Kopi Yellow Caturra Kopi Langka Tumbuh di Ijen Bondowoso

bendebesah.com - Kopi Yellow Caturra Ijen BondowosoBapak Bupati Amin telah mendeklarasikan pada tanggal 22 Mei 2016 Bondowoso Republik Kopi lalu, bisnis kopi semakin menggeliat di Bondowoso. Dengan adanya deklarasi, khususnya petani kopi semakin tahu tentang nilai plus kopi. Kekayaan berbagai jenis kopi inilah yang membuat perkembangan bisnis kopi di Bondowoso semakin maju.

Dan baru-baru ini telah ditemukan kopi langka Yellow Caturra (Yellow Caturra Coffee) di Ijen Bondowoso. Walau kopi Yellow Caturra ini langka dan jarang sekali kita temui, ada sebaiknya anda mengetahui apa itu kopi Yellow Caturra.

Temuan ini disebabkan oleh kreativitas antar petani kopi mulai wilayah Wringin sampai ke Ijen yang telah mengklasifikasikan berbagai jenis kopi. Baru-baru ini, pada saat para petani kopi Bondowoso mengklasifikasikan tanaman dan jenis pohon kopi di kebunnya, petani menemukan kemiripan seperti kopi Yellow Caturra. Jika biasanya kopi tua berwarna merah, tidak dengan jenis ini. Bila yang tua akan berwarna kuning.



Kopi Arabika Yellow Caturra ternyata sudah lama sekali. Namun, sangat jarang dan petani mengklasifikasikannya secara terpisah. Kopi ini termasuk dalam kopi Arabika, namun varietasnya adalah Yellow Caturra. Jenis kopi ini langka, karena sulit ditemukan. Selain itu, rasanya sangat tinggi. Kopi Yellow Caturra memiliki rasa khas yaitu rasa lebih pahit dan ada coklat.

Kopi varietas ini, juga memiliki daya jual yang tidak murah. Jika harga biji kopi arabika biasanya berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu, harga kopi Yellow Caturra bisa mencapai Rp 800 ribu, dan memang stoknya di peternak sangat terbatas.

Kopi Yellow Caturra ini tidak tentu tempat penanamanya. Petani sedikit kesusahan bagaimana merawat dan memanen kopi Yellow Caturra, karena tidak di satu tempat. Yellow Cattura memiliki warna kuning yang jernih. Itu adalah perbedaan mencolok ketika pada saat panen.

Manfaat kopi Yellow Caturra tidak jauh beda dengan kopi arabika lainnya, dan begitu pula efek samping minum kopi Yellow Caturra. Rasakan sensasinya minum kopi yellow caturra di Kampoeng kopi kluncing ijen Bondowoso. Warung kopi kluncing ini menyajikan kopi kopi yellow caturra selama stok ada.

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Artikel Terkait