih se Kabupaten dengan Bandung karena sejak nenek moyang kita mengenal cerita Bandung Bondowoso. Sejarah Bondowoso bisa anda baca DISINI.

Bondowoso sering disebut kabupaten atau kota tertinggal, tahun 2010 Bondowoso menempati urutan ke 3 setelah kabupaten sampang dan pamekasan. Pada tahun 2015 tertuang dalam perpres (Peraturan Presiden) Nomor 131/2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015–2019. Perpres itu ditandatangani pada (4/11/2015) lalu, seperti tertuang dalam situs Setkab, Bondowoso tetap mendapat julukan Bondowoso daerah tertinggal.

Jangan pesimis dengan sebutan daerah tertinggal karena di Bondowoso dapat kita temukan kebersamaan, kekompakan, sopan santun, dan agamis masih sangat kental.


5 Kelebihan menjadi orang Bondowoso dan tinggal di Bondowoso :

1. Sosial
Ketika kita akan mengadakan hajatan kecil atau hajatan besar, tetangga kanan kiri depan belakang sekaligus saudara jauh berbondong-bondong datang untuk membantu mempersiapkan segala persiapan hajatan yang kita perlukan seperti halnya konsumsi, dekorasi, menyebarkan undangan hingga acara benar-benar selesai. Disaat kita pindah rumah, renovasi rumah saudara dan tetangga siap membantu kapan saja. Setiap hari kita dapat temukan antar tetangga berkumpul, kerja bakti, dan gotong royong.

2. Kuliner
Kuliner atau makanan di Bondowoso jauh dari obat pengawet dan polusi udara. Udara yang sejuk dan air dengan mineral yang tinggi membuat tanaman dan hewan tumbuh dengan sehat. Ketika membutuhkan sayur-sayuran, kita cukup datang ke sawah dan mengambil sayur-sayuran yang tumbuh dengan sendirinya seperti kangkung, Jamur (Kolat), cendot, buah-buahan dll.

3. Sopan Santun
Adab sopan santun di kabupaten Bondowoso masih sangat kental dan masih di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kita bertemu saudara, kawan, lawan, dan tetangga masih menyapa dengan baik. Ketika masuk rumah orang lain terbiasa mengucapkan salam dan memanggil nama pemilik rumah.

4. Aturan
Di Kabupaten Bondowoso dalam hal aturan sehari-hari masih terbilang bebas dan sanksi tidak berat karena ketika melakukan kesalahan kecil masih mendapat teguran dan berjanji tidak mengulangi lagi. Jarang sekali membawanya ke ranah hukum atau pengadilan, kecuali melakukan tindakan yang benar-benar kriminal berat seperti jual beli pemakai obat terlarang, menghilangkan nyawa orang, mencacati tubuh orang, dan berbuat hal-hal yang melanggar lainnya.

5. Agama
Dalam bidang agama inilah yang sangat penting dan paling utama, sering sekali kita melihat masyarakat melakukan ibadah dan belajar ilmu agama tanpa batasan waktu. Banyak pondok berdiri di Bondowoso dan sekolah negeri umum berbasis agama. Di sore hari dan malam hari banyak musholla sebagai tempat belajar ilmu agama, pengajar (ustad/ustadzah) pun tidak di bayar dari pemerintah (sukarela), namun dengan kesadaran wali murid yang tinggi terkadang wali murid membawa hasil pertaniannya di berikan kepada ustadz/ustadzah dengan iklash. Bagi yang tidak memiliki lahan pertanian biasanya memberi sedikit uang.

Itulah mengapa kita jangan malu jadi orang Bondowoso dan jangan malu kita tinggal di Bondowoso. Walaupun Bondowoso di sebut daerah tertinggal, banyaks sekjali segi positifnya. Jika kita bandingkan dengan kota lain yang sudah maju, 5 kelebihan diatas itu jarang kita temukan.

5 Kelebihan menjadi orang Bondowoso dan tinggal di Bondowoso ini tidak akan dilupakan ketika kita pindah ke kota lain alias kita merantau karena kebiasaan baik jika kita terapkan sejak dini sejak lahir maka akan tetap menerapkan kebiasaan baik tersebut walaupun kita sudah dewasa dan kita tinggal di kota lain.

Banyak sekali kelebihan-kelebihan menjadi orang Bondowoso dan tinggal di Bondowoso, cukup 5 kelebihan saja kita akan memahami kelbihan lainnya. Silahkan datang ke Kabupaten Bondowoso untuk membuktikan 5 kelebihan tersebut.

Dan jangan lupa datang ke tempat wisata Bondowoso, ada puluhan wisata baru di Bondowoso yang wajib anda kunjungi dan tidak akan mengecewakan karena udara sejuk, panorama pemandangan indah dan warga yang ramah. Harga tiket masuk wisata-wisata Bondowoso pun cukup murah apalagi makanan minumannya.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait