Wisata Baru Bondowoso

Wisata Baru Bondowoso - Kabupaten Bondowoso itu dimana? Ini adalah ungkapan yang sering muncul dari mulut orang saat Anda bercerita tentang Kawasan Bondowoso. Peta Bondowoso bisa anda lihat di google map dan juga peta wisata Bondowoso. 

Panorama wisata Bondowoso bisa anda nikmati kapan saja seperti halnya wisata baru Bukit mahadewa, wisata puncak p28, wisata baru tasnan, wisata kawah wurung, wisata air terjun polo agung dan masih banyak lagi wisata baru Bondowoso yang wajib anda kunjungi.

Kota ini memang wallflower - tidak terlalu menunjukkan keberadaannya dibanding kota lain di sekitarnya. Terletak di Jawa Timur, berbatasan dengan kota Jember dan Situbondo. Tape merupakan makanan khas Kabupaten Bondowoso dan Bondowoso ini tidak memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, sehingga keindahannya tetap terjaga, maka dari itu banyak wisata baru di Bondowoso yang menyajikan keindahan alam.

Tapi jangan melihat Bondowoso dengan satu mata saja. Meski belum begitu terkenal seperti kota  Surabaya, Bondowoso memiliki beragam keindahan alam yang dikelilingi oleh pegunungan dan cuaca dingin dan diselimuti oleh cuaca dingin. Tidak akan mengecewakan.

Daftar Wisata Baru Bondowoso wajib Anda Kunjungi:
Air terjun ini dikenal dengan sebutan Air Terjun Tancak Kembar karena sumber air terjunnya 2, berada di Desa Andungsari Kecamatan Pakem Bondowoso. Dari kota Bondowoso ke arah barat 25 km, air terjun dengan ketinggian 77 m ini dikelilingi oleh hutan indah yang masih asri serta pusat penelitian kopi Arabika dan kakao. 

Dan konon katanya, jika pengunjung mencuci muka dengan air dari air terjun ini akan awet muda. Tuh, bukan perawatan mahal? Hehe. Rute menuju air terjun tancak kembar tidak sulit dan selain anda mengunjungi tempat wisata tancak kembar alangkah baiknya anda juga tahu sejarah air terjun tancak kembar.


Kawah Ijen bukannya ada di Banyuwangi ya, kok kok ada dua lagi sih? Tidak ada dua, tapi memang lokasi gunung berapi aktif ini berada di perbatasan kota Bondowoso dan Banyuwangi - sehingga masih bisa diklaim sebagai milik kota Bondowoso dan Banyuwangi. 

Gunung dengan ketinggian 2433 mdpl memiliki api biru khas (Blue Fire) atau bola api berwarna biru yang turun ke kawah pada waktu tertentu, untuk bisa melihat api biru di dunia hanya ada dua tempat di Islandia dan Ijen aja. Jadi tunggu apa lagi untuk melihat keajaiban langka di dunia ini. Kawah Ijen ini bukan wisata baru Bondowoso akan tetapi wisata lama yang tetap terawat. Rute menuju Kawah Ijen tidak sulit dan selain anda mengunjungi tempat wisata Kawah Ijen alangkah baiknya anda juga tahu sejarah Kawah Ijen.

Air terjun ini disebut air terjun Sukosawah karena letaknya di desa Suko Sawah. Di Madura, sawah adalah sabe, jadi orang disekitarnya menyebutnya 'Kosabeh’. Air terjun yang tidak begitu dikenal orang-orang ini masih sangat keasriannya terjaga, dan perjalanan menuju lokasi menuntut penentuan yang tinggi karena berat medan. 

Tapi ada baiknya untuk dikunjungi, karena Anda akan bisa mendinginkan air terjun cipratan, keindahan alam sekitar dan bias pelangi yang menghiasinya. Jadi tidak akan kecewa melewati medan berat, Anda mendapatkan pemandangan yang sangat indah. Rute menuju air terjun Sukosawah tidak sulit dan selain anda mengunjungi tempat wisata air terjun Sukosawah alangkah baiknya anda juga tahu sejarah air terjun Sukosawah. Tidak jauh dari tempat itu juga ada air terjun blawan yang tak kalah indahnya.

Tentunya masih ingat dengan kejadian di ajang hiburan artis Farah Quenn yang mengupload foto dengan caption I Feel Free di lokasi wisata? Nah, letaknya adalah Kawah Wurung yang berada di pegunungan Ijen. Kawah wurung ini adalah perbukitan hijau yang dipenuhi rumput, bunga unik yang menghiasi sabanaya. Kawah Wurung memiliki kontur berbukit yang dipenuhi rumput hijau, melihat sangat menyegarkan mata. Rute menuju Kawah Wurung tidak sulit dan selain anda mengunjungi tempat wisata Kawah Wurung alangkah baiknya anda juga tahu sejarah Kawah Wurung.

Kabupaten Bondowoso didominasi oleh masyarakat Madura. Hal ini menyebabkan semua masih berbau harum dengan Madura, termasuk air terjun ini. Dinamakan Gantongan yang di Madura artinya menggantung, air terjun ini terlihat seperti menggantung di antara tebing batu. Lokasinya terletak di Afdeling Watu Capil, masih di pegunungan Ijen. 

Air terjun ini berbeda dengan yang lain karena airnya berwarna kuning, ini karena airnya berasal dari air asam Kawah Ijen. Wisata Bondowoso ini disebut Wisata Air Terjun Gantongan. Rute menuju Air Terjun Gantongan tidak sulit dan selain anda mengunjungi tempat wisata Air Terjun Gantongan alangkah baiknya anda juga tahu sejarah Air Terjun Gantongan.

Wisata Baru Versi Stonehenge Indonesian ada di Bondowoso, dengan nama Betoh So'on (baca: Batu Junjung). Terletak di perbatasan kabupaten Bondowoso dan Situbondo, Kecamatan Cerme, Desa Solor. Batu purba itu besar, tinggi, kokoh dan tertata rapi, disamping keasriannya masih bisa dinikmati. Rute menuju Betoh So'on tidak sulit dan selain anda mengunjungi tempat wisata Betoh So'on alangkah baiknya anda juga tahu sejarah Betoh So'on.

Kelompok gunung Ijen terdiri dari Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Ijen sendiri. Kali ini yang akan dibahas adalah gunung suket, sebuah gunung yang memiliki ketinggian 2.950 mdpl yang juga tak kalah cantik dengan kedua gunung dalam kelompok tersebut. Untuk mendaki gunung ini pasti ada nyali, karena medannya bisa dibilang tidak mudah. Jadi kalian yang ingin punya tantangan dalam menjelajah, gunung suket ini bisa menjadi pilihan.

Guest House Belanda ini termasuk dalam wisata agro Jampit, yang menghadirkan keindahan rumah keluarga Belanda yang pernah tinggal di sana sebelumnya. Rumah bergaya Eropa dengan dominasi kayu, dihiasi dengan bunga-bunga indah yang konon langsung disaksikan dari benua biru memang sangat indah. Anda bisa memotretnya sebanyak mungkin, karena Anda akan menemukan banyak tempat indah dan indah untuk ekspresi diri.

Kawah ilalang ini berada di sebelah timur kawah wurung, desa Curah Macan, Desa Kalianyar Sempol Bondowoso. Pesona kawah ilalang ini adalah rumput liar yang tumbuh subur di sekitar lokasi yang sangat langka di tengah kota. Dengan hembusan angin tambahan yang membuat teriakan singa mengaum, dan dihiasi dengan panorama pegunungan sekitar ijen menambah keindahannya. Rute menuju Kawah ilalang tidak sulit dan selain anda mengunjungi tempat wisata Kawah ilalang alangkah baiknya anda juga tahu sejarah Kawah ilalang.

Ingin ke Niagara Falls di Ontario Amerika? Tak perlu jauh-jauh, liat versi pertama mini Indonesia. Di bondowoso tentu saja, air terjun Niagara Niagara sudah cukup menjadi tempat wisata Anda. Air terjun yang tingginya tidak sampai 7m sangat indah, dengan percikan air yang khas, dan dikaburkan oleh perkebunan kopi Arabika.

Itu adalah daftar wisata Bondowoso yang harus Anda kunjungi, tidak perlu diragukan lagi kota kecil ini. Mau menikmati keindahan alam yang indah, Bondowoso menyuguhkannya dengan baik. Masih banyak lagi wisata Bondowoso yang akan di paparkan di situs ini seperti pemandian tasnan, puncak p28, bukit mahadewa, air terjun suco maesan, puncak scorpio, air terjun sulaiman, dan banyak lagi lainnya. Jadi yuk berlibur sisihkan waktu anda untuk berpetualang melihat panorama wisata Bondowoso!

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Artikel Terkait