Fenomena Unik Blue Fire Kawah Ijen Pada Jam Tertentu

Wisata Kawah Ijen : Rute, Harga Tiket, dan Tips Wisata Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia. 

Tidak ada yang tahu pasti sejarah kawah ijen, penduduk setempat pun tidak tahu asal mula bluefire kawah ijen. Pemandangan blue fire kawah ijen sungguh menakjubkan, fenomena ini jarang terjadi di pegunungan mana saja yang masih aktif. Kita dapat melihat dengan jarak dekat sekitar 5 meter dari bluefire dan melihat langsung danau kawah ijen yang panas dengan jarak 1 meter.

Cara melihat bluefire kawah ijen
Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen.

Gambar bluefire kawah ijen banyak tersebar di internet dan juga informasi tentang blue fire kawah ijen juga banyak. Mereka yang telah mengunjungi kawah ijen dan melihat langsung api bluefire mengabadikannya dan di simpan di internet. Akan tetapi itu tidak puas jika anda belum pernah melihat langsung kapan blue fire kawah ijen.


www.bendebesah.com

Lokasi dan rute menuju kawah ijen tanpa jasa travel
Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan sebagainya.

Rute menuju kawah Ijen, jika dari Banyuwangi, bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi lalu turun di Stasiun Karangasem dan naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin Desa Banyusari.

Dari Banyusari, perjalanan anda dilanjutkan menuju Paltuding dengan menumpang dengan truk pengangkut belerang atau menggunakan mini bus juga bisa namun dengan menggunakan bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal sedikit. 

Pintu gerbang utama menuju Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). 

Selain itu juga Alternatif rute menuju kawah ijen adalah Bondowoso - Wonosari - Tapen - Sempol - Paltuding dan sampailah di pintu masuk wisata kawah ijen Kabupaten Bondowoso. 

Fasilitas lain yang dapat anda nikmati antara lain pondok wisata dan warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan wisata kawah Ijen. Dari Paltuding anda berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. 

Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat sekali karena menanjak. dan Sebagian besar jalur adalah dengan kemiringan 25-35 derajat. Selain menanjak juga, struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat anda melangkah kaki karena harus menahan berat badan anda agar tidak merosot ke belakang. 

Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran), jalur selanjutnya relatif agak landai, selain itu wisatawan / pendaki disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.

Tiket Masuk Kawah ijen Rp 7500/orang Indonesia.

Terima Kasih telah mengunjungi website kami, jangan lupa share artikel kami.

Artikel Terkait

Load comments