Bondowoso tidak punya laut, kata siapa?

Laut Bondowoso - Satu persatu orang bertanya mana laut Bondowoso? laut Bondowoso dimana? nama pantai Bondowoso apa? Kabupaten Bondowoso yang letaknya berada di provisi Jawa timur merupakan salah satu kabupaten kecil dan terdata kabupaten termiskin di jawa timur di kelilingi gunung yang tinggi.

Pantai laut merupakan suatu anugerah Allah SWT yang harus di jaga dan di rawat secara maksimal, dalam perawatan laut membutuhkan orang yang profesional ahli di bidang air, maka dari itu tidak semua orang dapat merawat laut.

Kabupaten Bondowoso walaupun tidak memiliki kekayaan alam seperti laut akan tetapi Bondowoso memiliki perkebunan, sawah, dan hutan yang sangat subur. Dari perkebunan, sawah, hutan Bondowoso itulah masyarakat hidup makmur, semua masyarakat dapat mengelolanya, orang yang memiliki kemampuan maksimal pun bisa mengelolanya, walaupun tidak punya hak mengelolanya minimal merawat dan menjaganya.

Tidak perlu keahlian khusus untuk merawat perkebunan, persawahan, dan hutan. Walaupun Bondowoso tidak punya laut, namun masyarakat Bondowoso memiliki pasar ikan laut terbesar di jawa timur.


Dengan kesuburan tanah tumbuhan-tumbuhan yang tumbuh di wilayah kabupaten Bondowoso menjadi sangat indah. Keindahan sawah, kebun, dan hutan inilah wilayah Bondowoso di penuhi dengan ratusan wisata baru, seperti surga yang tersembunyi.

Dengan banyaknya ditemukan situs purbakala batu megalitikum di Bondowoso, itu berarti menunjukkan Bondowoso dahulunya merupakan kawasan subur, pada zaman kolonial Belanda pun merupakan tempat istimewa. Bondowoso penghasil rempah-rempah terbaik di Indonesia, Bondowoso merupakan salah satu pengekspor kopi.

Dengan panorama alam yang indah baik di pegunungan dan persawahan kini pemerintah Bondowoso gencar-gencar membuka peluang dan mendukung pemerintah desa untuk membuka wisata desa atau desa wisata Bondowoso.

Dengan dukungan masyarakat juga wisata desa sedikit demi sedikit di buka di wilayah pedesaan seperti wisata bukit mahadewa, wisata Rawa Indah, wisata puncak p28, wisata tasnan, wisata air terjun suco, wisata bosamba rafting, wisata puncak scorpio, wisata religius ki ronggo, wisata air terjun tancak kembar, dan banyak lagi wisata yang ada di Bondowoso.



Jadi, jika anda warga Bondowoso jangan kecewa bila ada orang bertanya mana laut Bondowoso atau nada ejekan mengucapkan Bondowoso tidak punya laut. Bondowoso sangat kaya dengan kekayaan alam, dengan kesuburan dan keindahan alam membuat Bondowoso di penuhi dengan destinasi wisata.

Jika anda orang Bondowoso asli, lahir di Bondowoso, dan di besarkan di Bondowoso maka cobalah anda hidup bertahun-tahun di kota lain, lalu anda kembali atau pulanglah ke Bondowoso, anda akan merasakan perbedaan yang luar biasa, kami yakin anda tidak ingin meninggalkan Bondowoso lagi.

Jika kita kunjungi pasar-pasar tradisional Bondowoso seperti pasar kotakulon, pasar wringin arak-arak, pasar induk Bondowoso, pasar wonosari, pasar maesan, pasar klabang, pasar grujugan, pasar sukosari, pasar ijen, dan pasar nangkaan maka kita akan langsung melihat para penjual menjual ikan laut atau hasil tangkapan di laut.

Kabupaten Bondowoso merupakan pasar ikan laut terbesar di Jawa Timur, walaupun Bondowoso tidak memiliki laut akan tetapi Bondowoso menjadi pusat atau pasar ikan laut terbesar di Jawa Timur.

Cukup sekian artikel tentang Bondowoso tidak punya laut, kenapa? Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Artikel Terkait