Budidaya Siput dan Harga Bekecot di Bondowoso

bendebesah.com - Budidaya Siput dan Harga Bekecot di Bondowoso -  Budidaya siput atau lebih di kenal budidaya bekecot di Bondowoso jarang kita temukan, namun bukan berarti tidak ada yang membudidayakan. Ada beberapa petani yang membudidayakan bekecot, biasanya orang Bondowoso menyebutnya bekecot itu congcong jadi ada bisa bertanya kepada masyarakat dimana tempat budidaya congcong di Bondowoso. Dalam artikel kali kami tidak hanya menjelaskan cara ternak bekecot / siput /congcong, tetapi kami juga akan memberikan info harga bekecot di Bondowoso. 

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, anda harus tahu apa itu bekecot / siput / congcong. Anda bisa lihat di foto bawah ini hewan yang kami maksud. Hewan yan satu ini sudah mulai tidak terlihat di daerah perkotaan karena hewan ini senang di tempat yang lembab seperti pohon pisang, pohon kelapa, dan semak-semak. Apa bedanya siput dengan bekecot? Kami kurang tahu pasti bedanya siput dengan bekecot.

Bagaimana cara budidaya siput / bekecot / congcong dan berapa harga bekecot di Bondowoso? Mari kita simakdi bawah ini :



1. Syarat, Bahan, dan Alat Budidaya Bekicot

Kebutuhan: Siput bisa hidup dengan baik di lahan rendah sampai daerah berbukit tidak lebih dari 1000m dari permukaan laut. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam peternakan bekicot antara lain: Suhu siput yang dibutuhkan adalah 26'C-29'C, dan kelembaban antara 80-90%.

Bahan: Bahan utama yang dibutuhkan untuk budidaya bekicot adalah Rumput Laut, Kapur atau pecahan dinding, dan kompos.

Lalu material untuk kandang kebun: bata, pasir, semen, pelindung tanaman.

Kemudian untuk bahan pembenihan kandang: bambu atau kayu, jaring kawat, engsel, kaleng bekas, pasir, kertas semen, dan sedotan.

Alat: Alat yang dibutuhkan untuk membuat kandang siput adalah: cangkul, sendok dinding, palu, parang, gunting kawat, gergaji, dan alat pengukur.

2. Langkah Kerja Budidaya Siput / bekecot

Membuat kandang, membuat kandang kebun bisa dilakukan dengan: Pilihlah lokasi kebun yang cukup teduh, Ukurlah lahan yang akan digunakan untuk kandang sekitar 10m x 10m, Buat parit dengan pasangan bata dan diplester dengan semen disekitarnya. taman dengan ukuran 40cm lebarnya dan 30cm, lalu isi selokan dengan air (periksa jangan bocor bocor).
Hatchery Creation. Penutup kandang khusus digunakan untuk proses perkawinan. Penetasan telur bisa dilakukan dengan cara berikut: Buatlah kotak sebagai kandang tanpa alas dengan lebar 75cm, panjang 150cm, dan tinggi 60cm dengan kayu. Kemudian buat selungkup dengan menggunakan kawat layar.

3. Pemilihan Induk dan Perkawinan Bekecot / siput

Siput kebanyakan ditemukan di daerah pedesaan, jadi Anda hanya perlu mengumpulkan siput tersebut ke dalam kandang yang sudah disediakan, maka untuk memilih induk dapat dipilih sesuai dengan kriteria sebagai berikut: Badan besar dengan ukuran 6-7cm dan berat sekitar 70gr. Memiliki cangkang yang kuat dan bersih. Untuk pemilihan orang tua tidak perlu memperhatikan jenis kelamin, karena bekicot adalah binatang yang memiliki banyak alat kelamin. Bekicot yang telah dipilih bisa ditempatkan langsung di dalam kandang hatch. Setiap selungkup kandang bisa diisi dengan 10 pasang bekicot. Untuk menggerakkan siput dari kandang ke kandang hatch harus dilakukan pada malam hari.

4. Pembesaran Bekecot

Pembesaran adalah stadium lanjut setelah penetasan telur dan pemeliharaan anak siput. Pembesaran yang dilakukan di kandang dilakukan setelah anak siput berusia 7-15 jam. Aktivitas pembesaran dimulai dengan pemindahan anak siput dari kandang penetasan ke dalam kandang yang diperbesar. Pada saat transfer harus dilakukan dengan hati-hati karena kerang bekicotnya masih sangat rapuh. Setelah anak siput dipindahkan ke kandang yang diperbesar, perlu diperhatikan pemberian vaseline di sekitar dinding kandang, sehingga anak-anak siput tidak keluar dari kandang. Agar pembesaran bekicot sempurna dilakukan penyiraman kandang 2x sehari nasi dan sore agar kelembaban dan suhu sangkar dapat terjaga dengan baik. Siput bisa dipanen setelah berumur sekitar 7-10 bulan.

5. Pemasaran dan Harga Bekecot / Siput

Siput segar adalah bekicot yang dipasarkan dalam bentuk segar dan masih hidup. Cara yang umum digunakan adalah dengan menempatkan bekicot ke dalam keranjang atau langsung di truk dengan lapisan lapisan antara bekicot dan pelindung.
Siput olahan adalah siput yang diproses terlebih dahulu sebelum dipasarkan. Sebelum bekicot sebaiknya siput tidak diberi makan terlebih dahulu selama 2 hari untuk membersihkan kotoran di dalamnya

Terima kasih telah mengunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait