Tebing Indah di Wisata Air terjun Gentongan

Bondowoso - Air terjun Gentongan Bondowoso - Wisata yang satu ini jarang di dengar oleh para traveller karena rute menuju wisata ini cukup jauh dan berjalan kaki melewati persawahan warga. Wisata ini di beri nama Wisata Air terjun Gentongan.

Tebing tinggi dan menyerupai Gentong menjadi ciri khas Wisata Air terjun Gentongan. Ukiran alam yang ada di tebing menjadi daya tarik tersendiri, jarang sekali kita temukan tebing yang seperti Wisata Air terjun Gentongan.

Karena jalur menuju air terjun gentongan Bondowoso cukup jauh, alangkah baiknya anda menggunakan jasa travel agar sampai ke tempat tujuan dan menghemat waktu liburan anda.

Air terjun ini belum di kenal banyak orang, hanya seglintir orang yang menjamahnya terlihat jelas kelestarian alamnya yang sangat alami membuat wiatawan betah berlama-lama di air terjun ini. Jangan sekali-kali mandi di air terjun ini ya, karena belum mendapat izin dari Dinas Pariwisata dan sangat berbahaya juga batu kerikil dari atas tebing yang sering jatuh ketika anda angin yang berhembus.


Untuk saat ini harga tiket masuk Wisata Air terjun Gentongan tidak di kenai biaya namun anda cukup bayar uang parkir seiklhas anda kepada warga dimana anda menitipkan kendaraan. Rute yang jauh akan terbayar ketika anda telah sampai ke Wisata Air terjun Gentongan.

Seberapa jauh Anda menjelajahi Bondowoso? Di daerah yang berbatasan dengan Banyuwangi, ada banyak tempat menarik yang menyerupai daerah di luar negeri. Sebut saja Situs Batu Solor yang seperti Stonehenge atau Wurung Crater dengan bukit-bukit Teletubbies seperti di Selandia Baru. Tapi dari semua itu ada satu landmark khusus dunia, bukan kembar dan hanya di Bondowoso yaitu Air Terjun Gentongan.

Nama Air Terjun Gentongan masih asing bagi wisatawan tetapi tidak bagi mereka yang telah mendaki ke Kawah Ijen melalui Bondowoso. Untuk diketahui bahwa Gunung Ijen dapat didaki melalui kecamatan ini, bahkan pendaki setuju jika rute pendakian dari kota Tape menghadirkan pemandangan yang lebih indah dibandingkan jika Anda mendaki dari Banyuwangi.

Air Terjun Gentongan
Sepanjang rute pendakian dari Bondowoso, seorang pelancong akan disuguhi beberapa air terjun yang indah, salah satunya adalah Air Terjun Gentongan. Mereka akan bertemu air terjun ini ketika melintasi daerah Afdeling Watu Capil, kecamatan Sempol. Namun penampilannya tidak akan terlihat begitu saja, Anda perlu melakukan 1 km trekking untuk melihatnya. Jadi tinggalkan kendaraan di rumah dulu jika Anda ingin pergi ke lokasi air terjun.

Air Terjun Gentongan memiliki pasokan air dari rembesan Kawah Ijen
Air Terjun Gentongan memiliki air biru yang sedikit hijau dan berbusa. Ini karena air berasal dari rembesan kawah Ijen yang kaya belerang. Karenanya bagi Anda yang tidak kuat dengan bau belerang, disarankan memakai masker jika berada di dekat air terjun. Jangan terlalu dekat dengan air terjun, karena percikan air yang dihasilkan dapat memberikan efek gatal dan perih saat terkena mata.

Uniknya posisi air terjun ini tampak seperti menggantung di tebing batu. Dari sana kemudian penduduk setempat menamakannya Gentongan, yang berasal dari bahasa Madura dan memiliki arti menggantung. Keberadaan air terjun ini tidak diketahui banyak pelancong karena kurangnya promosi. Mungkin ini juga karena akses ke lokasi masih sulit dan lokasi tersembunyi di belakang kawasan perumahan.

Tidak banyak pelancong yang tahu keberadaan air terjun ini
Ada beberapa rute yang bisa ditempuh untuk mencapai lokasi tetapi hanya satu yang direkomendasikan untuk pelancong. Pertimbangannya adalah rute lain terlalu berbahaya dan tidak semua turis dapat melewati mereka. Satu jalur yang cukup aman untuk dilewati adalah menyeberang jalan di dekat lapangan sepak bola di desa Watu Capil dalam posisi ke bawah. Jalan ini sengaja dibuat untuk wisatawan, meskipun jauh tetapi lebih aman untuk dilewati.

Jika tidak jelas, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Mereka akan dengan senang hati memberi tahu Anda arah mana untuk menuju ke lokasi air terjun. Apakah Anda siap untuk melakukan perjalanan ke air terjun Gentongan? Anda dapat memasukkannya di daftar Anda yang diketik pada akhir pekan ini.

Terima Kasih telah mengunjungi website kami, jangan lupa share artikel Tebing Indah di Wisata Air terjun Gentongan.

Artikel Terkait