Inilah Sejarah Desa Sumbersuko Kecamatan Curahdami

bendebesah - Sejarah Desa Sumbersuko Kecamatan Curahdami - Pada zaman dahulu Desa Sumbersuko adalah sebuah hutan belantara. Hutan yang belum pernah disinggahi atau di jamah oleh manusia dan tidak tahu pasti siapa yang telah membuka hutan dan menyingahi pertama kali. 

Di Bondowoso ada 2 desa yang bernama Sumbersuko, yakni Desa Sumbersuko kecamatan Curahdami dan Desa Sumbersuko Kecamatan Klabang. Yang kami bahas disini Desa Sumbersuko Curahdami Bondowoso.

Untuk sejarah Sumbersuko, hanya segelintir cerita dari penduduk asli yang telah lama tinggal di Desa Sumbersuko ini berawal dari 3 orang musafir yang datang ke hutan tersebut mereka bernama :


1. Ju’ Barat
2. Ju’ Mia

3. Ju’ Shariya
Ketiga musafir itu berasal dari pulau Madura mencari suaka ke tanah Jawa. Dengan semangat yang tinggi ketiga orang itu, mereka ingin membangun sebuah pemukiman di hutan tersebut.

Ju’Shariya sebagai orang yang tertua dan di hormati oleh kedua kawannya mencoba membuka atau membabat hutan tersebut dengan di bantu kedua kawannya. Mereka semangat sekali membabat hutan dan membuat tempat sebagai rumah singgah.
Dalam kehidupan hidup sehari-hari mereka memerlukan makan dan minum. Untuk makanan mereka dengan cara berburu dan untuk minum mereka memanfaat air yang keluar dari pohon sekitar. Hari demi hari mereka kesusahan mencari air, lalu musafir tersebut berinisiatif mencari air yang mengalir dan akhirnya mereka keliling hutan, namun tidak satupun ada air yang mengalir. Semangat mereka tidak pernah sirna dan alhasil menemukan sebuah sumber air yang dinamakan sumber baru, satu-satunya sumber yang ada ditempat itu.
Berhari-hari ketiga Musafir betah tinggal di hutan itu dan berhasil membangun pemukiman kecil. Namun, karena berasa tempat tersebut aman dan nyaman lalu musafir tersebut kembali ke Pulau Madura dan menemui kawan mereka lainnya mengabari bahwa mereka telah menemukan suaka yang aman dan nyaman untuk mereka tinggali. Dengan mengajak beberapa kawannya lalu mereka bergotong-gotong membangun Kira-kira 17 Roma (Rumah).
Semakin luas membuka hutan semakin banyak pula pencari suaka zaman dahulu yang datang ke pemukiman yang di pimpin Ju’Shariya. Ju’Shariya dengan senang hati menerima siapa saja yang datang ke pemukiman dan bergabung walau tidak kenal.
Karena semakin banyaknya jumlah penduduk ternyata penampungan air minum tidak mencukupi. Pemimpin mereka yang bernama Ju’Shariya mengajak para penduduk untuk menggali tanah untuk mencari sumber air untuk mencukupi keperluan sehari-hari.
Mereka tidak menemukan juga sumber air yang sudah ada lalu penduduk mencoba menggali sumber air di dalam tanah, tidak betapa dalam tanah yang mereka gali sudah ada mata air yang keluar ditempat itu. Sumber air begitu besar, para penduduk senang dan menari-nari di sekitar sumber air. 
Ketika Ju’Shariya melihat penduduk sangat menyukai sumber air itu, Ju’Shariya sang pemimpin berseru mengucapkan Sumber Suka dan pada saat itu juga tanpa musyawarah yang panjang dengan penduduk, Ju’Shariya menamai pemukiman tersebut sebagai “Bersokah”. Akan tetapi karena letaknya di tanah jawa dan Ju’Shariya menghormati tanah jawa maka di namakan "Sumbersuko". Sampai berganti-ganti pemimpin pun tetap bernama Desa Sumbersuko.
Itulah Kisah mula atau sejarah dari Desa Sumbersuko Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso yang kami sadur dari website Desa Sumbersuko dan kami sedikit melengkapi kata-kata dari cerita sejarah Desa Sumbersuko.
Desa Sumbersuko
Kecamatan Bondowoso
Kabupaten Bondowoso
Provinsi Jawa Timur
Kodepos 68215

Visi : 

"Meningkatkan pelayanan dan meningkatakan kualitas masyarakat menuju masyarakat yang adil, makmur, aman, dan sejahtera"

Misi:

"Mendorong dan membantu masyarakat untuk mengenali, menggali potensi diri dengan lingkungan sehingga dapat berkembang dan menghasilakan untuk mengurangi bahkan dapat menghilangkan rasa ketergantungan yang selama ini melekat di sebagian masyarakat sehingga tumbuh kebiasaan diri"
Peta Desa Sumbersuko

Mohon maaf jika kami salah dalam menceritakan sejarah Desa Sumbersuko dan Terima Kasih telah mengunjungi website kami, jangan lupa share artikel Sejarah Desa Sumbersuko Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso.
Silahkan beri kritik dan saran di kolom komentar.

Artikel Terkait