Apakah Pedas Itu Rasa?

bendebesah.com - Apakah Pedas Itu Rasa? - Seringkali jika seseorang disuruh menyebutkan rasa itu apa saja dan letak pedas pada lidah, kita juga akan menyebutnya pedas itu rasa namun kita bingung letak pedas itu dimana pada lidah, selain manis, asin, asam dan pahit. Tapi ternyata rasa pedas tidak disertakan. Rasa pedas bisa kita dapatkan selain mengunyah cabai, ada sebagian orang tidak bisa merasakan pedas jika hanya 1 cabai.

Mengapa harus ada rasa pedas? padahal di lidah tidak ada letak rasa pedas. Rasa pedas hanya sebuah sensasi saja, ada sebagian ilmuan mengolongkan pedas itu rasa.


Jika Anda masih ingat tentang sensor rasa yang ada di lidah, tentu Anda ingat dengan lidah yang lebih sensitif terhadap selera tertentu dibanding yang lain. Reseptor rasa manis ada di ujungnya, asin di samping, asam di bagian ujung, dan pahit di dasarnya. Dalam penjelasan yang kami terima di bangku sekolah, tidak ada rasa pedas reseptor.

Ini hanya pedas pedas yang merupakan sensasi panas dan panas yang ujung lidahnya terjali atau lebih dikenal dengan papilla. Rasa pedas itu sendiri sering disebabkan oleh cabai, yang disebabkan oleh senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai.

Capsaicin itu ada hubungannya dengan papila dari lidah, tidak memiliki bagian yang lebih sensitif. Ini adalah salah satu persyaratan mengkategorikan rasanya oleh ilmuan, ada reseptor lidah itu sendiri seperti rasa lainnya. Karena tidak bisa memenuhi kriteria yang dilakukan ilmuan ini, pedas rasanya tidak enak.

Selain itu, otak pedas yang tidak bisa diterima sebagai rasa seperti rasa lainnya. Karena saat capsaicin telah 'menyentuh' papila, itu akan mengirim sinyal ke otak dengan sinyal nyeri, lidah kita akan terbakar. Otak kita menangkap rasa pedas yang kita rasakan saat mengonsumsi sambal yang kita suka lidah kita.

Jika dalam kandungan bumbu diklasifikasikan sebagai rasa, pedas tidak disertakan. Ada 3 kriteria, yaitu rasa harus segera dikenali, memiliki reseptor lidah sendiri seperti rasa lainnya, dan respon respon fisiologis tertentu terhadap tubuh.

Rasa pedas mudah dikenali, namun rasa pedas tidak memiliki reseptor dan tidak ada respons fisiologis terhadap tubuh. Mengapa? Karena reseptornya tidak sesuai dengan komponen seperti rasa lainnya. Sensasi pedas yang tidak sesuai capsaicin tidak berbeda dengan sensasi saat kulit kita terluka atau terbakar.

Ini menjelaskan pedas hanyalah sebuah sensasi belaka yang ada pada lidah, bukan rasa. Demikanlah penjelasan tentang apakah pedas itu rasa. 

Terima kasih telah mengunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Artikel Terkait