Inilah Rujak Jumbo Salah Satu Kuliner Terfavorit di Bondowoso

bendebesah.com - Kuliner Bondowoso - Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen di bidang kuliner, Kabupaten Bondowoso memiliki beragam kuliner salah satunya rujak, rujak merupakan kuliner Bondowoso. Bermacam rujak yang di jual seperti rujak lontong, rujak buah dan harga rujak Bondowoso pun bervariasi sesuai kualitas dan kuantitas isi rujak mulai Rp 5000 - Rp 25.000. Untuk rasa, rujak memiliki rasa khas tersendiri tergantung sipembuat rujak, salah satunya rujak belakang dinsos Bondowoso memiliki porsi jumbo dan rasanya enak. Bagi anda yang lama tinggal di Bondowoso pastinya anda sudah tahu rujak belakang dinsos Bondowoso yang satu ini.

Tidak terasa sudah 18 tahun rujak Jumbo belakang dinsos Bondowoso yang satu ini menjadi makanan favorit masyarakat Bondowoso dan masuk kategori kuliner Bondowoso, mengapa begitu? karena hampir setiap harinya ibu rujak yang tidak mau menyebutkan namanya ini menjual rujak minimal 50 bungkus dengan porsi jumbo. Buka mulai jam 9 pagi dan tutup sampai rujaknya habis terjual, biasanya jam 14.00 wib sudah ludes terjual. Jangan khawatir kehabisan rujak, jika hari ini anda tidak sempat atau kehabisan, anda bisa datang keesokan harinya karena rujak jumbo belakang dinsos bondowoso buka setiap hari mulai senin-minggu kecuali hari kiamat.

Rujak yang di jual di belakang dinsos Bondowoso ini bisa delivery melalui jasa ojek online yang ada di Bondowoso. Jika anda ingin mencicipinya untuk makan siang atau jam istirahat kantor, sebaiknya anda order sejak pagi hari agar pada saat jam istirahat, anda bisa langsung isi perut anda tanpa harus mengantri.






Bagi anda yang belum tau rujak belakang dinsos Bondowoso, kami akan memberikan rute rujak belakang dinsos Bondowoso atau alamat rujak belakang dinsos Bondowoso ini beralamat di kelurahan kotakulon, lebih tepat belakang Kantor Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso. Jika anda start mulai monumen gerbong maut Bondowoso, anda menuju ke arah barat tanpa belok kiri atau kanan, anda cukup lurus saja melewati 2 traffic light (perempatan), setelah traffic light ke 2 (perempatan kauman) anda lurus kearah barat kurang lebih 300 meter ada kantor Dinas Sosial Bondowoso, lalu anda masuk gang ke utara 50 meter (gang yang berdampingan dengan Kantor Dinsos Bondowoso) kemudian belok kiri kurang lebih 20 meter anda akan langsung menemukan kios rujak ini.

Rujak petis adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di bagian timur Pulau Jawa. Rujak petis biasanya terdiri dari irisan ketimun, ubi, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah / kecambah, dan kangkung.

Semua bahan ini disajikan dengan saus pedas atau resep rempah-rempah yang dibuat dari pasta olahan udang, cabai, kacang goreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan udara.

Di wilayah Jawa Timur, selain petis yang biasa digunakan untuk bumbu rujak petis, ada juga yang menggunakan petis Madura kemerahan. Rujak petis biasanya disajikan dengan kerupuk tambahan, dan dengan dasar pincuk (daun pisang) atau piring.

Petis adalah komponen masakan Indonesia yang dibuat dari hasil sampingan pengolahan makanan asam (biasanya dari pindang, kupang, atau udang) yang dipanaskan sampai saus cair menjadi lebih tebal karena sausnya lebih padat. Pada pengolahan selanjutnya, petis ditambah lapisi karamel. Hal ini menyebabkan warna menjadi coklat tua dan manis.


Selain udang dan kupang, yang merupakan wadah produk berbahan baku sapi seperti susu segar, dendeng, abon, kulit dan rambak (kerupuk yang terbuat dari kulit sapi), juga dikenal sebagai sapi betis. Yakni petis dibuat dari produk sampingan dalam proses pembuatan dendeng dan parutan daging sapi. Aroma 'petis' yang dihasilkan petis tentu saja berbeda antara petis udang, petis kupang, dengan unggas sapi.

Beda dengan saudaranya, yang berupa terasi dan dikonsumsi oleh masyarakat Asia Tenggara pada akhirnya, petis nampaknya hanya dikenal di indonesia. Hampir semua negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina mengenali terasi dengan variasi bentuk sediaan, kering, basah atau semi basah, dan namanya. Tapi aroma yang keluar dari olahan udang dari negara itu sama.

Petis biasa digunakan sebagai bumbu (penyedap) pada beberapa makanan seperti rujak (cingur, tahu, gobet, manis), kupang lontong (Sidoarjo), semanggi (Surabaya), lontong racing (Wonokromo, nama daerah di Surabaya) (Lamongan), tahu tek (Lamongan), atau kemping (Madura). Telur petis di Surabaya termasuk  favorit makanan rumahan. Rasa petis ini enak dan cocok untuk lidah indonesia.

Inilah Rujak Jumbo Salah Satu Kuliner Terfavorit di Bondowoso dan masih banyak tempat jual rujak menjadi favorit selain rujak belakang dinsos Bondowoso, anda juga bisa mencicipi kuliner Bondowoso selain rujak. Kami akan menyajikan berbagai Kuliner yang ada di Bondowoso pada halaman berikutnya.

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Tag : rujak belakang dinsos Bondowoso, kuliner Bondowoso, rujak asli bondowoso, kuliner rujak, kuliner rujak bondowoso, bondowoso kota kuliner, rujak jumbo bondowoso, rujak murah dan enak bondowoso, rujak murah bondowoso, rujak cingur bondowoso, rujak cingur enak, rujak cingur khas bondowoso, makanan khas bondowoso, jual rujak bondowoso, jual rujak di Bondowoso, jual rujak cingur bondowoso, rujak cingur tamanan bondowoso, rujak murah pujer bondowoso, makanan khas bondowoso itu rujak, rujak kotakulon, rujak badean, penjual rujak kotakulon, penjual rujak badean, jual rujak badean, jual rujak kotakulon, jual rujak curahdami.

Artikel Terkait