Wisata Sawah Bondowoso

Desa Wisata BondowosoAwan tebal menyelimuti langit di atas persawahan Bondowoso Jawa Timur. Sore hari, masih tertutup awan. Berulang kali mata melihat awan tebal di hiasi pancaran cahaya matahari masih memudar dengan awan sempat berpikir untuk membuka wisata baru organik paling hits yaitu wisata desa di Bondowoso.

Berkunjung ke desa wisata organik Bondowoso, padi dan sayuran masih berdiri depan mata. Daerah pegunungan dan berbukit dipenuhi sayuran hijau penuh dengan sawah dan kebun. Tak heran, udara terasa segar, suara kendaraan bermotor tidak terdengar seperti menikmati surga dunia yang cocok sekali untuk wisata edukasi bernuansa wisata sawah di Bondowoso.

Sebuah gubuk kecil seperti pendapa tanpa meja dan kursi cukup dengan duduk lesehan. Penikmat melihat panorama keindahan alam persawahan larut dalam percakapan dan keceriaan. Di sekitar gubuk, diatur dengan baik jumlah gazebo.

Satu-satunya wisata desa bernuansa pertanian organik yang telah ada di Bondowoso yaitu Desa wisata Organik Lombok Kulon wonosari Bondowoso dan wisata Tirta Agung Sumberwringin Bondowoso.

Di sudut area didesain alami untuk memanjakan kita untuk berfoto. Perbukitan dan ladang hijau ladang sayuran yang menjadi sesuatu yang membuat beda dengan daerah perkotaan. Hasil pertanian yang menggunakan bahan murni organik ini menjadi salah satu cara untuk dapat menarik wisatawan berkunjung ke desa wisata organik.


Dengan keindahan alam persawahan sepertinya butuh dukungan dari pemimpin desa untuk duduk menikmati pemandangan tersebut dan bermusyawarah dengan masyarakat agar di bangun wisata desa atau wisata sawah Bondowoso.

Gelontoran Dana Desa rata-rata mencapai ratusan juta rupiah per desa. Anggaran ini didasarkan pada total Dana Desa yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten.

Salah satu tujuan penyaluran Dana Desa (DD) adalah membangun kemandirian dan ketahanan ekonomi desa. Sumber daya yang dimiliki oleh desa, dikelola dan dimanfaatkan untuk membangun kemakmuran dan kemakmuran di desa. Tidak, memanggil investor untuk membangun di desa.

Seperti Desa Wisata Pujon Kidul telah menorehkan prestasi. Pada tahun 2016, mereka terpilih menjadi 10 besar Desa Wisata Nasional. Homestay berbasis masyarakat yang dikelola oleh Desa Wisata juga menarik. Pengunjung tidak hanya manja untuk tidur atau menginap. Mereka juga bisa bergabung dengan pertanian, pemerahan, atau memasak di dapur tradisional.

Mari kita bangun wisata sawah di Bondowoso agar perekonomian masyarakat meningkatkan, selain itu juga wisata sawah menjadi solusi kesembuhan penyakit seperti mata dan ketenangan pikiran.

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh