Fenomena Unik Batu Susun Stonehenge di Bondowoso

Batu So'on - Fenomena unik Batu susun atau Stonehenge yang ada di beberapa negara saja salah satunya adalah Indonesia lebih tepatnya di Kabupaten Bondowoso Kecamatan Cerme Desa Solor.

Batu Susun di beri nama Wisata Batu Solor karena letaknya berada di desa Solor. Orang sekitar menyebutnya Batu So'on. Rute menuju Batu Solor saat ini sudah bisa di lewati dengan nyaman karena wisata Batu Solor telah mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten Bondowoso.

Batu Susun atau Batu So'on ini ada kemungkinan salah satu situs Batu sejak zaman Megalitikum namun hingga saat ini belum ada pihak terkait yang meneliti Batu So'on ini. Pemerintah setempat pun mulai merawatnya karena ini aset berharga yang tidak di temukan di negara lain.

Awalnya untuk menuju Batu So'on ini di butuhkan usaha cukup keras karena jalan yang rusak dan medan naik turun melewati pemukiman warga, perbukitan yang cukup tinggi dan persawahan yang membuat para traveller berhati-hati akan tetapi jangan khawatir karena terbayar sudah jiaanda sampai pada wisata Batu Solor / Batu So'on ini.

Namun saat ini pemerintah memperhatikan wisata Batu Solor ini dan tidak lagi susah menuju tempat wisata ini. Traveller di manjakan dengan jalan beraspal dan mudahnya akses berfoto ria dengan background batu solor.

Banyak pengunjung yang kagum dengan wisata ini karena batu besar dan tersusun rapi. Selain itu juga Batu Solor ini hanya di beberapa negara saja seperti Inggris.


Dari cerita orang sekitar bahwa dulunya Batu solor ini tempat kerajaan Blambangan, tidak ada sejarah yang tepat tentang sejarah Batu Solor namun kita tetap menjaganya karena jarang sekali ada.

Batu solor ini destinasi wisata yang luar biasa, masyarakat berharap wisata ini di kelola dengan baik dan menjaga lingkungan sekitar.

Terima Kasih telah mengunjungi website kami, jangan lupa share artikel kami tentang Fenomena Unik Batu Susun Stonehenge di Bondowoso.

Artikel Terkait