Tape Makanan Khas Bondowoso Yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh Kita

Makanan Khas BondowosoSelama ini hanya dikenal sebagai makanan khas Bondowoso namun kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat tape bagi tubuh kita. Orang Bondowoso menyebutnya dalam bahasa madura "Tapai roah makanan khas bendebesah".  

Jika anda berkunjung ke Bondowoso banyak tape Bondowoso yang di jual di pinggir jalan dan memiliki kode tersendiri pada bungkus tape, kode tape tersebut menggunakan angka. Angka tersebut memmpunyai ciri khas pembuatnya (home industri) dan di percaya sebagai angka jitu agar pembeli / konsumen mudah mengingatnya selain itu juga setiap home industri memiliki citra rasa tersendiri.


Di kota lain pun banyak yang menjual tape Bondowoso dengan cap dan kode tertentu. Dari segi rasa, Tape Asli Bondowoso berbeda dengan tape dari kota lain karena Singkong yang di tanam di kawasan  Bondowoso memiliki rasa manis. Jadi, Jangan heran jika makan tape asli Bondowoso anda akan merasakan rasa manis tape, rasa manis tape Bondowoso bukan manis Buatan akan tetapi itu manis asli dari singkong yang di tanam di wilayah Bondowoso.

Tape banyak dijadikan acara pesta atau acara gathering keluarga. Pada umumnya Tape sebagai makanan penutup biasanya dimakan dengan keripik atau emping. Banyak orang yang menghindar dari tape karena mereka tidak senang dengan alkohol atau efek makan tape. Tapi, Anda tahu, banyak jenis tape dan memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat Tape singkong :


1. Tape Menghangatkan Tubuh
Tape juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh karena mengandung alkohol dalam tingkat yang ringan. Orang yang merasa lemas dan badannya tidak nyaman bisa minum tape untuk memperbaiki kondisi kesehatan tubuh. Tape akan membuat tubuh lebih hangat. Jenis tape yang sangat berguna seperti tape singkong. Tape ketan juga bisa memberi manfaat ini namun kurang banyak manfaatnya dibanding tape cassava.

2. Tape Membantu Tubuh Lebih Banyak Energi
Tape adalah makanan berbahan singkong atau ketan. Bahan ini merupakan sumber karbohidrat yang sangat tinggi. Konsumsi tape akan memberi efek yang sama seperti saat mengonsumsi nasi atau jenis karbohidrat lainnya. Karbohidrat akan menjadi sumber energi yang sangat potensial bagi tubuh dan membantu protein sehingga tubuh menjadi lebih bugar.


3. Tape Bisa Meningkatkan Manfaat senggama
Di beberapa daerah pita Indonesia digunakan untuk menambah nafas seksual. Bagi pasangan yang mengalami masalah disfungsi seksual bisa menggunakan tape sebagai makanan terapi yang sangat baik. Tape terdiri dari sumber energi yang bisa meningkatkan gairah seksual secara bertahap.

4. Tape untuk Pengobatan Jerawat
Tape juga bisa menjadi salah satu obat paling ampuh untuk jerawat. Tape bisa membantu tubuh menetralkan racun yang menumpuk di permukaan pori-pori kulit. Pori-pori yang banyak mengandung kotoran dan toksin akan meningkatkan potensi jerawat. Untuk mendapatkan manfaat lebih baik maka Anda bisa mendapatkan beberapa makanan ringan goreng dengan tape.

5. Tape untuk Diet
Tape adalah makanan yang mengandung lemak rendah. Tapi banyak mengandung karbohidrat yang cukup bagus. Selain itu pita juga mengandung serat larut yang bisa membuat organ pencernaan menjadi lebih baik. Kondisi ini membuat tape bisa menjadi obat untuk menurunkan berat badan secara alami.

6. Tape sebagai Sumber Probiotik
Manfaat dari kaset singkong berikutnya yang tak kalah penting adalah sebagai probiotik. Proses fermentasi yang melibatkan berbagai jenis mikroorganisme sangat baik untuk menghasilkan cairan probiotik. Kandungan air yang umum di singkong dan tape tempur bisa menjadi zat yang sangat ampuh untuk melawan bakteri jahat di saluran pencernaan. Selain itu tape akan berkhasiat untuk memperbaiki sistem tubuh dan mencegah racun.

7. Tape Memperbaiki Sistem Saraf dan Otot
Selama proses fermentasi tape berbagai proses kimia akan terjadi dengan cepat. Tanpa kita sadari ternyata proses fermentasi juga meningkatkan produksi tiamin yang berfungsi untuk memperbaiki sistem saraf dan otot. Kondisi ini akan cepat kita rasakan karena setelah makan tape maka tubuh akan terasa lebih energik dan sensitif.

8. Tape Meningkatkan Fungsi Pencernaan
Tape bisa menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Proses fermentasi tape dapat meningkatkan produksi asam laktat dan probiotik. Terima kasih untuk semua ini Sebaiknya minum tape secara teratur akan efektif di dalam tubuh melalui sekresi dan mengurangi wasir.

9. Tape Mencegah Anemia
Tape juga sangat berguna untuk anemia. Penyakit ini disebabkan oleh turunnya produksi sel darah merah sehingga tubuh menjadi lemah dan kurang kuat. Saat proses fermentasi tape terdapat berbagai jenis mikroorganisme yang meningkatkan produksi vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk menunjang produksi sel darah merah sehingga bisa menghilangkan anemia.

10. Tape Mengatasi Penyakit Darah Tinggi
Penyakit darah tinggi adalah jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Darah tinggi bisa meningkatkan banyak jenis penyakit berbahaya lainnya. Bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi bisa minum secara teratur. Tape menjadi sumber potasium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah, menjaga detak jantung dan perawatan kesehatan.

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share Tape Makanan Khas Bondowoso Yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh Kita agar lebih bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bondowoso.

Artikel Terkait