Oli Mesin di Campur Minyak Goreng Bikin Suara Mesin Halus

bendebesah.com - Oli Mesin Di Campur Minyak Goreng Bikin Suara Mesin Halus - Sebuah posting tentang penggunaan minyak goreng dalam mesin sepeda motor diunggah ke media sosial beberapa minggu yang lalu. Dalam postingannya, orang mengklaim minyak goreng bisa membuat suara mesin jadi halus. Unggahan ini disertai dengan foto yang menunjukkan gambar minyak goreng tengah yang dituangkan ke dalam lubang minyak. Unggahan ini viral di media sosial.

Pembimbing dari Masyarakat Pelumas Indonesia (Maspi) Juergen Gunawan berpartisipasi dalam diskusi terkait informasi tersebut. Menurut Juergen, minyak goreng adalah hasil dari senyawa kimia dari minyak nabati. Komponen dalam minyak goreng berbeda dari kimia karbon seperti pada pelumas mesin dan bahan bakar minyak.

Juergen mengatakan pelumas memang ada yang menggunakan teknik kimia dari minyak nabati, yang merupakan minyak sintetis penuh. Namun proses melumasi jenis ini sudah di filter agar tidak berdampak pada mesin contohnya glycerid. yang bertujuan untuk meminimalkan beberapa kandungan salah satunya kandungan sulfur dalam proses oksidasi agar mesin lebih satbil dan tidak mudah rusak.



"Jadi jika ditanya apakah tidak apa-apa mencampur minyak dengan minyak goreng, jawaban saya sangat berbahaya karena kita tidak tahu berapa kandungan gliserida dalam minyak goreng," kata Juergen. Juergen mengatakan telah menguji campuran pelumas dengan minyak goreng dengan metode Karl Fischer (ASTM D 1744) dan Titrasi Potensiometri (ASTM D 2896).

Hasilnya adalah peningkatan logam aus (jumlah gram), elemen kontaminan (komponen pengotor), dan kandungan air (kadar air). Selain itu terjadi pula perubahan viskositas (pelumas viskositas) yang akan berdampak pada menurunnya umur pelumas. Menurut Juergen, efek langsung dari meningkatnya keausan logam adalah potensi goresan permukaan logam (baret di permukaan mesin). Kemudian karat terbentuk karena adanya kandungan air berlebih.

"Kecepatan pembentukan H2SO4 juga lebih cepat sehingga mempercepat pembentukan lumpur (black mud) yang akan berakibat fatal bagi mesin," kata Direktur Utama PT Willbern Tritium Indonesia.

So, jangan pernah mencoba oli mesin di campur minyak goreng karena itu berbahaya. Semoga artikel ini cukup membantu bengkel yang ada di Bondowoso dan para junior pecinta otomotif.

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Artikel Terkait