Harga Pelet ikan di Bondowoso

bondowoso - pelet ikan dengan harga murah sesuai dengan kandungannya. Pelet ikan bisa di pakai bermacam-macam ikan seperti lele, nila, mujair, gurame, klemar, berkong, tawes, dan lainnya di Bondowoso. Gunakan ramuan alami dicampur pelet untuk mempercepat pertumbuhan ikan dan menghemat pengeluaran.

Harga pelet ikan Hi Provite 781 sekitar Rp 260.000 hingga Rp 300.000 per / sak / 30 kg. dan harga pelet ikan PF500 per 10kg berkisar Rp 170.000 hingga Rp 190.000. Harga bisa berubah-ubah tanpa pemberitahuan. Harga pelet di Bondowoso itu harga pada saat artikel ini di muat. 

Sebelum anda membeli pelet ikan sebaiknya anda menyesuaikan dengan umur ternak sekaligus pelet khusus ternak anda, jangan sampai salah beli pelet yang beresiko ternak anda telat pertumbuhan.

Kesalahan membeli pelet berdampak pertumbuhan telat dan stres. Untuk pemberian pakan pelet harus sesuai ukuran mulut ikan, untuk ukuran bibit ikan menggunkan pelet yang kecil/halus, bila tidak ada pelet yang kecil anda bisa menghancurkannya menggunakan air sebelum di kasihkan ke ikan.

Masih ingat kah anda, tahun kemaren di eropa di gemparkan Ribuan sapi mengamuk? Sapi mengamuk itu akibat dari kesalahan petani itu sendiri. Sapi di eropa di berikan makan pelet babi, memang benar sapi akan gemuk akan tetapi sapi semakin stres lalu mengamuk.



Berikan ternak anda makanan pelet yang sesuai dengan aturan pakai dari pabrik, jangan pernah melanggar aturan pabrik.

toko yang menjual perlengkapan perikanan dan pelet untuk daerah Bondowoso cukup di bilang masih jarang. adapun harga-harga pelet atau foor terbaru di daerah Bondowoso, harga dibawah ini hanya estimasi harga per sak / 30 kg  ( - 1 , - 2, -3, - 4) di Bondowoso karena harga berubah-ubah.
1. Pelet T 78 harga Rp 240.000 - Rp 260.000
2. Pelet T 79 harga Rp 210.000 - Rp 230.000
3. Hi provit 781 harga Rp 260.00 Rp 310.00

Cara pemberian makan ikan menggunkan pelet harus sesuai dengan kebutuhan ikan, jika sembarangan memberi makan pakan pelet ke ikan mengakibatkan air cepat kotor dan pastinya menimbulkan penyakit yang berujung ikan sakit.

Anda harus tahu kandungan setiap merk pelet dan type pelet, ada beberapa ikan yang sangat rewel misal :

1. Lele
Apabila lele di kasih makan pelet yang memiliki kandungan protein rendah seperti T79 maka pertumbuhan lele sangat lambat karena lele memiliki daya tahan tubuh yang kuat, cepat lapar dan tingkat kanibal yang tinggi, tingkat kanibal yang tinggi itulah sangat membutuhkan protein yang tinggi. Jadi, pelet yang cocok untuk lele yaitu hiprovit 781 yang memiliki kandungan protein 28% - 33% dan t79 memiliki kandungan protein 20% - 23%.

2. Gurame (Gurami, Gurameh)
Daging gurame memang sangat lezat harga jual pun sangat mahal sekitar Rp 25.000 - 45.000. Nilai  jual yang tinggi pantas untuk gurame karena budidaya gurame sangat susah. Pakan gurame tidak hanya pelet, tapi Gurame butuh daun-daunan seperti daun talas dan daun pepaya setiap harinya.

Petani ikan gurame tidak sembarangan memberi pakan pelet kepada ikan ini, pelet hiprovit 781 memang benar memiliki kandungan yang cukup tinggi membuat pertumbuhan ikan cepat besar, namun di balik itu ada yang di korbankan. Ikan gurame yang di beri pakan pelet hiprovit 781 akan lebih cepat terkena penyakit seperti sisik memerah lalu mengelupas, mata terkena jamur lalu lepas, beberapa bagian tubuh terserang jamur.

Bagaimana solusi ikan terserang penyakit?
Solusinya adalah kuras air kolam, hentikan pemberian pelet 2 hingga 3 hari, lalu beli pelet yang memiliki kadar kandungan protein rendah seperti pelet T79. 

Terima kasih telah mengunjungi website oreng bendebesah (orang Bondowoso), jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bondowoso.

Artikel Terkait