Mengapa Motor 4 Tak Lebih Lamban Daripada Motor 2 Tak?

bendebesah.com - Mengapa motor 4 tak lebih lamban daripada motor 2 tak? Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, pernah melihat Ninja RR 150 2tak motor keluaran 2010 lebih kenceng dari Suzuki GSX 150 4tak keluaran 2018 ketika mereka CC sama?

Memang kenyataanya motor 2 tak lebih kencang di banding motor 4 tak, Anak otomotif atau bengkel motor di Bondowoso pasti sudah pada tahu jawabannya namun artikel ini di peruntukkan yang baru belajar tentang dunia otomotif. Jika kurang lengkap penjabaran ini, silahkan bertanya pada bengkel profesional di Bondowoso.

2 tak sendiri adalah jenis mesin yang hanya membutuhkan dua langkah kerja, atau dua putaran engkol untuk setiap proses pembakaran. Sedangkan mesin 4-langkah membutuhkan empat langkah atau rotasi setiap proses pembakaran.

▪ Langkah pertama dalam mesin kedua adalah penempatan bahan bakar untuk menghasilkan ledakan dengan busi. Langkah ini juga bertepatan dengan proses menyedot bahan bakar dari karburator. Langkah kedua adalah proses membuang pembakaran, bersama dengan hisap bahan bakar ke ruang bakar.

▪ Sementara mesin 4 langkah pertama dimulai dengan mengisap bahan bakar ke dalam ruang bakar. Langkah kedua kompresi bahan bakar untuk diledakkan oleh busi. Langkah ketiga adalah gerakan ledakan ruangan. Langkah keempat adalah pembuangan sisa pembakaran.



Nah, dari penjelasan langkah-langkah di atas, dapat disimpulkan mengapa 2t dengan kapasitas dan silinder yang sama lebih kenceng dari 4t. Itu karena 2tak hanya membutuhkan 2 putaran untuk menghasilkan tenaga, sementara 4t membutuhkan 4kali giliran untuk menghasilkan tenaga.
Terlepas dari kecepatan mesin, bobot motor juga menentukan seberapa cepat motor bisa melaju. Motor 2tak agak lebih ringan karena komponennya lebih sederhana, sedangkan 4tak memiliki lebih banyak komponen mesin, sehingga membuat motor lebih berat saat berkendara.

Namun, motor 2tak juga memiliki beberapa kelemahan, misalnya bahan bakar lebih boros, noise yang cenderung berisik, dan polusi gas besar. Motor 2tak terakhir diproduksi pada tahun 2015, diakhiri oleh Kawasaki yang berhenti melakukan produksi Ninja 2tak. Alasannya karena 2tak tidak lagi memenuhi standar (emisi).

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Artikel Terkait