Biaya Penerbitan SIM Tidak Mahal dan Sangat Mudah

bendebesah - Biaya bikin SIM di Bondowoso - Pada Bulan Desember lalu, Presiden telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Peneriman Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Sebagaimana dilansir dari laman resmi setkab.go.id, ada 12 jenis PNBP yang berlaku pada Polri.

Dan Kedua belas jenis PNBP tersebut antara lain, penerimaan pengujian untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM), penerbitan perpanjangan SIM, penerbitan surat keterangan uji keterampilan pengemudi. Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bermotor, pengesahan surat tanda nomor kendaraan bermotor, penerbitan surat tanda coba kendaraan bermotor.


Pada saat PP ini telah berlaku, maka PP Nomor 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. PP Nomor 60 Tahun 2016 ini efektif berlaku pada 6 Januari 2017. “Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku setelah 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal diundangkan,” bunyi PPNomor 60 Tahun 2016 yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pada 6 Desember 2016 itu.

Biaya buat SIM C di Bondowoso, Biaya buat SIM A di Bondowoso, Biaya buat SIM B di Bondowoso lebih baiknya tanya ke petugas pembuat SIM. Untuk mendapatkan SIM jangan pernah menggunkan cara curang dengan membayar sedikit lebih mahal dengan istilah nembak SIM. Nembak SIM tidak di perbolehkan, lebih baik buat SIM melalui tes driver yang telah di sediakan pihak berwenang.

Terima Kasih telah mengunjungi website kami, jangan lupa share artikel Biaya Penerbitan SIM Tidak Mahal dan Sangat Mudah.

Artikel Terkait