Ada Hiburan Atraksi di Car Free Day (CFD) Bondowoso

bendebesah.com - Car Free Day (CFD) Bondowoso - Hampir semua kabupaten / Kota pada hari minggu jam 6 pagi sampai 8 pagi memberi kebebasan kepada warga untuk berolah raga di jalan raya, untuk beraktifitas agar terbebas dari asap kendaraan di jalan tertentu. CFD Bondowoso sendiri rutin di laksanakan pada hari Minggu pagi jam 06.00 - 08.00 WIB di alun-alun Bondowoso.

Masyarakat Bondowoso yang mempunyai waktu longgar sangat antusias ikut meramaikan CFD dan menikmati CFD Bondowoso dengan berbagai kegiatan. Kegiatan yang sering di lakukan adalah jalan santai, lari, atraksi, Voli, Basket, skateboard, dan bersepada.

Sudah tahukah sejarah CFD di Indonesia? Sejarah Car free Day di Indonesia baru pada tahun 1995 membentuk sebuah forum non-formal Word Car Free Day Consortium yang mendukung pergerakan CFD di seluruh dunia. Pertama kalinya acara ini diadakan di Inggris pada tahun 1997, kemudian di Perancis (1998) dan tumbuh secara besar-besaran di Eropa pada tahun-tahun berikutnya hingga pada tahun 2000 menjadi gerakan global. 

Ide-ide utama yang dipromosikan dalam gerakan CFD adalah mengembangkan transportasi massal, bersepeda, dan berjalan. Selanjutnya, menumbuhkan kesadaran untuk bekerja dan belanja / kegiatan dengan jarak yang lebih dekat ke rumah sehingga akan mudah diakses dengan berjalan kaki.

Ibukota negara kita, Jakarta, dikenal sebagai kemacetan kota dan gudang pencemaran sekarang mulai membaik. Pada bulan September 2007 Jakarta mulai menyadari dan memulai CFD. Ini bertepatan dengan hari mobil gratis dunia yang jatuh pada 22 September. 

Pada hari bebas mobil ini jalan-jalan utama ibukota ditutup dari kendaraan bermotor. Hanya ada pejalan kaki, bikers kasual dan kegiatan olahraga lainnya. Jalan yang biasanya kendaraan bermotor padat kini terlihat sepi. Jakarta tanpa kemacetan, tanpa polusi bahkan hanya sehari.



Rute CFD Bondowoso adalah sekitar alun-alun Bondowoso, bagi yang berolahraga jalan santai berkeliling alun-alun Bondowoso. Kendaraan pribadi dialarang memasuki wislayah alun-aluan dan angkutan umum melewati jalur seperti biasanya, hanya sepeda angin yang boleh beroperasi seperti biasa di CFD Bondowoso. Pernyataannya yang luar biasa adalah bahwa beberapa dari banyak kegiatan dilakukan seperti sepeda yang menyenangkan dari beberapa komunitas, pejalan kaki, komunitas skateboard, dan dari media yang memeriahkan.

Salah satu foto ini adalah bukti bahwa CFD di Bondowoso di dukung semua kalangan dan membawa dampak positif.


Terima Kasih telah mengunjungi website kami, jangan lupa share artikel Ada Hiburan Atraksi di Car Free Day (CFD) Bondowoso.

Artikel Terkait