Sejarah dan Cara Bermain Gobak Sodor

bendebesah.com - Sejarah dan Cara Bermain Gobak SodorPermainan tradisional Gobak Sodor tradisional lama tidak terdengar di telinga kita. Orang Bondowoso menyebutnya Gobak Sodor di kota lain di sana yang menyebutnya Galah Asin atau Galasin di Indonesia yang sudah ada sejak dulu karena Permainan Gobak Sodor memiliki cara bermain dan manfaat yang baik.



Berasal dari kata gobak dan sodor yang berarti bergerak atau bergerak bebas dan tombak. Permainan Gobak Sodor ini dimulai pertama kali di wilayah Jawa yang tepatnya dari daerah Yogyakarta.


Pada tanggal 24 Desember 2017 Bupati Bondowoso mendeklarasikan Gobak Sodor permainan sebagai olahraga distrik Bondowoso tradisional. Di Bondowoso sering kita jumpai game Gobak Sodor ini, hampir setiap saat ada Gobak Sodor. Dan juga warga sangat antusias menyaksikannya tak kalah seru dengan sepak bola.





Sebenarnya sejarah awal permainan ini dilakukan oleh tentara dalam masa kerajaan sebagai permainan perang untuk melawan keterampilan. Sejarah Gobak Sodor mungkin masih sangat sedikit mengetahuinya apalagi jadi awal permainan gobak yang ada di sana.

Permainan sodor gobak tradisional terdiri dari dua kelompok yang berbeda, dan masing-masing tim terdiri dari 3 atau 5 orang atau lebih. Inti Gobak Sodor adalah antar tim saling mencegat secara bergantian sehingga tim lawan tidak bisa melewati garis pemisah sampai bolak-balik.

Guna memenangkan permainan Gobak Sodor ini, jangan sampai tertangkap, dan semua lawan harus bertahan dalam proses bolak-balik di area garis yang telah ditentukan. Untuk bisa bermain Gobak Sodor silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini:



Cara bermain Gobak Sodor:


1. Cari lapangan besar dan buat garis pemisah dan jadikan enam bagian. Jika sulit menemukan lapangan Anda juga bisa memanfaatkan lapangan bulu tangkis. Dan buat garis pakai kapur sehingga pembatas terlihat jelas dan mudah di hapus.

2. Silahkan anda memilih teman untuk hanya membentuk dua tim. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, dan tentukan jumlah tim Anda mulai dari 3 orang di setiap tim, biasanya terdiri dari 7 orang. Semua itu disesuaikan dengan area yang sudah di buat lapangan Gobak Sodor. Selanjutnya Anda membuat undian untuk pertama kalinya siapa yang akan menjadi penjaga dan siapa tim penyerang.

3. Tim pertama menjadi penjaga, anggotanya tetap berada di masing-masing garis pemisah yang ada. Jalur yang ada ini, untuk permainan Gobak Sodor berlangsung para anggotanya harus bisa menjadi penghalang tim penyerang yang menipu.

4. Bagi tim penyerang, tugasnya sudah melewati batas yang dijaga sebelumnya oleh tim penjaga. Agar tim penyerangan Gobak Sodor bisa melewati jalur yang terjaga itu, kita harus gesit dan menghindari harus cepat. Dalam satu kelompok harus kompak melalui rintangan ini sampai bolak-balik dan selesai sampai awal bintang awal lagi.

Aturan dalam permainan Gobak Sodor:

1. Setiap pemain dari masing-masing tim harus bergerak di area sepanjang garis yang telah di tentukan di awal permainan, kaki harus menginjak garis, bukan untuk melewati batas.

2. Permulaan penjaga garis yang ditugaskan di garis pertama sebagai sodor.

3. Setiap anggota tim menyerang, dari garis start dan seterusnya semua garis dijaga oleh lawan (guard team). Jika ada beberapa pemain tim penyerang yang berhasil lolos dan kembali sukses ke awal lini maka tim penyerang menang.

4. Jika ada pemain tim melawan menangkap tim penyerang, maka tim penjaga adalah pemenangnya, setelah itu tim bergantian menjadi penyerang dan penjaga, seperti ini seterusnya.

5. Jika satu unit diisi oleh 2 atau lebih pemain maka tim penyerang dikalahkan dan digantikan oleh tim penjaga.

Sejarah gobak sodor di Bondowoso tidak ada yang tahu pasti tanggal dan tahunnya namun yang pasti Gobak sodor di Bondowoso sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda, hingga saat ini permainan gobak sodor tetap di permainkan oleh masyarakat Bondowoso.

Terima Kasih telah mengunjungi website kami, jangan lupa share artikel Sejarah dan Cara Permainan Gobak Sodor.

Silahkan beri kritik dan saran di kolom komentar.

Artikel Terkait