Situs Purbakala Bondowoso Yang Wajib Anda Kunjungi dan Di Rawat

Situs Purbakala Bondowoso atau Situs Megalitikum BondowosoBondowoso adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki ribuan situs arkeologi yang tersebar di kecamatan. Situs arkeologi ini merupakan peninggalan batu besar era megalitik yang menjadi objek wisata Kabupaten Bondowoso.

Situs Megalitikum Bondowoso yang menarik di kunjungi wisatawan adalah situs Goa Arak-arak, Situs Goa Buto, Situs Stonehenge Bondowoso, Situs Batu Pintu, Situs Batu Glingseran, Situs Batu Pekauman Grujugan Bondowoso, dan banyak lagi situs wisata batu megalitikum Bondowoso.

Untuk sejarah dan jaman dahulu di Bondowoso sangat bagus karena sudah terkenal dengan budaya megalitiknya. Kalau di tempat yang paling khas punya Batu Kenong di Kecamatan Grujugan Bondowoso.





Selain Batu Kenong, situs megalitik di Kabupaten Bondowoso cukup beragam. Heri mengatakan peninggalan batu besar seperti sarkofagus, kuburan kuburan, menhir, dolmen, dan batu dakon. Jumlah lokasi megalitik di Kabupaten Bondowoso.

"Terakhir kami memiliki 1.123 lembar data, beberapa situs dikumpulkan di satu tempat dan ada yang mencari (berjauhan)," kata Heri.

Kepentingan yang menghuni situs megalitik ini beragam. Heri mengatakan, wisatawan datang dari anak-anak sekolah ke periset.

"Jadi hampir semua peneliti dari UGM (Universitas Gajah Mada), UI (Universitas Indonesia) jika ingin megalitik di Jawa Timur harus ke Jawa Timur. Jika ada anak sekolah berasal dari Situbondo dan Banyuwangi. Biasanya naik bus," dia kata.

Untuk kunjungan wisata, Herilaim wisatawan dari luar Bondowoso lebih banyak datang. Situs Glingseran dan Wringin, lanjutnya, dalam satu bulan mencapai 500 pengunjung yang datang.

Bondowoso adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Situbondo di sisi utara, Banyuwangi di timur, Jember di selatan, dan Probolinggo di barat. Kabupaten Bondowoso memiliki suhu yang dingin karena berada di Pegunungan Kendeng Utara, Gunung Ijen, Pegunungan Hyang, dan gunung lainnya.

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Artikel Terkait