Budidaya dan Harga Azolla Semakin di Minati Para Petani

bendebesah.com - Budidaya dan Harga Azolla Semakin di Minati Para Petani di Bondowoso - Bagi petani pasti ingin hewan tumbuhan yang mereka rawat sehat, pertumbuhan cepat, dan biaya perawatan / pakan sedikit. Budidaya azolla atau biasa disebut paku air ini semakin di minati para petani Bondowoso karena azolla saat ini susah kita temukan di sawah atau di got. Banyak kelebihan azolla dan banyak juga kandungan yang di butuhkan hewan / tumbuhan.

Azolla sering disebut dengan tumbuhan mata lele, mata lele dan azolla sebernarnya berbeda namun masih 1 family. Budidaya mata lele atau Azolla di Bondowoso masih jarang karena masyarakat susah mencari bibit azolla. Dengan budidaya azolla ini kita dapat mengurangi biaya pakan ternak maka dari itu bisa anda tawarkan ke petani yang membutuhkan azolla terutama petani ikan dan ternak di Bondowoso.

Untuk harga azolla dan harga mata lele berbeda. Harga azolla petani sering mematok harga Rp 30.000 per kilogram dan harga mata lele di patokkan dengan harga Rp 20.000 per kilogram. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim.


Azolla memiliki banyak kandungan protein di dalamnya sekitar 40 - 50% protein, cocok bagi pertumbuhan hewan yang membutuhkan ekstra protein seperti lele. Peternak lele sangat membutuhkan azolla sebagai pakan alternatif selain pelet,karena semakin banyak protein yang di berikan ke lele semakin berkurang tingkat kanibal lele.

Disawah Azolla sangat membantu petani agar tanah subur dan menjaga PH air yang sangat di butuhkan tumbuhan. Siapa sangka tumbuhan mungil ini bisa membantu petani, para petani sering menyepelekan atau membuang azolla karena petani mengira Azolla ini tumbuhan parasit karena mengira akan menghabiskan pupuk yang di sebar petani. Azolla ini tumbuhan yang sangat membantu para petani, jadi jika anda menemukan Azolla di sawah, jangan di buang ya.

Dengan menkonsumsi protein, kita dapat mencegah lapar seperti telur mengandung protein yang tinggi, kita makan 1 telur dapat mencegah rasa lapar dalam 6 jam lebih di banding kita makan nasi 1 piring. Maka dari itu cocok sekali azolla ini untuk pakan alternatif lele dan ternak lainnya.

Harga azolla berbeda-beda tergantung penjualnya mematok harga berapa dan jumlah yang di beli. Harga Azola di Bondowoso sekitar 30rb - 50rb per kg. Dengan membeli pakan alternatif ini cukup 1 kg saja lalu anda budidayakan sendiri, anda bisa mmenghemat biaya pengeluaran pakan. 

Demikianlah Budidaya dan Harga Azolla Semakin di Minati Para Petani di Bondowoso. Jika anda ingin mengetahui harga azolla di Bondowoso terbaru, anda bisa bertanya di kolom komentar di bawah ini. Ingat ya, Azolla sebagai pakan alternatif dan cara menyuburkan tanah yang alami dengan cara budidaya azolla.

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Artikel Terkait